Festival Golo Koe di Labuan Bajo, Libatkan Ratusan UMKM Paroki Se-Keuskupan Ruteng

- Kamis, 28 Juli 2022 | 22:19 WIB
Ketua Panitia Pelaksana Festival Golo Koe Romo Manfred Habur didampingi Ketua Steering Committee Festival Golo Koe,Romo Marthen Chen bersama Wakil Bupati Manggarai Barat, Yulianus Weng dan Wakil Ketua Panitia, Romo Rikar Manggu saat memberikan keterangan kepada media di Labuan Bajo. (victorynews.id/SATRIA)
Ketua Panitia Pelaksana Festival Golo Koe Romo Manfred Habur didampingi Ketua Steering Committee Festival Golo Koe,Romo Marthen Chen bersama Wakil Bupati Manggarai Barat, Yulianus Weng dan Wakil Ketua Panitia, Romo Rikar Manggu saat memberikan keterangan kepada media di Labuan Bajo. (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Keuskupan Ruteng akan mengelar Festival Golo Koe di Labuan Bajo, ibukota Kabupaten Manggarai Barat,NTT dengan melibatkan ratusan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berasal dari paroki Se Keuskupan Ruteng pada 8-15 Agustus 2022 mendatang.

Kegiatan yang berpusat di Waterfront City Marina Labuan Bajo ini nantinya akan menyediakan sejumlah produk UMKM paroki di wilayah Keuskupan Ruteng.

Ketua Steering Committee Festival Golo Koe,Romo
Marthen Chen,Kamis (28/7/2022) menyebutkan, saat ini ratusan UMKM yang berada di seluruh paroki seluruh Keuskupan Ruteng telah mendaftar ikut bergabung dalam pameran Festival Golo Koe.

UMKM akan menyajikan keunikan dan kekayaan ekonomi kreatif masyarakat di wilayah Manggarai Raya ini.

"Untuk total UMKM yang sudah terdaftar mencapai 180. Animo sangat tinggi, kita sudah sediakan stand untuk UMKM di Waterfront City Marina Labuan Bajo,"katanya.

Baca Juga: Dapur Tara Sajikan Kuliner Tradisional Flores

Ia mengaku, produk UMKM dari sejumlah Paroki di wilayah Keuskupan Ruteng siap dipasarkan pada Festival Golo Koe nantinya. Seperti, kain tenun dan kekayaan ekonomi kreafif umat paroki yang ada di pedesaan.

Marthen Chen menjelaskan, dengan adanya keterlibatan UMKM di pedesaan, merupakan bagian dari upaya pengangkatan perekonomian usaha kecil.

Festival religi kultural ini juga ingin mendorong dan menggiatkan semua kegiatan ekonomi kreatif masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat.

Saat festival Golo Koe nantinya, akan ada pertunjukan Pentas Seni yang menampilkan keindahan suara dan tari serta kemagisan musik dan seni teatrikal budaya Manggarai, Flores, dan suku-suku Nusantara.

Ketua Panitia Pelaksana Festival Golo Koe, Romo Manfred Habur, menjelaskan, Festival Golo Koe melibatkan umat Allah Keuskupan Ruteng dari seluruh pelosok tanah Nucalale dalam kerja sama yang erat dengan komunitas muslim dan komunitas lintas agama lainnya di Labuan Bajo.

Baca Juga: Pelaku Pariwisata Minta Presiden Jokowi Batalkan Kenaikan Tiket Masuk TNK

Festival ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan pariwisata Labuan Bajo-Flores yang berakar dan bertumbuh dalam keunikan dan kekayaan kultural dan spiritual setempat.

Ia menyampaikan, Festival Golo Koe Labuan Bajo ini ingin mengungkapkan, pariwisata sejatinya adalah ziarah mengendus jejak Allah dalam suka cita perjumpaan antar manusia, antar budaya, dan ketakjuban alam yang mempesona.

Ziarah ini mencapai kepenuhannya dalam perjumpaan dengan Sang Khalik, pencipta dan penyelenggara semesta alam,"jelasnya.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Kapal Wisata Diminta Harus Berasuransi

Minggu, 2 Oktober 2022 | 09:55 WIB

Masyarakat di Desa Wisata Harus Ditata

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 15:04 WIB

Desa Wisata Butuh Sentuhan Teknologi Informasi

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 13:45 WIB

Butuh Anggaran Besar Tata Pariwisata Manggarai Barat

Jumat, 30 September 2022 | 16:19 WIB

Liang Ndara Jadi Model Desa Wisata

Rabu, 28 September 2022 | 13:10 WIB

Desa Wisata Liang Ndara Maksimal Garap Potensi Wisata

Selasa, 27 September 2022 | 16:45 WIB

Sektor Pariwisata Jadi Andalan Kecamatan Kuwus

Kamis, 22 September 2022 | 11:37 WIB

Ruas Jalan Menuju Obyek Wisata Buruk

Jumat, 16 September 2022 | 11:47 WIB

Keberadaan Perjalanan Wisata Ilegal Rusak Pasar Wisata

Jumat, 16 September 2022 | 09:35 WIB

Batu Strowbery, Destinasi Wisata Favorit

Kamis, 15 September 2022 | 20:48 WIB

Wisman Mulai Ramai Kunjungi Labuan Bajo

Rabu, 14 September 2022 | 15:17 WIB
X