Pariwisata Kabupaten Manggarai Barat Mulai Bangkit

- Senin, 24 Oktober 2022 | 18:24 WIB
Rombongan wisatawan domestik saat berada di terminal kedatangan di Bandara Udara Komodo Labuan Bajo. (victorynews.id/SATRIA)
Rombongan wisatawan domestik saat berada di terminal kedatangan di Bandara Udara Komodo Labuan Bajo. (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi menyampaikan, para pemangku kepentingan di sektor pariwisata perlu melakukan langkah-langkah yang mempunyai dampak positif demi membangkitkan kembali geliat sektor pariwisata di Kabupaten Manggarai Barat setelah melandainya pandemi covid-19.

"Ekonomi kreatif dan pariwisata diprediksi kembali bangkit. Mungkin sekarang pergerakan pariwisata masih 50%.Ini menunjukkan ada kebangkitan pariwisata di kabupaten Manggarai Barat,tapi ke depan akan terus menggeliat dan itu harus diantisipasi oleh pelaku wisata," ungkap Edi Endi, Senin (24/10/2022).

Ia mengatakan, akibat pandemi covid-19 tahun 2021 lalu, kegiatan usaha di sektor pariwisata memang sangat terdampak. Namun selain itu ada juga masalah masalah lain yang dirasa perlu untuk mendapatkan perhatian, yaitu faktor koordinasi.

Baca Juga: Kebutuhan Sayur dan Buah untuk Hotel di Labuan Bajo Cukup Tinggi

Menurutnya harus ada kewenangan-kewenangan yang lebih jelas antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat. Apalagi di Manggarai Barat ini ada kawasan ekonomi khusus yang sedang dibangun akses infrastrukturnya.

Kepala Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat, Pius Baut
menyampaikan, dalam menghadapi kebangkitan pariwisata, pengelola wisata tetap harus mengedepankan protokol kesehatan selain CHSE.

Bahkan masker menjadi elemen penting yang harus selalu disiapkan, meski tidak selalu dipakai. Seperti di Labuan Bajo yang mayoritas objek wisatanya di ruang terbuka, relatif lebih aman.

Baca Juga: Sayuran di Pasar Tradisional Labuan Bajo Masih Didatangkan Dari Luar Daerah

Menurutnya, peningkatan pengunjung wisata ini juga sangat berdampak terhadap peningkatan perekonomian bagi pelaku usaha maupun pengelola objek wisata itu sendiri, karena hal tersebut berkorelasi.

“Sangat baik karena pariwisata saat ini tidak bisa dilepaskan dengan ekonomi kreatif dalam meningkatkan nilai tambah bagi pelaku usaha, dan pengunjung tentunya berkorelasi dengan pendapatan,” kata Pius Baut.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Obyek Wisata Istana Ular Masih Sepi Pengunjung

Minggu, 22 Januari 2023 | 18:24 WIB

Desa Wisata Harus Bangkit

Sabtu, 21 Januari 2023 | 12:14 WIB

Pengembangan Desa Wisata Perlu Sinergi Dengan UMKM

Sabtu, 21 Januari 2023 | 12:07 WIB

Desa Wisata Wae Lolos Tawarkan Obyek Air Terjun

Sabtu, 21 Januari 2023 | 12:06 WIB

Masyarakat Manggarai Barat Diminta Bangun Desa Wisata

Jumat, 16 Desember 2022 | 14:30 WIB

Bupati Manggarai Barat Dorong Digitalisasi Desa Wisata

Jumat, 16 Desember 2022 | 12:43 WIB
X