Komitmen Warloka Marina dan Resort Pada Kearifan Lokal Manggarai Barat

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 12:21 WIB
Pulau Purung Kecamatan Komodo Kabupaten Manggarai Barat. (victorynews.id/SATRIA)
Pulau Purung Kecamatan Komodo Kabupaten Manggarai Barat. (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- PT.Komodo Kawisata Pratama yang sedang membangun Marina dan resort di Pulau Purung, Desa Warloka, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai  Barat berkomitmen untuk mempertahankan kearifan lokal.

Direktur PT.Komodo Kawisata Pratama,Petrus Santoso, Minggu (7/8/2022) berkomitmen untuk mengeksplore kearifan lokal yang dimiliki oleh Kabupaten Manggarai Barat. Hal itu bertujuan sebagai upaya mempromosikan kearifan lokal dan keunikan yang ada di daerah Manggarai Barat.

Ia mengaku, manajemen Warloka Marina dan Resort akan menerapkan konsep kearifan lokal serta unsur tradisional khas NTT lebih khususnya Manggarai  Barat, yaitu kain tenun songke dan kain tenun daerah lain di Provinsi NTT.Pihaknya bertekad mampu mengelola secara profesional jaringan hotel dengan berstandar internasional sekaligus mengusung kearifan lokal.

Ia menjelaskan, Marina dan resort di Pulau Purung, Kecamatan Komodo merupakan salah satu bukti komitmen perusahaan dalam mendukung pengembangan sektor pariwisata di daerah yang telah ditetapkan sebagai destinasi wisata super premium.

Pihaknya akan membranding Waloka Marina dan resort sebagai upaya mempromosikan kearifan lokal dan keunikan yang ada di wilayah Manggarai Barat.

Baca Juga: Masyarakat Labuan Bajo Didorong Kreatif dan Inovatif

Petrus Santoso mengaku, Kabupaten Manggarai Barat memiliki kopi dan kain tenun yang terkenal dan unik disajikan.Kopi manggarai sudah mendunia. Marina Warloka dan resort akan menyajikan kopi khas manggarai kepada tamu yang menginap.

Ia juga berkomitmen, untuk menempatkan  anak muda yang Desa Warloka dan daerah pesisir lainnya pada jabatan starategis hotel tentu harus diimbangi dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memenuhi persyaratan.Dirinya mendorong pelajar di Desa Warloka dan wilayah lainnya di Kabupaten  Manggarai Barat untuk mempersiapan diri untuk bekerja di Warloka Marina dan Resort.

"Kita juga akan memilih anak muda di Desa Warloka untuk menjadi karyawan di Marina Warloka dan Resort,tetapi harus memiliki SDM yang memadai,"ujar Petrus Santoso.

Petrus Santoso mengaku, untuk mendukung program pemerintah dalam mewujudkan kawasan super premium, manajeman PT. Komodo  Kawisata Pratama  melakukan pembangunan Warloka Marina dan Resort.

Pulau Purung dapat dicapai melalui darat dan laut, sehingga untuk memasuki wilayah Waloka Marina dan Resort akan dilengkapi 2 Pintu Masuk yaitu Bangunan Lobby laut yaitu Marina Terpadu dan Lobby darat melalui jembatan yang menyambung dengan pulau Flores.

Baca Juga: Kapal Padar Indah Terancam Mubazir

Ia menyampaikan, Warloka Marina dan Resort” mengusung thema "ECO Friendly dengan kearifan lokal dan konsep Luxury yang focus ke arah healthy fun  Lifestyle dengan fasilitas international bintang 5  yang terdiri dari Marina Terpadu untuk Kapal Pesiar  berukuran 60-200feet, Day Club atau Club House yang dilengkapi restoran outdoor dan indoor bar, Outdoor Retail Park, Boutique Hotel dan Resort juga overwatervilla, Spa dan Wellness Retreat dan Branded Residences. Arsitektur pembangunan ini akan bernuansa tradisi Indonesia dan pada era “Global Warning”.

"Kami ingin berpartisipasi serta berkontribusi secara tidak langsung untuk “Bumi pertiwi” dengan penggunaan material ramah lingkungan, energy matahari dan tenaga air laut atau water reverse osmosis serta membangun kembali terumbu karang sebanyak-banyaknya di area pulau Purung dan menjaga habitat serta keberadaan hutan mangrove yang mendukung ekosisitem serta kelangsungan hidup habitat darat dan laut di sekitar pulau Purung,"jelas Petrus Santoso.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Kapal Wisata Diminta Harus Berasuransi

Minggu, 2 Oktober 2022 | 09:55 WIB

Masyarakat di Desa Wisata Harus Ditata

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 15:04 WIB

Desa Wisata Butuh Sentuhan Teknologi Informasi

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 13:45 WIB

Butuh Anggaran Besar Tata Pariwisata Manggarai Barat

Jumat, 30 September 2022 | 16:19 WIB

Liang Ndara Jadi Model Desa Wisata

Rabu, 28 September 2022 | 13:10 WIB

Desa Wisata Liang Ndara Maksimal Garap Potensi Wisata

Selasa, 27 September 2022 | 16:45 WIB

Sektor Pariwisata Jadi Andalan Kecamatan Kuwus

Kamis, 22 September 2022 | 11:37 WIB

Ruas Jalan Menuju Obyek Wisata Buruk

Jumat, 16 September 2022 | 11:47 WIB

Keberadaan Perjalanan Wisata Ilegal Rusak Pasar Wisata

Jumat, 16 September 2022 | 09:35 WIB

Batu Strowbery, Destinasi Wisata Favorit

Kamis, 15 September 2022 | 20:48 WIB

Wisman Mulai Ramai Kunjungi Labuan Bajo

Rabu, 14 September 2022 | 15:17 WIB
X