Obyek Wisata Harus Ditata

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 09:55 WIB
Obyek Wisata Air Terjun Cunca Lolos (victorynews.id/SATRIA)
Obyek Wisata Air Terjun Cunca Lolos (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat menjadi salah satu dari 10 destinasi wisata yang ditetapkan oleh pemerintah. Sebagai "Bali Baru".

Kawasan ini memiliki keindahan tersendiri dengan barisan bukit di sepanjang garis pantai.Selain itu,Komodo yang menjadi destinasi wisata unggulan menjadi target kunjungan wisatawan ke Kabupaten Manggarai Barat.

Pelaku Pariwisata di Labuan Bajo, Stanislaus Stan, Minggu (7/8/2022) mengatakan, keindahan  Manggarai Barat dan banyaknya obyek wisata yang sudah ramai dikunjungi wisatawan harus ditata dengan baik.

Keindahan alam saja tidak cukup untuk menarik lebih banyak wisatawan baik domestik maupun internasional.Harus didukung dengan infrastruktur yang memadai, seperti akses transportasi, baik darat, laut, udara maupun penyeberangan.

Baca Juga: BUMDes Kolarek Diapresiasi

Selain itu, ia meminta pemerintah untuk serius masyarakat  Manggarai Barat melalui masyarakat perlu diberdayakan untuk memaksimalkan potensi yang ada baik dari segi perhotelan, kuliner maupun ekonomi kreatif. Pengembangan ini dimulai dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), seperti kerajinan tangan untuk oleh-oleh.

Ia menjelaskan, Pemerintah daerah maupun pemerintah pusat melihat perlu adanya perbaikan di segala lini. Hal itu bisa mendongkrak perekonomian masyarakat dari sektor andalan Labuan Bajo, yaitu pariwisata.

Apalagi hampir seluruh wilayah manggarai Barat memiliki potensi untuk dikembangkan demi kesajteraan masyarakat. Baik pertanian,peternakan dan pariwisata. 

"Wilayah  Manggarai Barat memiliki potensi yang besar, tapi membutuhkan penataan lebih baik. Apalagi dengan komodo sebagai hewan langka hanya satu-satunya di dunia, maka kita perlu menjaga dengan baik, menyiapkan tempat-tempatnya dengan benar agar semakin banyak wisatawan," kata Stanis Stan.

Stanis Stan mengatakan, pemerintah pusat saat ini sangat besar perhatian untuk pengembangan sektor pariwisata.Mulai membangun pelabuhan marina, mengoperasikan kapal wisata ke setiap destinasi favorit serta tempat pelelangan ikan (TPI) modern.

Baca Juga: Industri Pariwisata Sebagai Lokomotif Pembangunan

Sehingga menjadi tugas pemerintah daerah untuk membangun ibfrastruktur menuju obyek wisata yang ada disejumlah kecamatan di Manggarai Barat.

Pelaku pariwisata lainnya, Mateus Siagian mengatakan, pemerintah juga perlu memperhatikan dermaga di kawasan Tamana Nasional komodo (TNK) dan kebutuhan air bersih untuk Labuan Bajo. Kebutuhan air bersih untuk hotel dan restoran setiap cukup besar dan kunjungan wisatawan ke obyek wsiata TNK cukup tinggi sehingga perlu ada pembenahan dermaga.

Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi  mengapresiasi atas perhatian pemerintah pusat dalam mengembangkan pariwisata Labuan Bajo yang berada di Kapubaten Manggarai Barat ini. Dalam rangka mendorong salah satu provinsi dengan pariwisata terbaik di Indonesia, pembangunan ini menjadi roh buat Manggarai  Barat untuk lebih percaya diri," ujarnya.

Ia mengaku, pada tahun 2022,pihaknya fokus memperbaiki jalan menuju obyek wsiata Cunca Wulang di Kecamatan mbeliling dan akses masuk menuju Istana Ular.Dua obyek wsiata tersebut juga memiliki peluang untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). 

Baca Juga: Jalur Utara dan Selatan Dikembangkan Sektor Pariwisata

" Akses menuju destinasi wisata sudah semakin bagus. Kita harapkan, kunjungan wisatawan meningkat,"ujarnya.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Kapal Wisata Diminta Harus Berasuransi

Minggu, 2 Oktober 2022 | 09:55 WIB

Masyarakat di Desa Wisata Harus Ditata

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 15:04 WIB

Desa Wisata Butuh Sentuhan Teknologi Informasi

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 13:45 WIB

Butuh Anggaran Besar Tata Pariwisata Manggarai Barat

Jumat, 30 September 2022 | 16:19 WIB

Liang Ndara Jadi Model Desa Wisata

Rabu, 28 September 2022 | 13:10 WIB

Desa Wisata Liang Ndara Maksimal Garap Potensi Wisata

Selasa, 27 September 2022 | 16:45 WIB

Sektor Pariwisata Jadi Andalan Kecamatan Kuwus

Kamis, 22 September 2022 | 11:37 WIB

Ruas Jalan Menuju Obyek Wisata Buruk

Jumat, 16 September 2022 | 11:47 WIB

Keberadaan Perjalanan Wisata Ilegal Rusak Pasar Wisata

Jumat, 16 September 2022 | 09:35 WIB

Batu Strowbery, Destinasi Wisata Favorit

Kamis, 15 September 2022 | 20:48 WIB

Wisman Mulai Ramai Kunjungi Labuan Bajo

Rabu, 14 September 2022 | 15:17 WIB
X