Pesona Desa Wisata Liang Ndara

- Minggu, 11 September 2022 | 11:54 WIB
Masyarakat Kampung Cecer Desa Liang Ndara saat mempertunjunkan tarian caci. (victorynews.id/SATRIA)
Masyarakat Kampung Cecer Desa Liang Ndara saat mempertunjunkan tarian caci. (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Desa Wisata Liang Ndara berada di Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat. Jaraknya, sekitar 30 Kilometer dari Labuan Bajo,ibukota Kabupaten Manggarai Barat.

Pesona alam Flores selalu menyajikan sisi keunikan dan keindahan yang dapat memperkaya pengetahuan tentang arti dan nilai kearifan lokalnya. Salah satunya, dapat mengunjungi Desa Wisata Liang Ndara.

Keunikan kearifan lokal masyarakat di Desa Wisata Liang Ndara yang menjadi daya tarik wisatawan lokal dan asing untuk mengisi liburan di Flores.

Desa Liang Ndara menjadi program pemerintah untuk desa ekowisata. Setiap hari, wisatawan mengunjungi Desa Liang Ndara untuk menyaksikan atraksi tarian caci, tarian budaya manggarai yang dipentaskan oleh sejumlah sangar budaya di desa itu.

Baca Juga: Sampah Masih Dibuang di Area Publik

Warga Desa Liang Ndara sangat terlihat profesional dalam melayani setiap tamu yang hadir, baik domestik maupun asing. Mereka mempertunjukkan budaya dan tarian suku manggarai yang sering disebut dengan tarian caci.

Anggota sanggar budaya di Desa Liang Ndara sedang memainkan alat musik tradisional (victorynews.id/SATRIA)


Desa Wisata Liang Ndara terletak berdekatan dengan hutan Mbeliling yang merupakan habitat bagi empat jenis burung endemik Flores.

Di hutan ini terdapat beberapa mata air yang menjadi sumber air bersih bagi masyarakat di Labuan Bajo. Desa Wisata Liang Ndara memiliki sejumlah daya tarik wisata yang dapat dinikmati atau dikunjungi. Seperti, Tari Caci, kerajinan tangan dan tenun. Serta pengelolaan kopi dan kemiri.

Selain itu, di Desa Liang Ndara juga memiliki obyek wisata air terjun dan burung endimik.

Kepala Desa Liang Ndara, Karolus Vitalis Ikun, Minggu (11/9/2022) menjelaskan, daya tarik utama Desa Liang Ndara adalah Caci. Bahkan, sebagian besar wisatawan mengunjungi Liang Ndara untuk menyaksikan pertunjukan Caci. Tarian tradisional ini hanya dapat ditemukan di Desa Liang Ndara.

Baca Juga: Edi Endi : Ternak Sapi Dapat Menopang Ekonomi Masyarakat

Meskipun demikian, ada sejumlah tarian lain yang dapat dinikmati wisatawan saat berkunjung ke Liang Ndara, antara lain, tektek alu atau tari bambu, sanda dan pacek mawo atau tari tanam padi.

Bagi pencinta alam, Gunung Mbeliling adalah daya tarik lain Desa Wisata Liang Ndara. Puncak gunung setinggi 1.312 meter di atas permukaan laut ini dapat dicapai dengan empat jam pendakian dari Kampung Cecer di Desa Liang Ndara.

Gunung Mbeliling (victorynews.id/SATRIA)


Wisatawan dapat berkemah di dekat puncak Mbeliling dan menikmati indahnya matahari terbenam di bentang alam Mbeliling. Para pendaki juga dapat mengamati beragam jenis tumbuhan yang dimanfaatkan oleh para penduduk desa maupun keempat jenis burung endemik Flores selama perjalanan.

Baca Juga: Korban Bencana Longsor Minta Bangun Saluran Irigasi

"Di Desa Liang Ndara terdapat tiga air terjun yang dapat diakses dengan berjalan kaki. Yakni, Liang Kantor, Wae Satar dan Wae Rewus.Hutan di desa ini menjadi habitat bagi empat jenis burung endemik Flores yaitu, gagak flores, serindit flores, celepuk flores dan kehicap flores," ujar Karolus Ikun.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Kapal Wisata Diminta Harus Berasuransi

Minggu, 2 Oktober 2022 | 09:55 WIB

Masyarakat di Desa Wisata Harus Ditata

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 15:04 WIB

Desa Wisata Butuh Sentuhan Teknologi Informasi

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 13:45 WIB

Butuh Anggaran Besar Tata Pariwisata Manggarai Barat

Jumat, 30 September 2022 | 16:19 WIB

Liang Ndara Jadi Model Desa Wisata

Rabu, 28 September 2022 | 13:10 WIB

Desa Wisata Liang Ndara Maksimal Garap Potensi Wisata

Selasa, 27 September 2022 | 16:45 WIB

Sektor Pariwisata Jadi Andalan Kecamatan Kuwus

Kamis, 22 September 2022 | 11:37 WIB

Ruas Jalan Menuju Obyek Wisata Buruk

Jumat, 16 September 2022 | 11:47 WIB

Keberadaan Perjalanan Wisata Ilegal Rusak Pasar Wisata

Jumat, 16 September 2022 | 09:35 WIB

Batu Strowbery, Destinasi Wisata Favorit

Kamis, 15 September 2022 | 20:48 WIB

Wisman Mulai Ramai Kunjungi Labuan Bajo

Rabu, 14 September 2022 | 15:17 WIB
X