UMKM di Manggarai Barat Didorong Lakukan Transformasi Digital

- Kamis, 7 April 2022 | 17:06 WIB
Direktur Tata Kelola Ekonomi Digital, Selliane Halia Ishak didampingi Direktur Utama BOPLBF, Shana Fatina saat memberikan keterangan kepada media di Labuan Bajo  (victorynews.id/SATRIA)
Direktur Tata Kelola Ekonomi Digital, Selliane Halia Ishak didampingi Direktur Utama BOPLBF, Shana Fatina saat memberikan keterangan kepada media di Labuan Bajo (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Kementerian Pariwisata dan Ekomomi Kreatif (Kemenparekraf) mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), khususnya Kabupaten Manggarai Barat untuk melakukan transformasi digital melalui pemanfaatan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi secara produktif dalam memasarkan produk UMKM.

Sebagai bentuk dukungan kepada pelaku UMKM di daerah destinasi super premium Labuan Bajo, Kemenparekraf melalui Direktorat Tata Kelola Ekonomi Digital, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, meluncurkan Program Baparekraf Digital Innovation Lab (BEDIL) Tahun 2022, Kamis (7/4/2022) di Hotel La Prima Labuan Bajo.

Program BEDIL diluncurkan dalam rangka percepatan proses digitalisasi produk dan jasa sub sektor ekonomi kreatif serta bertransformasi digital.

Baca Juga: Warga Minta Jalan Menuju Obyek Wisata Diperbaiki

BEDIL memiliki bertujuan mendukung pertumbuhan dan perkembangan industri kreatif digital, memberikan mentoring tentang transformasi digital kepada pelaku ekonomi kreatif subsektor kriya, musik dan seni pertunjukan di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Labuan Bajo.

Serta mendukung penguatan ekosistem ekonomi digital di Indonesia melalui engagement dan on boarding pelaku ekraf ke dunia digital.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dalam sambutanya secara virtual menyampaikan, pihaknya memiliki tanggung jawab dalam penguatan ekonomi digital bagi pelaku UMKM di daerah DPSP Labuan Bajo dan daerah lainnya di seluruh wilayah Indonesia.

Transformasi digital dapat meningkatkan pendapatan lima kali lebih cepat ketimbang penggunaan metode konvensional. Kini terdapat 3,7 juta unit usaha yang terdigitalisasi setelah aksi afirmasi Bangga Buatan Indonesia diluncurkan oleh Presiden RI Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan, Progtam BEDIL akan berfokus pada pemberian pendampingan dan kelas mengenai bisnis fundamental, transformasi digital, dan pengelolaan bisnis digital.

Baca Juga: Petani Mulai Kesulitan Ketersedian Air Sawah

Dirinya berharap UMKM di Labuan Bajo dapat meningkatkan pendapatan dengan cara memasarkan produk melalui kanal digital yang ada, seperti media sosial, e-commerce, dan kanal digital lainnya.

Selain itu, para pelaku ekonomi kreatif NTT yang mengikuti Program BEDIL 2022 diharapkan dapat ikut serta berkontribusi dalam digitalisasi sektor UMKM di Indonesia.

"Saat ini terdapat 11,7 juta UMKM yang telah go digital dan diharapkan terus berkembang mengejar target pemerintah hingga akhir tahun 2023 menjadi 30 juta UMKM," harap Sandiaga Uno.

Direktur Tata Kelola Ekonomi Digital, Selliane Halia Ishak kepada wartawan berjanji akan bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk pemenuhan infrastruktur jaringan telekomunikasi di seluruh wilayah Manggarai Barat.

Baca Juga: Awasi WNA di Manggarai, Imigrasi Labuan Bajo Bangun Sinergitas Antar Instasi

Hal itu bertujuan agar pelaku Ekraf di seluruh desa di wilayah Manggarai Barat dapat memasarkan produk dengan sistem digital.

Ia menjelaskan, transformasi digital merupakan bagian proses dari tranformasi bisnis pelaku UMKM. Transformasi digital mampu meningaktakan kinerja dan mengubah cara binsis.
"Kita harap masyarakat memanfaatkan teknologi untuk pasarkan produk," harapnya.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Dermaga di Kawasan TNK Perlu Diperhatikan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:19 WIB

Wisatawan Mulai Ramai Kunjungi Labuan Bajo

Sabtu, 25 Juni 2022 | 12:58 WIB

10 Destinasi Wisata Yang Menarik di Labuan Bajo

Kamis, 2 Juni 2022 | 08:08 WIB

Obyek Wisata Cunca Rami Masih Sepi

Jumat, 20 Mei 2022 | 14:40 WIB

Investor Diingatkan Jangan Tutup Akes Publik

Senin, 2 Mei 2022 | 00:46 WIB

Sektor Pariwisata Manggarai Barat Perlu Ditata

Sabtu, 23 April 2022 | 12:37 WIB

Manggarai Barat Jadi Wisata Bahari Internasional

Jumat, 22 April 2022 | 13:36 WIB
X