Sektor Pariwisata Manggarai Barat Perlu Ditata

- Sabtu, 23 April 2022 | 12:37 WIB
Pemandangan Labuan Bajo dari atas Puncak Waringin Labuan Bajo (victorynews.id/SATRIA)
Pemandangan Labuan Bajo dari atas Puncak Waringin Labuan Bajo (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Barat, Martinus Mitar menyayangkan potensi pariwisata di Kabupaten Manggarai Barat yang belum ditata dan kelolah dengan maksimal. Padahal alam di Kabupaten yang berada di ujung barat Pulau Flores itu sangat mendukung sektor pariwisata dan memiliki obyek wisata yang beranekaragam.

"Sektor pariwisata di Kabupaten Manggarai Barat  perlu ditata dengan baik. Pariwisata harus mengsejahterakan masyarakat lokal, masyarakat lokal tidak boleh menjadi penonton,"tegas Marthen Mitar, Sabtu (23/4/2022) siang.

Ia mengungkapkan, selama ini sektor pariwisata Manggarai Barat belum mengsejahterakan masyarakat.Usaha atau bisnis sektor pariwisata masih dikuasi pemodal besar dari Jakarta dan asing.

Kebutuhan sayur,buah dan daging untuk hotel dan restauran, kata dia masih di impor dari Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Kabupaten Ngada,NTT.

Baca Juga: Masyarakat Golo Mori Didorong Bangun Homestay

"Bawang, sayur, buah dan daging didatangkan dari luar Manggarai Barat. Padahal daerah Manggarai Barat memiliki potensi alam yang cocok untuk mengembangkan kebutuhan pokok hotel dan restauran,"ujarnya.

Marthen Mitar mencontohkan persoalan di pulau kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) ,Dimana dalam kawasan itu tidak memiliki restauran,sebagai tempat untuk makan bagi pengunjung ke kawasan TNK. Wisatawan yang mengunjungi TNK membawa makanan dan minuman dari Labuan Bajo, sehingga tumpukan sampah sangat banyak ditemukan di dalam kawasan TNK.

"Pengelolahan dan penataan sektor pariwisata dengan tujuan sektor pariwisata menguntungkan masyarakat Manggarai Barat. Pemerintah Daerah diminta untuk tidak tidur," tegas Marthen Mitar.

Ia mengajak masyarakat Manggarai Barat agar tidak boleh menjadi penonton di era kemajuan sektor pariwisata. Masyarakat harus segera memanfaatkan lahan tidur untuk menanam bawang,sayur dan buah-buahan. Kebutuhan tanaman holtikultura cukup tinggi di Labuan Bajo.

Baca Juga: Kades Papagarang Minta Bantuan Ternak Kambing

Marthen Mitar mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat agar segera membangun pusat pengembangan dan shop untuk menjual hasil tenun masyarakat Manggarai  Barat.

Dirinya juga menyayangkan belum maksimalnya keterlibatan masyarakat Manggarai Barat mengembangkan tenun. Padahal tenun manggarai sudah semakin terkenal di mata nasional dan internasional.

Anggota DPRD Manggarai Barat, Pius Daru mengatakan, kemajuan sektor pariwisata di Kabupaten Manggarai Barat harus mengsejahterakan masyarakat. Sehingga masyarakat harus menangkap peluang usaha pertanian dan homestay. Manggarai Barat saat ini ditetapkan sebagai daerah tujuan pariwisata internasional.
 
Ia menyayangkan, masih banyaknya akses jalan menuju destinasi wisata yang tidak diperhatikan serius.Selain itu kebutuhan air dan listrik di Manggarai Barat belum semuanya masyarakat menikmati.

Pentingnya akses jalan yang memadai dengan tujuan agar komuditas pertanian milik masyarakat dijual di Labuan Bajo.

Baca Juga: Gubernur NTT Dorong Mahanaim Grub Percepat Pembangunan Hotel The St.Regis Labuan Bajo

Pius Daru mendorong Pemkab Manggarai Barat menata daerah tujuan wisata agar dapat meningkatkan kunjungan dan kenyamanan wisatawan.

"Kami mendorong penataan destinasi wisata melalui pengembangan kawasan yang mengarah ke pembangunan industri wisata," katanya.

Keberadaan hotel dan restoran di Labuan Bajo,Kata Pius Daru, merupakan aset daerah yang telah memberikan kontribusi terhadap pembangunan daerah melalui pembayaran pajak. Pengusaha hotel dan restoran telah ambil bagian dalam pencapaian tujuan pembangunan daerah.

Baca Juga: GP Ansor Manggarai Barat: Puasa Mengajarkan Menjaga Harmoni dan Toleransi

Ia menjelaskan, bentuk perhatian Pemkab Manggarai Barat seperti regulasi perbaikan fasilitas kawasan destinasi wisata, perbaikan jaringan infrastruktur jalan, menciptakan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan.Serta menjalankan program yang mendorong sektor pertanian semakin kuat.

"Sektor pariwisata membutuhkan sektor Pertanian dan Peternakan. Tanah di Manggarai Barat sangat subur.Serta sangat layak dikembangkan tanaman hultikultura,"ujar Pius Daru.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Dermaga di Kawasan TNK Perlu Diperhatikan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:19 WIB

Wisatawan Mulai Ramai Kunjungi Labuan Bajo

Sabtu, 25 Juni 2022 | 12:58 WIB

10 Destinasi Wisata Yang Menarik di Labuan Bajo

Kamis, 2 Juni 2022 | 08:08 WIB

Obyek Wisata Cunca Rami Masih Sepi

Jumat, 20 Mei 2022 | 14:40 WIB

Investor Diingatkan Jangan Tutup Akes Publik

Senin, 2 Mei 2022 | 00:46 WIB

Sektor Pariwisata Manggarai Barat Perlu Ditata

Sabtu, 23 April 2022 | 12:37 WIB

Manggarai Barat Jadi Wisata Bahari Internasional

Jumat, 22 April 2022 | 13:36 WIB
X