Potensi Pariwisata Manggarai Barat Harus Terus Dikembangkan

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 12:23 WIB
Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi
Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Pembangunan sektor pariwisata di Kabupaten Manggarai Barat, NTT sangat penting karena dapat menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan, serta dapat mendorong pemerintah daerah membangun dan memelihara infrastruktur sehingga kualitas hidup masyarakat ikut meningkat.

Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi, Kamis (4/8/2022) mengatakan, wilayah Kabupaten Manggarai Barat dikenal dengan banyak obyek wisata yang sudah mendunia.Itu seperti Komodo, Gua Rangko, Istana Ular, Batu Cermin dan air terjun Cunca Wulang.

Dengan Manggarai Barat memiliki banyak potensi sektor pariwisata,maka Pemerintah Pusat memiliki kewajiban untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata di wilayah Manggarai Barat.

Ia mengatakan, pembangunan sektor pariwisata di Kabupaten Manggarai Barat untuk Mendukung pariwisata nasional dan Peningkatan ekonomi masyarakat.

"Sektor pariwisata di Manggarai Barat terus dikembangkan, pemerintah pusat melalui sejumlah kementerian terus berkolaborasi membangun Manggarai Barat,"ujar Edi Endi.

Baca Juga: Pembangunan Rumah Swadaya Hampir Rampung

Edi Endi menjelaskan, Pemerintah Pusat setiap tahunnya menyiapkan anggaran guna mendukung pemulihan ekonomi pariwisata dan industri pada 2022. Pemerintah Pusat akan memprioritaskan pembenahan kawasan industri khususnya pada daerah destinasi pariwisata prioritas.

Dia mengaku, Presiden Joko Widodo meminta seluruh jajaran kementerian untuk mengembangkan sejumlah destinasi pariwisata yang menjadi prioritas. Dari 10 destinasi pariwisata baru yang akan dikembangkan, pemerintah masih memprioritaskan lima daerah utama,salah satunya,Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

Presiden Jokowi kata dia telah melakukan peninjauan ke sejumlah destinasi wisata, Jokowi menemukan sejumlah masalah di lapangan yang harus segera diselesaikan. Pertama yakni adanya masalah pengaturan dan pengendalian tata ruang, seperti di destinasi wisata Labuan Bajo.

Baca Juga: Nasib TKBM di Labuan Bajo Tidak Terurus

"Presiden Joko Widodo meminta agar sejumlah menteri membenahi infrastuktur penghubung kawasan wisata, seperti terminal, bandara, runway dan dermaga pelabuhan.

Edi Endi mengaku, mengembakan pariwisata sebagai sektor utama pembangunan.Pariwisata sebagai satu dari lima visi utama pembangunan 5 tahun ke depan.Kementerian Pariwisata mendukung pengembangan pariwisata di Kabupaten Manggarai Barat

Ia mengatakan, pengembangan pariwisata berbasis pemberdayaan ekonomi masyarakat.Dirinya menginginkan potensi sektor pariwisata yang ada di Manggarai Barat benar-benar mengsejahterakan masyarakat.

Baca Juga: Petani di Kecamatan Lembor Kesulitan Pupuk NPK

"Manggarai Barar memiliki wisata alam dan destinasi wisata yang cukup mendunia.Saya ingin membawa Manggarai Barat ke dunia internasional dengan potensi destinasi wisata yang ada saat ini,"ujar Edi Endi.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Masyarakat Diminta Sinergi Membangun Pariwisata

Rabu, 17 Agustus 2022 | 18:09 WIB

Komodo Harus Dilestarikan

Selasa, 16 Agustus 2022 | 09:36 WIB

Pemerintah Kembangkan  Ekowisata Puar Lolo

Minggu, 14 Agustus 2022 | 18:07 WIB

Wae Rebo Didorong Jadi Destinasi Wisata Kelas Dunia

Rabu, 10 Agustus 2022 | 15:41 WIB

Petani diminta Jaga Mutu Produk Pertanian

Minggu, 7 Agustus 2022 | 10:16 WIB

Obyek Wisata Harus Ditata

Minggu, 7 Agustus 2022 | 09:55 WIB

Industri Pariwisata Sebagai Lokomotif Pembangunan

Minggu, 7 Agustus 2022 | 09:19 WIB

BPOLBF Gunakan Aplikasi GIS Permudah Informasi DPSP

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 16:30 WIB
X