Dermaga di Kawasan TNK Perlu Diperhatikan

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:19 WIB
Masyarakat Pulau Seraya Kecamatan Komodo-Manggarai Barat NTT saat beraktifitas bongkar muat di dermaga Pulau Seraya (victorynews.id/SATRIA)
Masyarakat Pulau Seraya Kecamatan Komodo-Manggarai Barat NTT saat beraktifitas bongkar muat di dermaga Pulau Seraya (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Ketua DPRD Manggarai Barat, Marthen Mitar meminta Pemerintah Pusat (Pempus) melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk memperhatian dermaga di pulau dalam kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) dan disejumlah pulau lainnya di Kecamatan Komodo. Hal itu bertujuan agar kapal wisata yang mengantar wisatawan menuju obyek wisata merasa aman dan nyaman.

"Kondisi dermaga di sejumlah pulau dalam kawasan TNK sangat buruk.Mestinya, ada perhatian yang serius dari pemerintah,"ujar Marthen Mitar, Sabtu (25/6/2022).

Ia mengatakan, persoalan paling urgen saat ini di Kabupaten Manggarai Barat dalam rangka menunjang pariwisata adalah pembenahan dermaga-dermaga permanen dan sarana penunjang lainnya di pulau-pulau yang berada di Kecamatan komodo.Sehingga tidak menyusahkan para wisatawan dan pemilik kapal wisata yang hendak mengunjungi obyek wisata di perairan Labuan Bajo.

Baca Juga: PLN Dukung Percepatan Konversi Kendaraan Listrik

Marthen Mitar mengaku, sejumlah kapal wisata yang menghantar wisatawan menuju obyek wisata dalam kawasan TNK setiap harinya mencapai puluhan hingga ratusan kapal wisata. Namun sayangnya  dermaga yang berada di sejumlah pulau dalam kawasan TNK tidak memadai bahkan ukuran dermaga sangat kecil, sebagian kapal wisata tidak tertampung pada dermaga.

"Yang utama sekarang bagaimana dermaga-dermaga permanen di pulau-pulau di kawasan TNK tujuan utama wisatawan itu diperbaiki. Jangan biarkan kondisi dermaga tidak terawat," kata Andre.

Kepala Desa Papagarang, Basir mengaku, desanya berada dalam kawasan TNK. Dermaga difungsikan warga dalam aktivitas perekonomian. Kondisi dermaga saat ini cukup memprihatinkan.

Baca Juga: Festival Kopi Flores Bangkitkan UMKM Lokal

Ia berharap, dalam pembangunan kedepannya perbaikan dermaga menjadi skala prioritas. Kemudian, ia mendorong Dinas Perhubungan untuk meninventarisasi dermaga yang penting, agar diperhatikan.

"Perbaikan terhadap dermaga merupakan kerinduan nelayan. Kami berharap benar-benar diperhatikan atas aspirasi masyarakat,"harapnya.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Wae Rebo Didorong Jadi Destinasi Wisata Kelas Dunia

Rabu, 10 Agustus 2022 | 15:41 WIB

Petani diminta Jaga Mutu Produk Pertanian

Minggu, 7 Agustus 2022 | 10:16 WIB

Obyek Wisata Harus Ditata

Minggu, 7 Agustus 2022 | 09:55 WIB

Industri Pariwisata Sebagai Lokomotif Pembangunan

Minggu, 7 Agustus 2022 | 09:19 WIB

BPOLBF Gunakan Aplikasi GIS Permudah Informasi DPSP

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 16:30 WIB

80 Hotel di Labuan Bajo Kantongi UKL-UPL

Rabu, 27 Juli 2022 | 19:07 WIB

Edi Endi : Harga Tiket Pulau Rinca Tidak Naik

Rabu, 27 Juli 2022 | 12:19 WIB
X