Wisata Alam Di Wae Lolos Mulai Ditata

- Rabu, 30 November 2022 | 16:25 WIB
Wisatawan lokal saat berwisata di salah satu spot wisata di Desa Wae Lolos Kecamatan Sano Nggoang Kabupaten Manggarai Barat. (victorynews.id/SATRIA)
Wisatawan lokal saat berwisata di salah satu spot wisata di Desa Wae Lolos Kecamatan Sano Nggoang Kabupaten Manggarai Barat. (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Pemerintah Desa Wae Lolos, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat mulai menata wisata alam yang ada di wilayah itu untuk menyambut new normal awal Tahun 2023  mendatang. Desa Wisata Wae Lolos yang memiliki banyak objek wisata ditata dengan baik untuk mendongkrak perekonomian masyarakat di wilayah itu.

Kepala Desa Wae Lolos, Gervinus Toni Rabu (30/11/2022) menjelaskan,  Pemerintah Desa Wae Lolos selama pandemi Covid-19 sejak Tahun 2020 konsentrasi penataan destinasi wisata. Hal itu dilakukan agar pada Tahun 2023, destinasi wisata yang berada di Desa Wae Lolos sudah sangat layak untuk dikunjungi wisatawan.

Ditetapkan Wae Lolos sebagai desa wisata memicunya untuk berinovasi dan megembangkan potensi wisata di desanya.

Baca Juga: Realisasikan Ketahanan Pangan, Pemdes Siru Bagikan Ribuan Stek Vanili

Ia menjelaskan, Desa Wae Lolos merupakan desa wisata yang dikenal dengan sebutan Desa Seribu Air Terjun. Desa ini juga memiliki kolam air panas yang memiliki beberapa manfaat, salah satunya untuk kesehatan.

Keunggulan dan keunikan obyek wisata yang ada di Desa Wae Lolos harus disebarluaskan ke seluruh masyarakat sehingga Labuan Bajo tidak hanya tentang wisata di tengah kota.

Ia meyakini, keberadaan obyek wisata di Desa Wae Lolos dipastikan mendongkrak perekonomian masyarakat. Selain memanfaatkan tiket masuk juga pemberdayaan masyarakat dari sektor parkir dan warung warung makanan khas manggarai.

Masyarakat Wae Lolos juga nantinya akan memproduksi kerajinan tangan,seperti Topi tradisional manggarai Barat, yakni Topi Re'a dan kain tenun dan selendang.

Baca Juga: Ruas Jalan Labuan Bajo-Ruteng Rawan Longsor

Gervinus merincikan, tempat pemandian air panas alami di Desa Wae Lolos, semakin hari kian banyak dikunjungi wisatawan baik domestik maupun internasional. Spot pemandian tersebut diberi nama oleh masyarakat setempat berdasarkan sejarah adat dahulu.Desa Wae Lolos semakin tertata indah menuju desa wisata terbaik.

Halaman:

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Obyek Wisata Istana Ular Masih Sepi Pengunjung

Minggu, 22 Januari 2023 | 18:24 WIB

Desa Wisata Harus Bangkit

Sabtu, 21 Januari 2023 | 12:14 WIB

Pengembangan Desa Wisata Perlu Sinergi Dengan UMKM

Sabtu, 21 Januari 2023 | 12:07 WIB

Desa Wisata Wae Lolos Tawarkan Obyek Air Terjun

Sabtu, 21 Januari 2023 | 12:06 WIB

Masyarakat Manggarai Barat Diminta Bangun Desa Wisata

Jumat, 16 Desember 2022 | 14:30 WIB

Bupati Manggarai Barat Dorong Digitalisasi Desa Wisata

Jumat, 16 Desember 2022 | 12:43 WIB
X