Ruas Jalan Menuju Obyek Wisata Buruk

- Jumat, 16 September 2022 | 11:47 WIB
Ruas jalan menuju destinasi wisata Istana Ular di Desa Galang Kecamatan Welak Kabipaten Manggarai Barat-NTT (victorynews.id/SATRIA)
Ruas jalan menuju destinasi wisata Istana Ular di Desa Galang Kecamatan Welak Kabipaten Manggarai Barat-NTT (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT-Infrastruktur Jalan menuju sejumlah obyek wisata di Kabupaten  Manggarai Barat sangat buruk. Padahal setiap hari belasan bahkan puluhan wisatawan domestik dan mancanegara mengunjungi obyek wisata yang berada di wilayah Manggarai Barat.

Seperti kondisi infrastruktur jalan menuju obyek wisata Gua Istana Ular di Desa Galang,Kecamatan Welak,Obyek wisata Air Terjun Cunca Rami di Desa Golo Ndaring dan obyek wisata Danau Sano Nggoang di Kecamatan Sano Nggoang sangat memprihatinkan.

Jalan rusak mulai dari Persimpangan trans flores, Desa Golo Ronggot hingga lokasi Istana Ular. Panjang jalan diperkirakan sepanjang 5 Kilo Meter.Jalan tampak berlubang dengan ukuran berbeda. Jalan tersebut merupakan akses satu-satunya bagi wisatawan jika hendak menuju Istana Ular.

Baca Juga: Kantor Camat Kuwus Barat Belum Dibangun

Jalur tersebut juga merupakan jalur alternatif bagi kendaraan angkutan umum dari Kecamatan Macang Pacar,Pacar,Kuwus,Kuwus Barat dan Kecamatan Ndoso jika hendak ke Labuan Bajo.

Pelaku Pariwisata,Mateus Siagian, Jumat (16/9/2022) mengatakan, Manggarai Barat memiliki banyak destinasi pariwisata yang sangat indah. Sayangnya, menjadi kendala utama adalah akses  jalan menuju obyek wisata tersebut sangat buruk.

Sehingga minat wisatawan untuk mengunjungi kermbali obyek wsiata tersebut sangat berkurang. Padahal obyek wisata yang ada cukuo terkenal dan disenangi oleh wisatawan.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Manggarai Barat harus serius mengurus jalan menuju obyek wisata. Pasalnya pengembangan pariwisata harus diikuti oleh infrastruktur jalan serta masyarakat diarea obyekj wsiata harus benar-benar menangkap peluang usaha sektor pariwisata dengan membuka home stay di area obyek wisata yang ada.

Baca Juga: Perumda Air Minum Wae Mbeliling Pastikan Kebutuhan Air Aman

Sangat disayangkanya jika kondisi jalan menuju obyek wisata dibiarkan rusak dan tidak diperhatikan secara seius.

Kepala Desa Galang, Kecamatan Welak,Ari Samsung, Jumat (16/9/2022) mengatakan, obyek wisata Istana Ular cukup ramai dikunjungi wisatawan mancanegara dan domestik saat musim libur. Namun yang menjadi kendala adalah jalan masuk menuju Desa Galang dipenuhi jalan yang kondisinya sangat buruk. Sehingga Pemkab Manggarai Barat harus serius memperhatikan infrastruktur jalan menuju Obyek wisata Istana Ular.

Pengembangan dunia wisata kata Ari Samsung, perlu didahului dengan pembenahan infrastruktur jalan menuju objek wisata.Infrastruktur yang rusak justru akan memunculkan citra negatif dari pengunjung. Wisatawan akan semakin ramai berkunjung di Istana Ular,jika kondisi jalan menuju obyek wisata berkualitas,maka dipastikan wisatawan akan beramai menuju obyek wisata itu.

Baca Juga: Pembangunan Jalan Dan Jembatan Jadi Prioritas

Anggota DPRD Kabupaten Manggarai Barat, Pius Daru mengatakan, dalam pengembangan sektor pariwisata standar minimal infrastruktur perlu dibangun terlebih dahulu sebelum mengembangkan objek wisata.Infrastruktur jalan menuju obyek wisata harus benar-benar infrastruktur jalan yang berkualitas.

”Kalau jalan menuju obyek wisata jelek, wisatawan nanti akan balik ke Labuan Bajo dan memunculkan citra negatif, apalagi kalau sampai viral di media sosial,” katanya.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Kapal Wisata Diminta Harus Berasuransi

Minggu, 2 Oktober 2022 | 09:55 WIB

Masyarakat di Desa Wisata Harus Ditata

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 15:04 WIB

Desa Wisata Butuh Sentuhan Teknologi Informasi

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 13:45 WIB

Butuh Anggaran Besar Tata Pariwisata Manggarai Barat

Jumat, 30 September 2022 | 16:19 WIB

Liang Ndara Jadi Model Desa Wisata

Rabu, 28 September 2022 | 13:10 WIB

Desa Wisata Liang Ndara Maksimal Garap Potensi Wisata

Selasa, 27 September 2022 | 16:45 WIB

Sektor Pariwisata Jadi Andalan Kecamatan Kuwus

Kamis, 22 September 2022 | 11:37 WIB

Ruas Jalan Menuju Obyek Wisata Buruk

Jumat, 16 September 2022 | 11:47 WIB

Keberadaan Perjalanan Wisata Ilegal Rusak Pasar Wisata

Jumat, 16 September 2022 | 09:35 WIB

Batu Strowbery, Destinasi Wisata Favorit

Kamis, 15 September 2022 | 20:48 WIB

Wisman Mulai Ramai Kunjungi Labuan Bajo

Rabu, 14 September 2022 | 15:17 WIB
X