Industri Pariwisata Sebagai Lokomotif Pembangunan

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 09:19 WIB
Spot wisata di Kecamatan Lembor Selatan (victorynews.id/SATRIA)
Spot wisata di Kecamatan Lembor Selatan (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat memdorong sektor pariwisata sebagai lokomotif pembangunan daerah.

Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi, Minggu (7/8/2022) menjelaskan, sektor pariwisata sebagai lokomotif pembangunan daerah yang didukung potensi alam dan budaya yang dimiliki. Manggarai Barat memiliki Komodo sebagai ikon pariwisata dunia.

Ia menjelaskan, fokus utama  pembangunan pariwisata diarahkan pada perkembangan ekosistem pariwisata yang dikenal 3A  yaitu atraksi, aksesibilitas, dan amenitas. Pembangunan sektor pariwisata telah merangsang tumbuhnya sektor-sektor ekonomi antara lain pertanian, industri pengolahan, UMKM dan Infrastruktur.

Baca Juga: Jalur Utara dan Selatan Dikembangkan Sektor Pariwisata

Edi Endi menyampaikan, sektor pariwisata Labuan Bajo dijadikan target utama pemerintah pusat dengan menetapkannya sebagai destinasi super prioritas.Berbagai program pembangunan dilaksanakan oleh  pemerintah untuk percepatan kesiapan daerah tujuan wisata yang  dimiliki bersekala premium.

Pembangunan infrastruktur, jalan raya, dermaga, airport, air minum dan listrik semua dilaksanakan oleh pemerintah pusat, saat inipun masyarakat dapat merasakanya," tuturnya.

Dijelaskanya, pembentukan Badan Otorita Pariwisata (BOP) Labuan Bajo - Flores, dalam rangka akselerasi pengembangan destinasi pariwisata super prioritas Labuan Bajo yang terkordinasi sistematis, terarah, dan terpadu dengan program pariwisata pemerintah daerah. semuanya hal itu dilakukan demi kemajuan sektor pariwisata Manggarai Barat.

Pembangunan infrastruktur dan penataan desa - desa dan kota wisata kian gencar, yang didukung penuh pemerintah provinsi NTT  dan Pemerintah pusat .

Baca Juga: Bupati Manggarai Barat Dorong Pengelolaan Destinasi Wisata Ke Pemdes

"Kita boleh sama-sama melihat, bagaimana wajah kota ini sekarang sedang di dandan, ruas jalan protokol di perlebar, drainase, trotoar akan dipercantik, dan hanya Labuan Bajo di NTT mendapat dana hibah Rp 19 milyard,"ungkap Edi Endi.

Edi Endi menambahkan Puncak waringin telah ditata dan dibangun menjadi galeri souvenir internasional. Bantuan kapal tengki air sebagai sarana untuk mendistribusikan air minum bersih dari pulau ke pulau di wilayah Manggarai Barat.

Selain itu ,proyek perencanaan tehnik Pembangunan Instalasi pengolahan air bersih Wae Mese Water Treatment Plan (WTP) berkapasitas 60 liter/detik.

Pembangunan Pelabuhan Baru khusus kontainer di Wae Kelambu untuk mengoptimalkan pelabuhan Marina sebagai pelabuhan penumpang dan wisata.

"Menjadikan Labuan Bajo sebagai pariwisata segmentasi premium, eksklusif dan mahal. Kawasan gua Batu Cermin ditata ulang. Pusat Souvelir atau galeri di puncak Waringin. Pembangunan fasilitas air minum,"jelasnya.

Baca Juga: Tim Terpadu Pantau Pasar dan TPI Labuan Bajo

Kepala Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif dan Kebudayaan Manggarai Barat, Pius Baut mengatakan, penetapan 5 strategi menata Destinasi Labuan Bajo itu menunjukkan bahwa Presiden mau mengisyaratkan kepada Manggarai Barat bahwa, pariwisata Labuan Bajo adalah salah satu destinasi yang sangat potensial.

Serta sebagai penyokong utama ekonomi bangsa dengan menggaet sebanyak-banyaknya minat wisatawan masuk ke daerah Manggarai Barat.

"Selain pembangunan proyek - proyek penunjang sektor pariwisata, promosi dalam rangka meningkatkan arus kunjungan wisatawan, promosi terus dilakukan,"katanya.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Kapal Wisata Diminta Harus Berasuransi

Minggu, 2 Oktober 2022 | 09:55 WIB

Masyarakat di Desa Wisata Harus Ditata

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 15:04 WIB

Desa Wisata Butuh Sentuhan Teknologi Informasi

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 13:45 WIB

Butuh Anggaran Besar Tata Pariwisata Manggarai Barat

Jumat, 30 September 2022 | 16:19 WIB

Liang Ndara Jadi Model Desa Wisata

Rabu, 28 September 2022 | 13:10 WIB

Desa Wisata Liang Ndara Maksimal Garap Potensi Wisata

Selasa, 27 September 2022 | 16:45 WIB

Sektor Pariwisata Jadi Andalan Kecamatan Kuwus

Kamis, 22 September 2022 | 11:37 WIB

Ruas Jalan Menuju Obyek Wisata Buruk

Jumat, 16 September 2022 | 11:47 WIB

Keberadaan Perjalanan Wisata Ilegal Rusak Pasar Wisata

Jumat, 16 September 2022 | 09:35 WIB

Batu Strowbery, Destinasi Wisata Favorit

Kamis, 15 September 2022 | 20:48 WIB

Wisman Mulai Ramai Kunjungi Labuan Bajo

Rabu, 14 September 2022 | 15:17 WIB
X