Jokowi : Konservasi dan Ekonomi Harus Seimbang di Labuan Bajo

- Kamis, 21 Juli 2022 | 18:31 WIB
Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan kepada media usai meresmikan Penataan Kawasan Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo. (Biro Pers Sekertariat Presiden)
Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan kepada media usai meresmikan Penataan Kawasan Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo. (Biro Pers Sekertariat Presiden)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT-Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, aspek ekonomi dan konservasi harus seimbang dalam pengembangan kawasan Destinasi Wisata Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Pemerintah sepakat, menjadikan dua pulau di kawasan Taman Nasional Komodo (TNK), yakni Pulau Komodo dan Pulau Padar sebagai kawasan konservasi.

"Kita ingin konservasi, tapi kita ingin juga ekonomi lewat turisme, ini harus seimbang,"ujar Jokowi, meresmikan dan meninjau penataan kawasan di Pulau Rinca, Kamis (21/7/2022) sore.

Ia menjelaskan, terkait habitat hewan Komodo sebagai tempat wisata, pemerintah berupaya untuk melakukan konservasi habitat Komodo di Pulau Komodo dan Pulau Padar. Apabila wisatawan ingin melihat langsung hewan endemik tersebut.

Baca Juga: Kunjungi Pulau Rinca, Presiden Jokowi Ingatkan Soal Kebersihan

Presiden Jokowi menyarankan, para wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Rinca. Wisatawan yang ingin melihat komodo bisa datang mengunjungi Pulau Rinca.

“Yang untuk wisatawan diberikan di Pulau Rinca, sehingga ini kita benahi untuk wisatawan dan juga untuk komodonya. Komodo di Pulau Rinca dan komodo di Pulau Komodo itu komodonya sama, wajahnya juga sama. Jadi kalau mau lihat komodo silakan ke Pulau Rinca, di sini ada komodo,” jelas Jokowi.

Untuk tarif masuk kawasan TNK, ia menuturkan, tarif yang dikenakan kepada wisatawan masih sama untuk di Pulau Rinca, sedangkan untuk di Pulau Komodo dan Pulau Padar akan dikenakan tarif yang berbeda.

“Mengenai bayarnya berapa, tetap. Tetapi kalau mau 'Bapak saya pengin sekali pak lihat yang di Pulau Komodo' ya silakan enggak apa-apa juga, tapi ada tarifnya yang berbeda,” tuturnya.

Baca Juga: Pelaku Pariwisata Minta Presiden Jokowi Batalkan Kenaikan Tiket Masuk TNK

Menurut Jokowi, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat sangat beruntung. Sebab, Komodo tidak hanya hidup di satu pulau melainkan ada di Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar. Sedangkan yang konservasi disepakati hanya di Pulau Komodo dan Padar.

"Yang untuk wisatawan diberikan di Pulau Rinca sehingga ini kita benahi untuk wisatawan dan komodonya," kata Jokowi.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Wisata Alam Di Wae Lolos Mulai Ditata

Rabu, 30 November 2022 | 16:25 WIB

Saatnya Desa Wisata Bangkit Kembali

Senin, 28 November 2022 | 16:19 WIB

Industri Pariwisata Di Manggarai Barat Mulai Bangkit

Minggu, 20 November 2022 | 14:30 WIB

Pelaku Pariwisata Keluhkan PJU di Labuan Bajo

Selasa, 15 November 2022 | 17:55 WIB

Pesona Air Terjun Cunca Wulang Eksotis

Senin, 14 November 2022 | 21:31 WIB

Pesona Pink Beach di Taman Nasional Komodo

Senin, 14 November 2022 | 21:06 WIB

Pembangunan Desa Harus Berdasarkan Budaya

Sabtu, 12 November 2022 | 06:38 WIB

ASITA Garap Potensi Desa Wisata Manggarai Barat

Selasa, 25 Oktober 2022 | 19:58 WIB

Pariwisata Kabupaten Manggarai Barat Mulai Bangkit

Senin, 24 Oktober 2022 | 18:24 WIB
X