Potensi Pariwisata Manggarai Barat Sangat Menjanjikan

- Minggu, 24 April 2022 | 17:04 WIB
Puncak Pulau Padar Kawasan Taman Nasional Komodo (victorynews.id/SATRIA)
Puncak Pulau Padar Kawasan Taman Nasional Komodo (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi menyebutkan Kabupaten yang berada diujung barat pulau Flores itu  dengan sebutan “tanah terjanji” karena potensinya sangat menjanjikan terutama sektor pariwisata.

Hampir seluruh kecamatan di Kabupaten Manggarai Barat memiliki obyek wisata yang sudah cukup terkenal.

"Kabupaten Manggarai Barat semakin maju dan berkembang. Perhatian pemerintah pusat sangat besar,mulai pembangunan bandara,jalan lintas utara dan Pelabuhan Marina serta listrik,"kata Edi Endi, Minggu (24/4/2022) sore.

Saat ini, kata Edi Endi, Kabupaten Manggarai Barat berubah menjadi sebuah “tanah terjanjikan” yang mendorong ratusan ribu wisatawan mengunjungi daerah yang ditetapkan destinasi super premium. Sehingga, aktifitas pariwisata di wilayah itu mengalami perubahan yang signifikan.

Edi Endi mengatakan pariwisata telah mengubah wajah kota Labuan Bajo.Dari yang tadinya hanya tempat pelabuhan berlabunya kapal nelayan. Kini, menjadi kota yang menarik banyak orang untuk datang mengunjungi Labuan Bajo.

Selain itu, banyak investor yang tertarik untuk berbisnis di Manggarai Barat,sehingga mendorong peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat di Labuan Bajo dan sekitarnya.

Baca Juga: Kopi Golomory Makin Diminati Pecinta Kopi

Pada dasarnya Labuan Bajo terdiri dari perbedaan-perbedaan.Terdapat banyak suku,budaya,adat istiadat dan agama.Perbedaan itu membuat masyarakat bekerja bersama memajukan pariwisata.

Ia menyampaikan, bahwa perlu ada komitmen bersama membangun daerah Manggarai Barat kedepan. Sehingga untuk memeguhkan komitmen bersama seluruh elemen baik pemerintah maupun swasta bahwa sebagai kota destinasi pariwisata dunia unsur persahabatan wajib dipenuhi,karena hal tersebut akan menambah pesona Kabupaten Manggarai Barat.

Dirinya juga mengajak seluruh elemen masyarakat dan pemerintah untuk bekerja bersama membangun kebersamaan dalam harmoni demi kemajuan Manggarai Barat kedepannya.

Sementara, Anggota DPRD Kabupaten Manggarai Barat, Pius Daru mendorong pemerintah agar serius mengurus infrastruktur jalan menuju obyek wisata. Pasalnya ditengah kemajuan sektor pariwisata masih banyak jalan menuju obyek wsiata yang rusak parah.

"Kondisi jalan yang buruk menyebabkan wisatawan tidak ingin berkunjung ke obyek wsiata yang ada di daratan Kabupaten Manggarai Barat," ujarnya.

Ia mengatakan, wisatawan berkunjung ke Manggarai Barat hanya untuk mengunjungi obyek wsiata dalam kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) dan sekitarnya.

Baca Juga: Bupati Manggarai Barat Dorong Desa Kembangkan Ekowisata

Padahal obyek wsiata di daerah pedalaman Manggarai Barat seperti Istana Ular,Air terjun Cunca Wulang,Danau Sano Ngoang dan obyek wisata air terjujn Cunca Rami cukup indah dan terkenal.

Namun,tidak dikunjungi oleh wisatawan lantaran akses jalan masuk menuju obyek wsiata itu sangat buruk.

“Pemerintah daerah harus serius mengurus akses masuk dengan memperbaiki jalan masuk menuju obyek wisata yang ada.Sehingga wisatawan akan beramai-ramai mengunjungi obyek wisata itu,’’ harap Pius Daru.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Dermaga di Kawasan TNK Perlu Diperhatikan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:19 WIB

Wisatawan Mulai Ramai Kunjungi Labuan Bajo

Sabtu, 25 Juni 2022 | 12:58 WIB

10 Destinasi Wisata Yang Menarik di Labuan Bajo

Kamis, 2 Juni 2022 | 08:08 WIB

Obyek Wisata Cunca Rami Masih Sepi

Jumat, 20 Mei 2022 | 14:40 WIB

Investor Diingatkan Jangan Tutup Akes Publik

Senin, 2 Mei 2022 | 00:46 WIB

Sektor Pariwisata Manggarai Barat Perlu Ditata

Sabtu, 23 April 2022 | 12:37 WIB

Manggarai Barat Jadi Wisata Bahari Internasional

Jumat, 22 April 2022 | 13:36 WIB
X