Saatnya Desa Wisata Bangkit Kembali

- Senin, 28 November 2022 | 16:19 WIB
Atraksi tarian rangkuk alu di Desa Wisata Liang Ndara Kecamatan Mbeliling Kabupaten Manggarai Barat. (victorynews.id/SATRIA)
Atraksi tarian rangkuk alu di Desa Wisata Liang Ndara Kecamatan Mbeliling Kabupaten Manggarai Barat. (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Setiap desa di wilayah Manggarai Barat memiliki keunggulan dan keindahan tersendiri. Tentu tidak hanya Desa Wisata yang cukup terkenal, seperti Desa Wisata Batu Cermin.

Keunikan desa wisata salah satunya keindahan alam, mulai dari pantai, perbukitan atau pengunungan dengan kawah, hutan bakau dan hutan tropis.

Dari segi adat istiadat dan budaya, kekayaan  budaya manggarai juga luar biasa banyaknya dan semuanya memiliki keistimewaan tersendiri. Kekayaan budaya dan adat istiadat serta keindahan alam ini tersebar di berbagai desa wisata.

Ketua DPRD Manggarai Barat, Marthen Mitar, Senin (28/11/2022) meyakini, sektor pariwisata inilah yang akan mendukung perekonomian suatu daerah. Untuk menumbuhkan sekaligus mengembangkan sektor pariwisata di desa wisata.

Baca Juga: Tambang Galian C Ilegal Marak di Mangarai Barat

Ia mengaku, pihaknya mendukung sektor pariwisata di Kabupaten Manggarai Barat dengan cara mengunjungi desa-desa wisata ketika berlibur ke suatu destinasi. Dengan mengunjungi desa wisata, wawasan akan budaya manggarai akan semakin bertambah.

Bertemu dengan masyarakat desa dari berbagai kecamatan akan membuat semua pihak menyadari keberagaman yang kaya di Kabupaten Manggarai Barat.

Ia mengatakan, pengelola resor wisata dan masyarakat perlu memahami tahapan perkembangan desa wisata agar lebih maju sehingga dapat memperluas jaringan di kota-kota lainnya di NTT.

Baca Juga: Pastikan Ketersediaan SDM Tersertifikasi, Kemenparekraf Kembali Gelar BTF di Labuan Bajo

Marthen Mitar mengingatkan, kepada pengelola desa wisata, bahwa dalam menyajikan makanan tentunya harus seperti nenek moyang dulu. Misalnya, bungkus plastik diganti dengan daun pisang.

Halaman:

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Obyek Wisata Istana Ular Masih Sepi Pengunjung

Minggu, 22 Januari 2023 | 18:24 WIB

Desa Wisata Harus Bangkit

Sabtu, 21 Januari 2023 | 12:14 WIB

Pengembangan Desa Wisata Perlu Sinergi Dengan UMKM

Sabtu, 21 Januari 2023 | 12:07 WIB

Desa Wisata Wae Lolos Tawarkan Obyek Air Terjun

Sabtu, 21 Januari 2023 | 12:06 WIB

Masyarakat Manggarai Barat Diminta Bangun Desa Wisata

Jumat, 16 Desember 2022 | 14:30 WIB

Bupati Manggarai Barat Dorong Digitalisasi Desa Wisata

Jumat, 16 Desember 2022 | 12:43 WIB
X