DPRD Manggarai Barat Dorong Penguatan Sektor Pariwisata

- Rabu, 14 September 2022 | 12:08 WIB
Salah satu spesies ular di Istana Ular, Kabupaten Manggarai Barat. (Gerasimos Satria)
Salah satu spesies ular di Istana Ular, Kabupaten Manggarai Barat. (Gerasimos Satria)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT-Anggota DPRD Manggarai Barat,Pius Daru, Rabu (14/9/2022) menyebutkan pentingnya penguatan sektor pariwisata. Salah satunya, pembangunan dan pengembangan sektor pariwiata agar lebih banyak bertumpu kepada swasta.

Dirinya berharap investasi di sektor pariwisata di wilayah Kabupaten Manggarai Barat lebih mendapatkan lampu hijau dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat.

Ia mengatakan, membangun sektor pariwisata di Kabupaten Manggarai Barat ini lebih efektif dilakukan pihak swasta.Pemerintah kabupaten cukup memberikan kemudahan birokrasi untuk perizinannya investasi.Sehingga Pemkab Manggarai Barat dapat menekan anggaran untuk pembangunan sektor pariwisata.

Baca Juga: Badan Jalan Terbelah Dua di Kecamatan Ndoso

Pius Daru mengaku, sejauh ini Manggarai Barat  memang masih dalam tahap berbenah sektor pariwisatanya. Baik itu Kota Labuan Bajo hingga  destinasi wisata lainnya seperti air terjun Cunca Wulang,Istana Ular dan Batu Cermin.

Kemajuan di sektor wisata di Manggarai Barat  memang signifikan. Selain itu juga masyarakat pun mulai  aktif untuk berwisata. Salah satunya terlihat dari tingkat kunjungan ke objek wisata sejumlah destinasi wisata.

"Sektor wisata Manggarai Bara menjanjikan untuk dikembangkan, bahkan investor yang mau datang ke Labuan Bajo pasti bangun penginapan atau hotel kita dukung. Itu memang harus ada, supaya tidak sia-sia pembangunan proyek miliaran rupiah di saat ini”tutur Pius Daru.

Baca Juga: Kapolres Mabar Ajak Masyarakat Dukung Berantas Pungli

Pius Daru menyampaika, guna menopang keberlangsungan pembangunan  perekonomian, sektor pariwisata menjadi perhatian untuk ditingkatkan baik dari sisi kuantitas maupun kualitas. Dengan harapan tersebut, DPRD  Manggarai Barat mendorong percepatan pembangunan sektor pariwisata.

Ia mengatakan, destinasi wisata di Manggarai Barat selain dikawasan Taman Nasional Komodo (TNK) ada yang berpotensi menjadi destinasi dunia diantaranya Istana Ular . Ke depan, untuk pengembangan destinasi wisata, sarana infrastruktur seperti jalan juga harus didorong untuk diperbaiki.

Perbaikan ini, terkendala oleh masalah karena jalan menuju sarana wisata saat ini belum semuanya diperbaiki.

Baca Juga: DBD Ancaman Bagi Wisatawan di Labuan Bajo

Ketua DPRD Manggarai Barat, Marthen Mitar mendorong, para pelaku usaha pariwisata untuk memperkuat kemitraan dalam hal promosi wisata bersama dengan Pemkab Manggarai Barat  untuk meningkatkan citra pariwisata Manggarai Barat.Sangat perlu ada kemitraan yang kuat antara pemerintah daerah dan pelaku wisata di Labuan Bajo untuk mempromosikan potensi pariwisata yang dimiliki oleh Manggarai Barat.

"Kemitraan mengandung arti jalinan kerja sama hubungan timbal balik, saling menguntungkan yang terjalin berdasarkan kepedulian, kesetaraan dan kebersamaan yang sinergis antara pemerintah daerah,masyarakat, dan dunia usaha dalam pembangunan kesejahteraan sosial," kata Marthen Mitar.

Ia mengatakan, potensi kepariwisataan Kabupaten  Manggarai Barat sangat bagus dan patut diperhitungkan untuk menarik wisatawan nusantara maupun mancanegara.Tempat wisata yang didukung dengan budaya yang kaya yang mencerminkan sejarah dan keberagaman suku sehingga perlu ditunjang dengan infrastruktur yang memadai untuk menjamin kenyamanan pengunjung datang berkunjung ke destinasi wisata.

Baca Juga: Monumen Komodo Mendunia Diresmikan

Marten Mitar menyampaikan, dengan penguatan sektor pariwisata, hal ini dapat menjadi solusi untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD). Strategi tersebut membutuhkan peran pemerintah daerah untuk menggarap potensi pariwisata dan menarik investasi di Manggarai Barat.

“Dengan keunikan kondisi alam, flora dan fauna hingga keanekaragaman kebudayaan asli dari suku Manggarai Barat dapat dimanfaatkan untuk menarik minat wisatawan.Daya tarik kekayaan hayati yang dimiliki oleh Manggarai Barat pada dasarnya, dapat terus digali dan dikembangkan dengan inovasi serta kreativitas,"harap Marthen Mitar.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Wisata Alam Di Wae Lolos Mulai Ditata

Rabu, 30 November 2022 | 16:25 WIB

Saatnya Desa Wisata Bangkit Kembali

Senin, 28 November 2022 | 16:19 WIB

Industri Pariwisata Di Manggarai Barat Mulai Bangkit

Minggu, 20 November 2022 | 14:30 WIB

Pelaku Pariwisata Keluhkan PJU di Labuan Bajo

Selasa, 15 November 2022 | 17:55 WIB

Pesona Air Terjun Cunca Wulang Eksotis

Senin, 14 November 2022 | 21:31 WIB

Pesona Pink Beach di Taman Nasional Komodo

Senin, 14 November 2022 | 21:06 WIB

Pembangunan Desa Harus Berdasarkan Budaya

Sabtu, 12 November 2022 | 06:38 WIB

ASITA Garap Potensi Desa Wisata Manggarai Barat

Selasa, 25 Oktober 2022 | 19:58 WIB

Pariwisata Kabupaten Manggarai Barat Mulai Bangkit

Senin, 24 Oktober 2022 | 18:24 WIB
X