Petani diminta Jaga Mutu Produk Pertanian

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 10:16 WIB
Tanaman Hortikultura milik petani di Desa Liang Ndara Kecamatan Mbeliling Kabupaten Manggarai Barat. (victorynews.id/SATRIA)
Tanaman Hortikultura milik petani di Desa Liang Ndara Kecamatan Mbeliling Kabupaten Manggarai Barat. (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Sejumlah hotel dan restoran di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai  Barat sudah  mengunakan produk pertanian dan peternakan masyarakat di manggarai Barat sejak tahun 2015 lalu. Pihak hotel dan restoran di Labuan Bajo meminta petani di wilayah itu agar mempertahankan kualitas produk pertanian.

General Manager Hotel Jayakarta Labuan Bajo, Inriwati Da Costa, Sabtu (7/8/2022) mengatakan, selama ini pihaknya sudah mengunakan produk pertanian masyarakat di Manggarai untuk kebutuhan hotel dan restaurant. Itu seperti kopi,buah dan sayur-sayuran serta produk peternakan seperti ayam juga dari masyarakat Manggarai Barat.

Pihaknya berkomitmen untuk membeli produk masyarakat di Manggarai Barat.Selain mendukung sektor pariwisata membeli produk pertanian dan peternakan juga merupakan untuk menopang pendapatan ekonomi masyarakat di Manggarai Barat,'' jelas Inri.

Ia meminta, petani untuk tetap menjaga mutu dan kualitas buah dan sayur. Pasalnya permintaan tanaman hultikultura untuk kebutuhan hotel dan restuaran Jayakarta cukup tinggi setiap tahun. Jika kualitas tanaman buah dan sayur dijaga,maka kemungkinan pihaknya tidak akan mengunakan produk pertanian dan peternakan dari luar Nusa tenggara Timur.

Baca Juga: Obyek Wisata Harus Ditata

"Kopi kita mendapat dari petani di Kabupaten  Manggarai, sedangkan sayur dan buah dari petani di Manggarai Barat.Kita minta petani di Manggarai  Barat untuk serius menjaga kualitas tanaman pertanian,'' ujar Inri.

Selain menjaga kualitas tanaman pertanian,Inri juga meminta masyarakat untuk tidak menaikan harga tanaman pertanian. Pasalnya harga produk pertanian impor di Labuan Bajo sangat murah.Jika harga tanaman pertanian mahal,maka dipastikan pihaknya akan membeli tanaman pertanian masyarakat dari luar NTT.

Owner Restaurant Treetop Mateus Siagian mendukung, penuh keputusan Gubernur NTT,Viktor Buntilu Laiskodat untuk mendorong restoran di NTT mengunakan produk pertanian dan peternakan masyarakat NTT untuk kebutuhan restoran. Pasalnya kebijakan tersebut sangat menguntungkan masyarakat NTT yang selama ini sudah bergelut di sektor pertanian dan peternakan.

Ia mengaku, dirinya mengunakan produk pertanian dan peternakan selama ini dari tangan petani di Manggarai  Barat. Dirinya selalu mendorong masyarakat  Manggarai Barat untuk terus membudidaya tanaman pertanian dengan serius. Sehingga tanaman sayur dan buah milik petani di Manggarai Barat selalu laku dipasar.

Baca Juga: BUMDes Kolarek Diapresiasi

Halaman:

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Kapal Wisata Diminta Harus Berasuransi

Minggu, 2 Oktober 2022 | 09:55 WIB

Masyarakat di Desa Wisata Harus Ditata

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 15:04 WIB

Desa Wisata Butuh Sentuhan Teknologi Informasi

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 13:45 WIB

Butuh Anggaran Besar Tata Pariwisata Manggarai Barat

Jumat, 30 September 2022 | 16:19 WIB

Liang Ndara Jadi Model Desa Wisata

Rabu, 28 September 2022 | 13:10 WIB

Desa Wisata Liang Ndara Maksimal Garap Potensi Wisata

Selasa, 27 September 2022 | 16:45 WIB

Sektor Pariwisata Jadi Andalan Kecamatan Kuwus

Kamis, 22 September 2022 | 11:37 WIB

Ruas Jalan Menuju Obyek Wisata Buruk

Jumat, 16 September 2022 | 11:47 WIB

Keberadaan Perjalanan Wisata Ilegal Rusak Pasar Wisata

Jumat, 16 September 2022 | 09:35 WIB

Batu Strowbery, Destinasi Wisata Favorit

Kamis, 15 September 2022 | 20:48 WIB

Wisman Mulai Ramai Kunjungi Labuan Bajo

Rabu, 14 September 2022 | 15:17 WIB
X