Bupati Manggarai Barat Minta BPOLBF Percepat Pengembangan Pariwisata

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 12:31 WIB
Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi saat memberikan sambutan pada peluncuruan Sistem Wildlife Komodo Dalam Aplikasi INISA di Hotel Loccal Collection Labuan Bajo (victorynews.id/SATRIA)
Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi saat memberikan sambutan pada peluncuruan Sistem Wildlife Komodo Dalam Aplikasi INISA di Hotel Loccal Collection Labuan Bajo (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi, Selasa (17/8/2022) meminta agar Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo-Flores (BPOLBF)  melakukan percepatan dalam pengembangan sektor pariwisata di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai  Barat.

Pasalnya, Presiden RI Joko Widodo menginstruksikan agar pengembangan fasilitas pariwisata di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai  Barat harus selesai pada 2022.

Ia meminta, BPOLBF mempercepat pengembangan sektor pariwisata di Labuan Bajo seperti arahan Presiden. Sehingga, Labuan Bajo dapat segera mungkin menjadi destinasi pariwisata kelas dunia.

Presiden Joko Widodo menginginkan wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata di  Manggarai Barat dapat terkesan kemudian menyampaikan kesan baik ini kepada banyak orang.

Edi Endi mengaku Kabupaten Manggarai Barat secara aksesibilitas, atraksi dan amenitas untuk mewujudkan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata berkelas atau premium sudah sangat siap.Perhatian Pmerintah Pusat (Pempus) untuk pengembangan sektor pariwisata di Manggarai Barat sangat besar mencapai Rp 7,6 triliunan rupiah.

Baca Juga: Manggarai Barat Masih Butuh Perhatian Pemerintah Pusat

Untuk mempercepat penyelesaian pengembangan pariwisata destinasi pariwisata super prioritas, Menpar menjelaskan dibutuhkan investasi puluhan triliun.

Ia mengatakan, dengan akan meningkatnya status Bandara Komodo menjadi bandara internasional akan lebih mudah menarik investor. Apalagi Labuan Bajo paling diminati oleh investor dan customer dengan segmentasi kelas atas.

Kehadiran BPOLBF sekaligus menjadi jembatan, menjadi perpanjangan sekaligus juga untuk menggerakkan kolaborasi dengan para stake holder," jelasnya.

Ia meminta, BPOLBF agar lebih optimal dalam melaksanakan fungsi dan perannya, sesuai dengan amanah yang sudah ditetapkan Presiden Joko Widodo mengenai percepatan pembangunan pariwisata di Labuan Bajo, Kabupaten  Manggarai Barat.

Dirinya sangat berharap BPOLBF dengan seluruh perangkatnya secara optimal melaksanakan fungsi koordinasi, otoritas, moderasi, fasilitasi dan juga kepemimpinan terhadap berbagai isu dan tema-tema pembangunan pariwisata di Kabupaten Manggarai  Barat.

"Saya berharap Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai  Barat bisa menjadi destinasi ekowisata yang berkelas atau destinasi pariwisata premium.Sehingga kita mendorong BPOLBF terus bekerja keras mengembangkan sektor pariwisata Manggarai  Barat,"harap Edi Endi.

Baca Juga: Komodo Harus Dilestarikan

Direktur Utama BPOLBF, Shana Fatina menjelaskan selain pengembangan wisata di Kabupaten Manggarai Barat, BPOLBF akan mengembangkan destinasi wisata di seluruh Pulau Flores.

Dalam mengembangkan sektor pariwisata di Kabupaten Manggarai Barat,dirinya mengharapkan melibatkan peran aktif dari masyarakat  Manggarai  Barat.

"Masyarakat Manggarai Barat akan dilibatkan dalam proses pembangunan maupun dalam kaegiatan atraksi budaya. Atraksi budaya akan menjadi salah satu daya tarik pariwisata yang melibatkan masyarakat.Kita akan kembankan destinasi wisata penyangga dengan melibatkan masyarakat,” kata Shana Fatina.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Kapal Wisata Diminta Harus Berasuransi

Minggu, 2 Oktober 2022 | 09:55 WIB

Masyarakat di Desa Wisata Harus Ditata

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 15:04 WIB

Desa Wisata Butuh Sentuhan Teknologi Informasi

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 13:45 WIB

Butuh Anggaran Besar Tata Pariwisata Manggarai Barat

Jumat, 30 September 2022 | 16:19 WIB

Liang Ndara Jadi Model Desa Wisata

Rabu, 28 September 2022 | 13:10 WIB

Desa Wisata Liang Ndara Maksimal Garap Potensi Wisata

Selasa, 27 September 2022 | 16:45 WIB

Sektor Pariwisata Jadi Andalan Kecamatan Kuwus

Kamis, 22 September 2022 | 11:37 WIB

Ruas Jalan Menuju Obyek Wisata Buruk

Jumat, 16 September 2022 | 11:47 WIB

Keberadaan Perjalanan Wisata Ilegal Rusak Pasar Wisata

Jumat, 16 September 2022 | 09:35 WIB

Batu Strowbery, Destinasi Wisata Favorit

Kamis, 15 September 2022 | 20:48 WIB

Wisman Mulai Ramai Kunjungi Labuan Bajo

Rabu, 14 September 2022 | 15:17 WIB
X