Pemkab Manggarai Barat Diminta Perhatikan Jalan Menuju Destinasi Wisata

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 15:38 WIB
Obyek Wisata Air Terjun Cunca Lolos (victorynews.id/SATRIA)
Obyek Wisata Air Terjun Cunca Lolos (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat diminta untuk serius memperhatikan infrastruktur jalan menuju destinasi wisata di seluruh daerah di Pulau Flores,Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ketua Pelaksana DPC Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Manggarai Raya, Donatus Matur, Selasa (16/8/2022) mengatakan, infrastruktur jalan menuju destinasi wisata di Kabupaten Manggarai Barat sangat memprihatinkan. Sehingga menyulitkan agen biro perjalanan wisata untuk menjual destinasi wisata di daerah destinasi super premium tersebut.

Ia meminta, Pemkab Manggarai Barat untuk serius memperhatikan infrastruktur jalan menuju destinasi wisata.Hal itu bertujuan agar wisatawan dapat mengunjungi destinasi wisata yang ada di Desa.Serta keberadaan destinasi wisata yang ada di desa tentu menguntungkan masyarakat desa itu sendiri.

Hampir seluruh desa di Manggarai Barat memiliki destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Wisatawan tidak mengunjungi destinasi wisata yang ada di Desa lantaran akses jalan menuju destinasi wisata sangat buruk.Sehingga wisatawan hanya memilih mengunjungi destinasi wisata yang ada di dalam kawasan Taman Nasional Komodo (TNK).

Baca Juga: Bupati Manggarai Barat Minta BPOLBF Percepat Pengembangan Pariwisata

Don Matur mendorong, Pemerintah Pusat (Pempus) untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur jalan di jalur utara dan selatan.Jalur Utara dan selatan jika dituntaskan pembangunan infrastruktur jalan maka akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat di wilayah itu.

Ia mengaku, selain masalah infrastuktur jalan,masalah lainnya di lokasi destinasi wisata adalah jaringan internet.Masyarakat yang bermukim pada sejumlah  destinasi wisata sangat sulit mendapatkan jaringan internet dan jaringan telekomunikasi.

Bahkan masyarakat di destinasi wisata Danau Sano Nggoang hingga saat ini belum menikmati penerangan listrik PT.PLN.

Don Matur juga memberi masukan kepada Pemkab Manggarai Barat untuk memperhatikan dengan serius desa wisata.Pasalnya hingga saat ini puluhan desa wisata di Manggarai Barat belum menguntungkan masyarakat desa.

Pengelolaan destinasi wisata dan penampilan atraksi buaya di Desa Wisata hanya menguntungkan sebagian kelompok masyarakat tertentu saja.

"Saya meminta Pemkab Manggarai Barat menata dengan baik desa wisata.Desa wisata belum menguntungkan masyarakat desa dan hanya menguntungkan sekolompok orang,"tegasnya.

Baca Juga: Manggarai Barat Masih Butuh Perhatian Pemerintah Pusat

Ketua Asosiasi Kapal Wisata (Askawi),Ahyar Abadi mendorong Pemkab Manggarai Barat menyediakan dermaga untuk parkir kapal-kapal wisata di Labuan Bajo. Selama ini,pemilik kapal wisata mendapat kesulitan memarkir kapal wisata di Labuan Bajo.

Ia menilai, selama ini pemerintah belum serius mengurus dermaga untuk kapal wisata.Kadang disaat tertentu,petugas pelabuhan Pelni Labuan Bajo mengusir pihak kapal wisata untuk tidak memarkir kapal wisata di Pelabuhan Pelni Labuan Bajo.

"Kami menilai pemerintah belum serius menata dernaga untuk kapal wisata di Labuan Bajo.Kami meminta pemerintah untuk menyiapkan dermaga khusus di Labuan Bajo untuk parkir kapal wisata,"harap Ahyar.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Kapal Wisata Diminta Harus Berasuransi

Minggu, 2 Oktober 2022 | 09:55 WIB

Masyarakat di Desa Wisata Harus Ditata

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 15:04 WIB

Desa Wisata Butuh Sentuhan Teknologi Informasi

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 13:45 WIB

Butuh Anggaran Besar Tata Pariwisata Manggarai Barat

Jumat, 30 September 2022 | 16:19 WIB

Liang Ndara Jadi Model Desa Wisata

Rabu, 28 September 2022 | 13:10 WIB

Desa Wisata Liang Ndara Maksimal Garap Potensi Wisata

Selasa, 27 September 2022 | 16:45 WIB

Sektor Pariwisata Jadi Andalan Kecamatan Kuwus

Kamis, 22 September 2022 | 11:37 WIB

Ruas Jalan Menuju Obyek Wisata Buruk

Jumat, 16 September 2022 | 11:47 WIB

Keberadaan Perjalanan Wisata Ilegal Rusak Pasar Wisata

Jumat, 16 September 2022 | 09:35 WIB

Batu Strowbery, Destinasi Wisata Favorit

Kamis, 15 September 2022 | 20:48 WIB

Wisman Mulai Ramai Kunjungi Labuan Bajo

Rabu, 14 September 2022 | 15:17 WIB
X