Bupati Manggarai Barat Dorong Desa Kembangkan Ekowisata

- Minggu, 24 April 2022 | 11:05 WIB
Pengunjung Spot wisata Porong Tedeng di Desa Coal, Kecamatan Kuwus saat menikmati pemandangan alam di wilayah itu (victorynews.id/SATRIA)
Pengunjung Spot wisata Porong Tedeng di Desa Coal, Kecamatan Kuwus saat menikmati pemandangan alam di wilayah itu (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi mendorong masyarakat dan kepala desa di wilayah itu mengembangkan ekowisata.

"Desa yang ada di wilayah Manggarai Barat memiliki banyak potensi wisata, jika dikembangkan atau dikemas menjadi ekowisata bisa menjadi daya tarik wisatawan lokal, nusantara dan mancanegara berkunjung ke desa," kata Edi Endi, Minggu (24/4/2022) siang.

Menurut dia, untuk mengembangkan ekowisata, bisa mencontoh desa wisata Liang Ndara,Kecamatan Mbelilinh dan Desa Coal, Kecamatan Kuwus yang mampu mengembangkan potensi desa wisata yang ada di wilayah itu.

Keberhasilan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Coal menggerakkan pemuda memanfaatkan potensi desa akan dijadikan contoh kepada kepala desa lainnya dalam wilayah Manggarai Barat yang memanfaatkan potensi desa mereka menjadi ekowisata.

Baca Juga: Sektor Pariwisata Manggarai Barat Perlu Ditata

Untuk mendorong pengembangan ekowisata, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat melakukan edukasi dan pembinaan kepada masyarakat terutama Pokdarwis.

Edi Endi menjelaskan, ekowisata atau ekoturisme merupakan salah satu kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial, budaya dan pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal serta aspek pembelajaran dan pendidikan.

Dengan mengembangkan ekowisata dapat mengurangi dampak negatif pada lingkungan dan budaya. Kemudian memberi dampak positif terutama pada ekonomi masyarakat desa karena bisa dikembangkan ekonomi kreatif seperti kegiatan usaha makanan dan cenderamata, serta penginapan dan jasa lainnya,"jelasnya.

Baca Juga: Labuan Bajo Siap Sambut Penyelenggaraan KTT G20

Ia menyampaikan, Pemkab Manggarai Barat mengembangkan Desa Wisata yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan rakyat,menghapus kemiskinan, mengatasi pengangguran, melestarikan alam, lingkungan dan sumber daya, serta memajukan kebudayaan.

"Sektor pariwisata sebagai salah satu penggerak pertumbuhan ekonomi diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara di Manggarai Barat,"ujar Edi Endi.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Dermaga di Kawasan TNK Perlu Diperhatikan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:19 WIB

Wisatawan Mulai Ramai Kunjungi Labuan Bajo

Sabtu, 25 Juni 2022 | 12:58 WIB

10 Destinasi Wisata Yang Menarik di Labuan Bajo

Kamis, 2 Juni 2022 | 08:08 WIB

Obyek Wisata Cunca Rami Masih Sepi

Jumat, 20 Mei 2022 | 14:40 WIB

Investor Diingatkan Jangan Tutup Akes Publik

Senin, 2 Mei 2022 | 00:46 WIB

Sektor Pariwisata Manggarai Barat Perlu Ditata

Sabtu, 23 April 2022 | 12:37 WIB

Manggarai Barat Jadi Wisata Bahari Internasional

Jumat, 22 April 2022 | 13:36 WIB
X