Kemkominfo Komitmen Perkuat Infrastruktur TIK di Labuan Bajo

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 10:38 WIB
Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Kabupaten Manggarai Barat, Paulus Setahu. (victorynews.id/SATRIA)
Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Kabupaten Manggarai Barat, Paulus Setahu. (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT-Pemerintah Pusat melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menegaskan komitmennya untuk memperkuat infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Labuan Bajo.

Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Kabupaten Manggarai Barat, Paulus Setahu, Kamis (4/8/2022) mengatakan, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo terus mempercepat pemerataan pembangunan infrastruktur untuk mendukung transformasi digital.Kementerian Kominfo akan fokus membangun infrastruktur teknologi informasi di Labuan Bajo sebagai daerah destinasi Super Prioritas atau daerah tujuan wisata internasional.

Ia mengatakan, Kemkominfo melaksanakan gerakan Indonesia Merdeka Sinyal. Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, mendapat bantuan perangkat internet gratis sebanyak 100 lokasi yang tersebar di seluruh wilayah Manggarai Barat. 100 lokasi tersebut terdiri dari sekolah, kantor desa, rumah ibadah dan puskesmas.

“Bahkan dengan kejadian darurat Covid-19 justru transformasi itu mendapat angin baru, angin segar yaitu akselerasi, percepatannya. Dalam rangka akselerasi transformasi digital ini maka tentu yang pertama yang harus kita selesaikan adalah tersedia dan tergelar dengan baik infrastruktur tik secara merata di wilayah Manggarai Barat,” ujar Paulus.

Baca Juga: Nasib TKBM di Labuan Bajo Tidak Terurus

Paulus menambahkan, bantuan Internet gratis merupakan program nasional yang di inisiasi oleh Kemenkominfo sebagai gerakan Indonesia merdeka sinyal dan untuk mendukung Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super prioritas.Labuan Bajo sebagai daerah tujuan wisata internasional harus tidak mengalami masalah teknologi informasi dan komunikasi.

Ia mengaku, Kemenkominfo menargetkan seluruh Desa di Kabupaten Manggarai Barat akan terpasang jaringan internet gratis tahun 2023 mendatang. Dengan keberadaan jaringan internet di seluruh desa akan membantu mempromosikan potensi sektor pariwisata dan pertanian yang dimiliki masing-masing desa di wilayah Manggarai Barat.

Kepada masyarakat Manggarai Barat, khususnya yang berada di DPSP Desa Komodo, Kabupaten Manggaraai Barat, Paulus mendorong agar memanfaatkan infrastruktur informasi dan komunikas yang disediakan dengan baik,

“Pesan saya kepada Bapak Kades Komodo dan masyarakat khususnya para siswa untuk menjaga dengan baik infrastruktur yang dibangun, ini masa depan dan memanfaatkannya dengan baik,” pesan Paulus.

Ia mengapresiasi, upaya masyarakat yang sudah menggunakan akses internet di kantor Desa Komodo dan puskesmas.Akses internet tidak saja untuk pelayanan pemerintahan desa tapi juga aktifitas masyarakat.

Baca Juga: Perumda Air Minum Wae Mbeliling Siapkan 50 Ribu Liter Air Bersih

“Akses internet WIFI maupun BTS disediakan tidak saja untuk pelayanan pemerintahan tapi juga aktifitas masyarakat, baik aktifitas ekonomi, pendidikan, kesehatan dan aktifitas lainnya sehingga ini harus kita manfaatkan untuk kebaikan dan kesejahteraan bersama kita semuanya," paparnya.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Teknologi Kemudi Otomotis Akan Diproduksi Tahun 2023

Minggu, 30 Januari 2022 | 19:10 WIB

Jaringan 5G Layani Lokasi Acara G20

Sabtu, 29 Januari 2022 | 15:11 WIB

Wilayah Pantura Akan Beralih Ke TV Digital

Jumat, 28 Januari 2022 | 20:43 WIB
X