Forum Peduli Pariwisata Dorong Pemkab Manggarai Barat Tertibkan Pemandu Wisata Ilegal

- Jumat, 16 September 2022 | 08:50 WIB
Wisatawan domestik saat mengunjungi Gua Liang Panas di Desa Tondong Belang Kecamatan Mbeliling Kabupaten Manggarai Barat (victorynews.id/SATRIA)
Wisatawan domestik saat mengunjungi Gua Liang Panas di Desa Tondong Belang Kecamatan Mbeliling Kabupaten Manggarai Barat (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT-Forum Peduli Pariwisata dan Budaya Flores dan Lembata di Labuan Bajo,Kabupaten Manggarai Barat  mendorong Pemerintah Kabupaten (PemkabManggarai Barat dengan para pelaku pariwisata, asosiasi pariwisata dan komponen masyarakat untuk bersama-sama melakukan penertiban kepada seluruh komponen pelayanan jasa pariwisata. Itu seperti melakukan penertiban pemandu wisata atau Guide yang tidak mempunyai legalitas serta melakukan penertiban terhadap jasa transportaai tour agen yang ilegal.

Pelaku Pariwisata di Labuan Bajo, Rafael Todowela, Jumat (16/9/2022) mengatakan, sektor pariwisata saat ini berkembang pesat. Semakin banyak wisatawan yang datang berkunjung menikmati keindahan obyek-obyek wisata yang ada di wilayah Manggarai Barat.

Selain obyek wisata yang indah, sektor pariwisata  Manggarai Barat juga terkenal karena penduduknya ramah sehingga wisatawan merasa nyaman menghabiskan waktunya di Labuan Bajo.

Baca Juga: Batu Strowbery, Destinasi Wisata Favorit

Ia meminta, Pemkab Manggarai Barar dan Kepolisian agar segera membentuk Polisi Pariwisata di Kabupaten Manggarai Barat. Polisi Pariwisata nantinya bertugas untuk menjaga keamanan dan ketertibanya di kawasan obyek wisata.

Serta meminta Pemkab Manggarai Barat untuk membentuk Satuan Tugas (Satgas) khusus yang melibatkan seluruh pelaku pariwisata dan komponen masyarakat untuk menjaga agar pariwisata di Mabar terjamin kenyamanannya.

"Kami meminta aparat penegak hukum untuk segera menyelesaikan secara hukum aktifitas pemandu wisata ilegal di Labuan Bajo,"tegas Rafael Todowela.

Rafael Todowela meminta Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) menertibkan para pemandu wisata ilegal untuk mencegah adanya penyampaian informasi yang salah kepada wisatawan.

Baca Juga: Pohon Tumbang di Ruas Jalan Labuan Bajo-Ruteng

"Kami minta agar pemandu wisata ditertibkan. Jangan asal bisa bahasa ingris, tapi tidak menguasai masalah, terutama terkait dengan penyampaian informasi obyek wisata di Kabupaten Manggarai Barat," tegasnya.

Pelaku pariwisata di Labuan Bajo, Ignasius Suradin mendorong Pemkab Manggarai Barat memberikan pelatihan dalam rangka peningkatan pemahaman para pemandu wisata tentang obyek wisata yang berada di wilayah Manggarai Barat.

Selain memberikan pelatihan, pemandu wisata juga harua memiliki buku mengenai obyek wisata dan berbagai jenis kebudayaan masyarakat Kabupaten Manggarai Barat yang bisa disampaikan oleh para pemandu wisata ke para wisatawan.

Baca Juga: Istri Bupati Manggarai, Meldiyanti Hagur Diperiksa Enam Jam

Di kabupaten Manggarai Barat juga memiliki desa wisata yang menarik untuk dikunjungi, seperti Desa Wisata Liang Ndara. Wisatawan yang ingin menyaksikan atraksi tarian budaya manggarai, seperti tarian Caci dan Rangkuk Alu dapat disaksikan di Desa Wisata Liang Ndara.

"Selain kawasan Taman Nasional Komodo (TNK), Kabupaten Manggarai Barat juga memiliki obyek wisata yang sangat terkenal di luar kawasan TNK,"ujar Ignasius.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Kapal Wisata Diminta Harus Berasuransi

Minggu, 2 Oktober 2022 | 09:55 WIB

Masyarakat di Desa Wisata Harus Ditata

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 15:04 WIB

Desa Wisata Butuh Sentuhan Teknologi Informasi

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 13:45 WIB

Butuh Anggaran Besar Tata Pariwisata Manggarai Barat

Jumat, 30 September 2022 | 16:19 WIB

Liang Ndara Jadi Model Desa Wisata

Rabu, 28 September 2022 | 13:10 WIB

Desa Wisata Liang Ndara Maksimal Garap Potensi Wisata

Selasa, 27 September 2022 | 16:45 WIB

Sektor Pariwisata Jadi Andalan Kecamatan Kuwus

Kamis, 22 September 2022 | 11:37 WIB

Ruas Jalan Menuju Obyek Wisata Buruk

Jumat, 16 September 2022 | 11:47 WIB

Keberadaan Perjalanan Wisata Ilegal Rusak Pasar Wisata

Jumat, 16 September 2022 | 09:35 WIB

Batu Strowbery, Destinasi Wisata Favorit

Kamis, 15 September 2022 | 20:48 WIB

Wisman Mulai Ramai Kunjungi Labuan Bajo

Rabu, 14 September 2022 | 15:17 WIB
X