DPRD Manggarai Barat Dorong Pengelolaan Wisata Dioptimalkan

- Jumat, 8 April 2022 | 19:17 WIB
Ketua DPRD Manggarai Barat, Marthen Mitar
Ketua DPRD Manggarai Barat, Marthen Mitar

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Lembaga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Manggarai Barat mendorong Pemerinrah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat agar pengelolaan wisata harus terus dioptimalkan.

Kabupaten Manggarai Barat banyak memiliki berbagai potensi yang bisa dimanfaatkan dan dikembangkan, mulai dari keindahan alamnya, pertanian, perikanan, peternakkan hingga pariwisata.

Hal itu disampaikan oleh Ketua DPRD Manggarai Barat,Martinus Mitar kepada wartawan di Labuan Bajo, Sabtu (8/4/2022) siang.

Martinus Mitar menyampaikan, selama ini Pemkab Manggarai Barat terkesan belum serius mengurus sektor pariwisata. Itu dibuktikan belum optimal potensi wisata yang dimiliki oleh sejumlah desa di wilayah Manggarai Barat.

Ia mengungkapkan, terkait dengan desa wisata, selama ini Pemkab Manggarai Barat belum begitu optimal dalam membantu desa.

Terutama dalam supporting anggaranya,malah terkesan tidak ada campur tangan.Jika dalam tahap perencanaan dan penganggaran tidak ada bantuan, maka dalam pengelolaan juga tidak mungkin dapat terlibat dalam sharing pendapatan.

Baca Juga: Bupati Manggarai Barat Ajak Masyarakat Optimis Sambut Dampak Ekonomi KTT G20

Ia mengatakan, dari puluhan desa wisata di Kabupaten Manggarai Barat,hanya Tiga desa wisata saja yang selama ini sukses mengembangkan potensi sektor pariwisata. Seperti Desa Batu Cermin,Kecamatan Komodo, Desa Liang Ndara,Kecamatan Mbeliling dan Desa Coal di Kecamatan Kuwus Barat.

Ketiga desa itu telah memiliki homestay dan masyarakat pada Tiga desa itu telah mengelolah potensi wisata yang dimiliki sehingga berdampak pada peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat.

Marthen Mitar menjelaskan, dalam mengembangkan
desa wisata, hal utama yang harus dilakukan adalah mengubah mindshet masyarakat.

Pemkab Manggarai Barat harus memiliki program pendampingan dalam mengembangkan desa wisata dan itu terus dilakukan oleh Dinas Pariwisata. Berbagai keunggulan dari desa wisata tersebut juga terus dioptimalkan, misalkan atraksi, alam,budaya dan produk-produk kerajinan masyarakat desa atau ekonomi kreatif.

Ia meminta,Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Kebudayaan yang mengurus sektor parwisata agar secara terus menerus melakukan evaluasi tentang target pembangunan dan capaian.

Baca Juga: Pius Baut : Pariwisata Super Premium Sebagai Peluang

Proses tersebut harus dilakukan sebagai langkah untuk berbebani bersama dalam mengoptimalkan potensi wisata yang dimiliki oleh desa.

"Menarik minat investor ke Manggarai Barat tidaklah sulit asal pemetaan wilayah potensial sudah dilakukan.Pemkab Manggarai Barat harus melakukan rakor dan proses indetifikasi objek wisata, kita akan sisir semuanya sehingga bisa memetakan mana yang berpotensi untuk dikembangkan dan investasi sangat bisa dilakukan,"jelas Marthen Mitar.

Anggota DPRD Manggarai Barat, Pius Daru menyampaikan, kemajuan Kabupaten Manggarai Barat harus terus didukung oleh keinginan dan kerja keras seluruh perangkat daerah dan seluruh masyarakat.

Terkait program prioritas nasional yang saat ini sedang dicanangkan dan dikerjakan oleh Pemerintahan Jokowi yakni  pengembangan desa wisata dan desa digital harus didukung penuh oleh Pemkab Manggarai Barat.

Baca Juga: Puskesmas Rego Kekurangan Tenaga Kesehatan

Ia mengatakan, dalam mengembangkan sektor pariwisata ,maka Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Kebudayaan harus memiliki inovasi untuk mempermudah wisatawan dalam dan luar negeri, mengakses sejumlah info objek wisata unggulan di wilayah Manggarai Barat.

"Pemkab Manggarai Barat harus siapkan situs untuk wisatawan yang ingin mengunjungin objek wisata berupa foto dan video dokumentasi pendek, jadi wisatawan bisa memilih tempat wisata yang ingin dikunjungi sebelum berkunjung ke  Manggarai Barat," tegas Pius Daru.

Pius Daru meminta Pemkab Manggarai Barat agar pengelolaan wisata kuliner terus di kembangkan.
Pengelolaan potensi wisata diharapkan dapat mendukung kemajuan ekonomi masyarakat sekitar.Serta menjadi salah satu sektor penyumbang pendapatan asli daerah (PAD).

Baca Juga: Warga Minta Jalan Menuju Obyek Wisata Diperbaiki

Ia mengaku, PAD dari sektor wisata saat ini sangat  menurun, hal ini tentu disebabkan oleh Pandemi COVID-19, maka dari itu dirinya meminta kepada Pemkab Manggarai Barat kedepannya agar lebih jeli dalam melihat peluang PAD.

"Objek wisata yang ada di desa diwilayah Manggarai Barat sangat potensial untuk dikembangkan.Tinggal bagaimana potensi tersebut dapat dikelola secara baik dan maksimal oleh Pemkab Manggarai Barat,"tutur Pius Daru.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Dermaga di Kawasan TNK Perlu Diperhatikan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:19 WIB

Wisatawan Mulai Ramai Kunjungi Labuan Bajo

Sabtu, 25 Juni 2022 | 12:58 WIB

10 Destinasi Wisata Yang Menarik di Labuan Bajo

Kamis, 2 Juni 2022 | 08:08 WIB

Obyek Wisata Cunca Rami Masih Sepi

Jumat, 20 Mei 2022 | 14:40 WIB

Investor Diingatkan Jangan Tutup Akes Publik

Senin, 2 Mei 2022 | 00:46 WIB

Sektor Pariwisata Manggarai Barat Perlu Ditata

Sabtu, 23 April 2022 | 12:37 WIB

Manggarai Barat Jadi Wisata Bahari Internasional

Jumat, 22 April 2022 | 13:36 WIB
X