Destinasi Pariwisata Labuan Bajo Sudah Memiliki Branding

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 13:45 WIB
Sosialisasi Branding Destinasi Labuan Bajo kepada pelaku pariwisata,tokoh masyarakat, Pemkab Manggarai Barat dan Media oleh Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif di Hotel Sylvia Labuan Bajo (victorynews.id/SATRIA)
Sosialisasi Branding Destinasi Labuan Bajo kepada pelaku pariwisata,tokoh masyarakat, Pemkab Manggarai Barat dan Media oleh Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif di Hotel Sylvia Labuan Bajo (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT-Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat sebagai pintu gerbang pariwisata Propinsi Nusa Tenggara Timur kini memiliki branding destinasi sendiri.

Branding  destinasi Labuan Bajo itu bernama “Enchanting Labuan Bajo” serta berlogo binatang Komodo dengan  corak warna ungu, biru, hijau dan orange. Tampak gambar ikan Manta.

Kemenpar berencana melaunching branding destinasi Labuan Bajo pada awal tahun 2023 mendatang di Jakarta.beriringan dengan lauching sejumlah branding wisata lainnya di seluruh Indonesia.

Staf Kemenpar, Okto Hadi saat sosialisasi branding itu kepada pelaku pariwisata, tokoh masyarakat dan media di Labuan Bajo, Selasa (4/10/2022) mengatakan, pihaknya sudah bertemu seluruh tokoh adat dan pelaku pariwisata di NTT, mereka mengakui bahwa binatang Komodo yang membuat NTT sangat terkenal secara nasional. Sehingga, pihaknya memasukan gambar Komodo dalam logo branding itu.

Baca Juga: Warga Pantar Resah Tambang di Sungai

“Gambar Komodo dan arti warna dalam branding itu telah mewakili seluruh yang ada di Nusa Tenggara Timur. Kita harus bangga, pariwisata kita telah memiliki branding  sendiri,’’ jelas Hadi.

Ia mengatakan, tujuan sosialisasinya branding itu kepada masyarakat Mabar agar masyarakat Labuan Bajo paham dan mengerti tentang bentuk branding destinasi Labuan Bajo.

Konsultan Kemenpar dalam Penyusunan Stategi Branding Destinasi Labuan Bajo, Freddy H.Tulung mengatakan, branding sangat dibutuhkan bagi sebuah kota pariwisata. Branding itu sendiri sebagai identitas pariwisata di NTT lebih khususnya Labuan Bajo.

Menurutnya, secara nasional Indonesia memiliki branding “Wonderful Indonesia,”.Sedangkan  Labuan Bajo  branding Enchanting Labuan Bajo. Dalam promosi secara internasional Dua branding itu selalu bersamaan dipromosikan di luar negeri.

Baca Juga: Polisi Tangkap 8 Terduga Pelaku Penganiayaan di Water Front Labuan Bajo

Branding itu sendiri terdiri dari tiga komponen yakni repotase, persepsi dan aset. Dengan memiliki branding maka wisatawan atau orang luar bisa mempunyai gambaran tentang daerah Labuan Bajo. Tinggal masyarakat Manggarai Barat bagaimana cara menyambut wisatawan itu.

Bali sangat terkenal secara internasional. Orang luar negeri lebih kenal Bali ketimbang nama Indonesia. Labuan Bajo tidak boleh kalah dengan Bali,” ujar Fredy Tulung.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Wisata Alam Di Wae Lolos Mulai Ditata

Rabu, 30 November 2022 | 16:25 WIB

Saatnya Desa Wisata Bangkit Kembali

Senin, 28 November 2022 | 16:19 WIB

Industri Pariwisata Di Manggarai Barat Mulai Bangkit

Minggu, 20 November 2022 | 14:30 WIB

Pelaku Pariwisata Keluhkan PJU di Labuan Bajo

Selasa, 15 November 2022 | 17:55 WIB

Pesona Air Terjun Cunca Wulang Eksotis

Senin, 14 November 2022 | 21:31 WIB

Pesona Pink Beach di Taman Nasional Komodo

Senin, 14 November 2022 | 21:06 WIB

Pembangunan Desa Harus Berdasarkan Budaya

Sabtu, 12 November 2022 | 06:38 WIB

ASITA Garap Potensi Desa Wisata Manggarai Barat

Selasa, 25 Oktober 2022 | 19:58 WIB

Pariwisata Kabupaten Manggarai Barat Mulai Bangkit

Senin, 24 Oktober 2022 | 18:24 WIB
X