ASITA Garap Potensi Desa Wisata Manggarai Barat

- Selasa, 25 Oktober 2022 | 19:58 WIB
Atraksi tarian rangkuk alu di Desa Wisata Liang Ndara Kecamatan Mbeliling Kabupaten Manggarai Barat. (victorynews.id/SATRIA)
Atraksi tarian rangkuk alu di Desa Wisata Liang Ndara Kecamatan Mbeliling Kabupaten Manggarai Barat. (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Kabupaten Manggarai Barat mengaku tertarik mengarap potensi desa wisata khususnya yang ada di wilayah Manggarai Barat.

Pengurus ASITA Kabupaten Manggarai Barat, Donatus Matur, Selasa (25/10/2022) mengatakan, desa wisata yang ada di daerah Manggarai Barat memiliki daya tarik tersendiri untuk mendatangkan wisatawan. Pengembangan desa wisata harus melibatkan seluruh elemen, baik pemerintah maupun pihak swasta.

"Desa wisata kita sangat menarik, adapun yang menjadi PR kita bagaimana agar wisatawan mau masuk ke Labuan Bajo lalu, kita sama-sama arahkan mengunjungi desa wisata," ujarnya.

Baca Juga: Pantai Pede Labuan Bajo Kotor Oleh Sampah

Ia menjelaskan, untuk desa wisata di Manggarai Barar memang sudah berjalan. Pengembangan potensi desa wisata di Kabupaten Manggarai Barat kata dia, lebih mudah karena daerah itu sudah dikenal masyarakat dan menjadi tujuan wisata.

Dengan demikian, pihak terkait lebih mudah menawarkan ke para wisatawan untuk berkunjung ke berbagai desa wisata di wilayah Manggarai Barat.

Pelaku pariwisata di Labuan Bajo, Ignasius Suradin mengaku, desa wisata di Manggarai Barat belum tergarap secara maksimal. Masih banyak desa wisata belum tertata dengan baik. Hal itu disebabkan karena Sumber Daya Manusia (SDM) pengelolah.

Baca Juga: Pariwisata Kabupaten Manggarai Barat Mulai Bangkit

Ia menegaskan, kekuatan pariwisata saat ini berada di wilayah pedesaan, sehingga hal paling mendasar dan diperlukan dalam mewujudkan pariwisata berkualitas adalah standar pelayanan sebagai tuan rumah.

“Para pelaku pariwisata tentu berharap para wisatawan merasa betah, nyaman, berkunjung dalam durasi yang lama bahkan akan datang kembali. Untuk itu aktivitas wisata yang ditawarkan harus memberikan pengalaman terbaik dan unik sehingga menarik bagi wisatawan,” tutur Ignasius.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Obyek Wisata Istana Ular Masih Sepi Pengunjung

Minggu, 22 Januari 2023 | 18:24 WIB

Desa Wisata Harus Bangkit

Sabtu, 21 Januari 2023 | 12:14 WIB

Pengembangan Desa Wisata Perlu Sinergi Dengan UMKM

Sabtu, 21 Januari 2023 | 12:07 WIB

Desa Wisata Wae Lolos Tawarkan Obyek Air Terjun

Sabtu, 21 Januari 2023 | 12:06 WIB

Masyarakat Manggarai Barat Diminta Bangun Desa Wisata

Jumat, 16 Desember 2022 | 14:30 WIB

Bupati Manggarai Barat Dorong Digitalisasi Desa Wisata

Jumat, 16 Desember 2022 | 12:43 WIB
X