Sektor Pariwisata Jadi Andalan Kecamatan Kuwus

- Kamis, 22 September 2022 | 11:37 WIB
Pengunjung Spot wisata Porong Tedeng di Desa Coal, Kecamatan Kuwus saat menikmati pemandangan alam di wilayah itu. (victorynews.id/SATRIA)
Pengunjung Spot wisata Porong Tedeng di Desa Coal, Kecamatan Kuwus saat menikmati pemandangan alam di wilayah itu. (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Sejumlah obyek wisata yang berada di Kecamatan Macang Pacar,Kabupaten Manggarai Barat akan menjadi andalan masyarakat di wilayah itu untuk peningkatan ekonomi. Sektor pariwisata di wilayah itu, dipastikan akan menjadi andalan untuk peningkatan pendapatan ekonomi pada masa mendatang.

Camat Macang Kuwus, Gabriel Bagung, Kamis (22/9/2022) mengaku, optimis sektor pariwisata akan menjadi sektor andalan masyarakat Kuwus di masa depan, di samping sektor pertanian dan perkebunan.Hal itu didukung oleh sejumlah obyek wisata di Kecamatan Kuwus, seperti obyek wisata alam Watu Penggang di Desa Compang Suka dan desa Wisata Coal.

Desa Coal juga menjadi satu-satunya desa wisata di wilayah timur yang mewakili destinasi Premium Labuan Bajo sebagai penerima Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 lalu.

Ia menjelaskan, sambil duduk santai memandang keindahan alam dan hangatnya sinar matahari pagi,wisatawan yang mengunjungi Desa Wisata Coal juga bisa menikmati suguhan kopi asli Manggarai khas Bukit Porong yang diberi nama Ntala Kopi.

Baca Juga: Pendaftaran Panwascam di Manggarai Barat Resmi Dibuka, Diharap Ada Keterwakilan Perempuan

Ntala berarati bintang bercahaya dan Ntala kopi dianggap mampu menerangi kehidupan di masa depan sebagai warisan budaya.

Gabriel Bagung mengatakan, kekayaan objek wisata di Kecamatan Kuwus menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara dan wisatawan domestik, serta menjadi andalan sektor pariwisata bagi masa depan  masyarakat di wilayah itu.

Untuk itu, yang perlu dilakukan adalah penataan objek-objek wisata, pembangunan dan peningkatan infrastruktur jalan menuju lokasi wisata, serta peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat setempat.

Ia mengaku, yang menjadi persoalan sekarang adalah bagaimana mengintegrasikan sektor pariwisata dengan sektor pertanian dan perkebunan agar dapat bersinergi dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat.

"Saya optimis, sektor pariwisata kelak akan menjadi andalan masyarakat Kuwus di samping sektor pertanian dan perkebunan,” tutur Gabriel Bagung.

Baca Juga: Bank NTT Gelar Kompetisi Ramai Skali 2022 di Labuan Bajo

Gabriel Bagung menambahkan, begitu banyak potensi yang di miliki oleh desa yang bisa di kelola dan dikembangkan  bersama oleh pemerintah desa di Kecamatan Kuwus  dan masyarakat itu sendiri .Tinggal bagaimana Pemerintah Desa  membuat sebuah perencanaan yang strategis dalam menentukan sektor pariwisata  apa yang akan di fokuskan untuk di jalankan.

Salah sektor potensi yang dapat di kembangkan adalah pariwisata, karena hampir setiap desa di Kecamatan Kuwus memilki potensi pariwisata yang dapat di kelola  baik dari kebudayaan hingga wisata alam yang bisa dijadikan sebuah konsep bisnis yang bisa dijalankan oleh masyarakat desa,"jelasnya.

Bupati Manggarai Barat, Edistsius Endi mengatakan, sektor pariwisata kini menjadi salah satu sektor andalan untuk menggerakkan perekonomian masyarakat. Hampir diseluruh kecamatan di Manggarai Barat memiliki banyak obyek wisata yang menarik wisatawan. Namun,sayangnya belum dioptimalkan dengan baik.

Baca Juga: Tingkatkan Budaya Menabung di Kalangan Pelajar Lewat Program Ramai Skali Bank NTT

Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat kata dia, kedepannya akan fokus membenah infrastruktur jalan dan jembatan menuju obyek wisata yang ada di Kabupaten Manggarai Barat.Hal itu bertujuan agar akses wisatawan menuju obyek wisata yang ada di desa tidak terkendala.

Apalagi rata-rata obyek wisata yang cukup terkenal di Manggarai Barat berada di daerah pedalaman.

Ia mendorong, pemerintah desa di Kecamatan Kuwus untuk menata obyek wisata yang ada di desanya.Hal itu bertujuan agar masyarakat yang berada di desa dapat mengambil keuntungan melalui bisnis jasa pariwisata dengan destinasi wisata yang dmiliki oleh desa itu sendiri.

" Salah satu desa yang perekonomiannya menggeliat karena didorong sektor pariwisata adalah Desa Liang Ndara di Kecamatan mbeliling dan Desa Batu Cermin,Kecamatan Komodo.Dua desa itu melalui BumDes terus geliat mempromosikan destinasi wisata,"kata Edi Endi.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Kapal Wisata Diminta Harus Berasuransi

Minggu, 2 Oktober 2022 | 09:55 WIB

Masyarakat di Desa Wisata Harus Ditata

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 15:04 WIB

Desa Wisata Butuh Sentuhan Teknologi Informasi

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 13:45 WIB

Butuh Anggaran Besar Tata Pariwisata Manggarai Barat

Jumat, 30 September 2022 | 16:19 WIB

Liang Ndara Jadi Model Desa Wisata

Rabu, 28 September 2022 | 13:10 WIB

Desa Wisata Liang Ndara Maksimal Garap Potensi Wisata

Selasa, 27 September 2022 | 16:45 WIB

Sektor Pariwisata Jadi Andalan Kecamatan Kuwus

Kamis, 22 September 2022 | 11:37 WIB

Ruas Jalan Menuju Obyek Wisata Buruk

Jumat, 16 September 2022 | 11:47 WIB

Keberadaan Perjalanan Wisata Ilegal Rusak Pasar Wisata

Jumat, 16 September 2022 | 09:35 WIB

Batu Strowbery, Destinasi Wisata Favorit

Kamis, 15 September 2022 | 20:48 WIB

Wisman Mulai Ramai Kunjungi Labuan Bajo

Rabu, 14 September 2022 | 15:17 WIB
X