Pemkab Manggarai Barat Fokus Membangun Sektor Pariwisata

- Sabtu, 19 November 2022 | 17:52 WIB
Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi
Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi menuturkan, optimalisasi potensi pengembangan pariwisata harus terus dikembangkan. Aplagi Kabupaten Manggarai Barat memiliki sejumlah potensi obyek wisata yang dapat dikembangkan, seperti obyek wisata Batu Cermin yang berada di dalam kota Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, wisata istana ular, air terjun Cunca Wulang dan destinasi wisata alam lainnya di sejumlah kecamatan.

“Untuk itu kita harus membangun sektor kepariwisataan kita dengan melaksanakan pembangunan destinasi pariwisata yang ada di Tana Tidung secara sistematis, terencana, terpadu dan berkelanjutan," turur Edi Endi, Sabtu (19/11/2022).

Ia mengatakan, pihaknya akan fokus mengembangkan sektor pariwisata dan perekonomian dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya untuk dua tahun ke depan. Untuk mencapai target tersebut kini pihaknya akan mendorong pembangunan infrastruktur yang akan mendorong sektor pariwisata dan perekonomian di Kabupaten Manggarai Barat.

Baca Juga: Tagana Gelar Apel Siaga Bencana

Edi Endi menjelaskan, selain pariwisata, Kabupaten Manggarai Barat juga memiliki beragam seni budaya yang unik, seperti tarian, adat istiadat, sastra, seni lukis, maupun kegiatan spiritual yang begitu menarik bagi masyarakat dunia.Semua keindahan itu, ujarnya sangat mudah untuk dinikmati, karena aksesibilitas menuju tempat-tempat wisata di Manggarai Barat sangat mudah.

“Semua lokasi tujuan wisata itu dapat dikunjungi melalui jalur darat, laut, dan udara. Tersedia pula penerbangan langsung ke Labuan Bajo. Saat ini, sedang dibahas rencana pembukaan rute penerbangan internasional," ujar Edi Endi.

Dengan semua kemudahan itu, maka tidak heran jika jumlah wisatawan yang berkunjung ke Labuan BJo terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2018, misalnya,kunjungan wisatawan ke Labuan Bako mencapai 2,5 juta orang atau naik sekitar 20 persen dari tahun sebelumnya. Untuk tahun 2022 ini, kunjungan itu diperkirakan mencapai 3 juta orang.

Baca Juga: Konflik Bowosie: Komisi II DPR-RI Gelar RDP dengan Komunitas Racang Buka Labuan Bajo

Edi Endi mengaku, penting untuk dilakukan koordinasi dan kerjasama antar lembaga, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, para pelaku wisata, pelaku usaha seperti hotel, restoran, travel dan budayawan agar pembangunan dan pengembangan obyek wisata di Manggarai Barat bisa maksimal, tidak kalah penting promosi juga harus dilakukan agar wisatawan lokal dan luar negeri tau potensi wisata kita,"jelasnya.

Ia menyampaikan, infrakstruktur jalan sangat signifikan dalam mendorong tingkat kunjungan wisata ke Manggarai Barat yang dikenal memiliki potensi wisata alam dan budaya yang tidak kalah dengan daerah lainnya di NTT.

Halaman:

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Obyek Wisata Istana Ular Masih Sepi Pengunjung

Minggu, 22 Januari 2023 | 18:24 WIB

Desa Wisata Harus Bangkit

Sabtu, 21 Januari 2023 | 12:14 WIB

Pengembangan Desa Wisata Perlu Sinergi Dengan UMKM

Sabtu, 21 Januari 2023 | 12:07 WIB

Desa Wisata Wae Lolos Tawarkan Obyek Air Terjun

Sabtu, 21 Januari 2023 | 12:06 WIB

Masyarakat Manggarai Barat Diminta Bangun Desa Wisata

Jumat, 16 Desember 2022 | 14:30 WIB

Bupati Manggarai Barat Dorong Digitalisasi Desa Wisata

Jumat, 16 Desember 2022 | 12:43 WIB
X