Pemkab Manggarai Barat Perketat Pintu Masuk Destinasi Wisata Air Terjun Cunca Wulang

- Rabu, 20 April 2022 | 18:17 WIB
Kepala Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif dan Kebudayaan Manggarai Barat,Pius Baut (victorynews.id/SATRIA)
Kepala Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif dan Kebudayaan Manggarai Barat,Pius Baut (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat melalui Dinas Pariwisata Ekonomi Krearif dan Kebudayaan (Disparekrafbud) berencana akan memperketat pintu masuk destinasi wisata air terjun Cunca Wulang di Kecamatan Mbeliling. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadi musibah bagi wisatawan yang mengunjungi destinasi wisata Air Terjun Cunca Wulang.

Kepala Disparekrafbud Manggarai Barat, Pius Baut, Rabu (20/4/2022) mengatakan, pengetat dilakukan agar kasus wisatawan meninggal dunia terbawah arus sungai air terjun Cunca Wulang tidak terjadi lagi.
Serta wisatawan yang mengunjungi destinasi wisata Air Terjun Cunca Wulang terpantau oleh petugas dan pemandu wisata.

Ia mengatakan, pos tiket masuk dan Pos jaga akan dipindahkan ke area parkir kendaraan pengunjung Air Terjun Cunca Wulang. Pengunjung harus mengunakan pemandu lokal yang ada di Desa Cunca Wulang.

Baca Juga: Layanan Laku Pandai Be Ju BISA Bank NTT hadir di Spot Wisata Wae Bobok

Ia mengaku, selama ini pengunjung destinasi wisata Air Terjun Cunca Wulang sulit terpantau,lantaran Pos jaga berada di jalur utama. Sehingga banyak wisatawan yang tidak mengunakan jasa pamandu lokal yang ada di Desa Cunca Wulang.

Pius Baut mendorong pengunjung obyek wisata Air Terjun Cunca Wulang untuk membeli tiket di Pos Jaga dan mengunakan jasa pemandu lokal. Hal itu bertujuan agar wisatawan merasa aman saat berwisata.

"Kita juga akan memperbanyak papan informasi dan himbaun di lokasi obyek wisata Air Terjun Cunca Wulang.Papan informasi tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh pengunjung,"ujarnya.

Disparekrafbud Manggarai Barat,kata dia akan terus meningkatakan kapasitas pengelola obyek wisata Air Terjun Cunca Wulang dan memperkuat Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Cunca Wulang. Hal itu bertujuan agar pengelola, lebih siap menerima kunjungan wisatawan.

Baca Juga: Hadiri Panen Padi di Lembor, Petani Minta Irigasi Permanen ke Gubernur NTT

Ia mengaku, masih banyak hal yang perlu dikembangkan di Desa Wisata Cunca Wulang, seperti menyajikan makanan kuliner khas manggarai. Dirinya mendorong masyarakat Desa Cunca Wulang untuk mulai menangkap peluang bisnis makanan khas manggarai di seputar destinasi wisata Air Terjun Cunca Wulang.

"Kedepan, wisatawan yang mengunjungi obyek wisata Air Terjun Cunca Wulang di pandu oleh pemandu lokal yang ada di Desa Cunca Wulang. Wisatawan masuk dalam satu pintu," tegas Pius Baut.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Dermaga di Kawasan TNK Perlu Diperhatikan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:19 WIB

Wisatawan Mulai Ramai Kunjungi Labuan Bajo

Sabtu, 25 Juni 2022 | 12:58 WIB

10 Destinasi Wisata Yang Menarik di Labuan Bajo

Kamis, 2 Juni 2022 | 08:08 WIB

Obyek Wisata Cunca Rami Masih Sepi

Jumat, 20 Mei 2022 | 14:40 WIB

Investor Diingatkan Jangan Tutup Akes Publik

Senin, 2 Mei 2022 | 00:46 WIB

Sektor Pariwisata Manggarai Barat Perlu Ditata

Sabtu, 23 April 2022 | 12:37 WIB

Manggarai Barat Jadi Wisata Bahari Internasional

Jumat, 22 April 2022 | 13:36 WIB
X