Bupati Manggarai Barat Yakin Industri Pariwisata Bangkit Tahun 2022

- Minggu, 3 April 2022 | 15:05 WIB
Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi
Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi merasa yakin industri pariwisata di wilayah itu akan bangkit tahun 2022. Penataan destinasi wisata yang ada diseluruh wilayah Manggarai Barat sudah hampir rampung.

Edistasius Endi, Minggu (3/4/2022) mengatakan, hampir 100 persen masyarakat telah mendapatkan pelayanan vaksinasi COVID-19 dosis kedua. Saat ini, pemerintah daerah bersama kepolisian gencar melakukan vaksin booster kepada seluruh masyarakat.

Destinasi wisata yang ada di Kabupaten Manggarai Barat dipastikan nyaman untuk dikunjungi wisatawan.

Ia mengaku, semua orang saat ini ingin pergi berlibur ke semua objek wisata. Mengingat pada tahun 2021, seluruh warga Indonesia termasuk Kabupaten Manggarai Barat harus mengisolasi diri karena COVID-19.

Baca Juga: Desa Didorong Bentuk BUMDes

Ia mendorong industri pariwisata di Kabupaten Manggarai Barat untuk memasarkan destinasi wisata  untuk menarik wisatawan nusantara dan wisatawan asing ke Labuan Bajo. Persiapan dan strategi harus dipersiapkan sejak dini agar Manggarai Barat tidak kalah dari daerah lain di Indonesia.

Edi Endi menyampaikan, sektor pariwisata telah pulih secara bertahap. Diketahui, sektor pariwisata memang menjadi paling terdampak akibat pandemi Covid-19 sejak Tahun 2020-2021.

Sektor pariwisata sejak September 2021 mulai tumbuh dan bangkit karena pandemi Covid-19 mulai berkurang.

Ia menyampaikan, kebangkitan pariwisata juga didorong dan didukung oleh kejenuhan
masyarakat yang selama Dua tahun terbelenggu oleh pandemi Covid-19. Pandemi COVID-19 dipastiakan akan  berakhir, dirinya yakin kelompok masyarakat menengah atas akan keluar membanjiri daerah-daerah wisata yang ada di Labuan Bajo dan sekitarnya.

Ia mengaku, pemerintah daerah Manggarai Barat selama ini fokus  untuk pengembangan sektor pariwisata. Pada 2022 ini ,melalui dana pinjaman,hampir seluruh jalan menuju destinasi wisata tuntas dikerjakan.

Baca Juga: Pokdarwis Desa Coal Siap Penuhi Kebutuhan Rebok dan Kopi untuk Hotel di Labuan Bajo

Dalam rangka pemulihan ekonomi,pemerintah juga menyediakan program stimulus pariwisata yang diharapkan dapat mendukung kegiatan pariwisata.

Ia meyakini, sektor pariwisata di Kabupaten Manggarai Barat akan bangkit dan pulih tahun 2022 dengan dukungan dari banyak peran. Dukungan pemerintah pusat selama ini sangat besar untuk penataan destinasi wisata yanh ada di wilayah Manggarai Barat.

"Sektor pariwisata merupakan sektor yang sangat terdampak akibat pembatasan sosial guna mengurangi penyebaran COVID-19. Berbagai macam sektor mulai dari transportasi,industri kerajinan, perdagangan, hotel, dan restoran tidak berjalan.Kita yakin Tahun 2022 mendatang,sektor pariwisata mulai bangkit,"ujar Edi Endi.

Edi Endi mendorong masyarakat  agar memahami potensi pariwisata yang dimiliki untuk meningkatkan perekonomian di wilayahnya.

Masyarakat harus mulai pengembangan pariwisata yang dimiliki sehingga pada gilirannya dapat memasarkan potensi pariwisata yang ada di wilayah masing-masing.

Ia menginginkan masyarakat paham akan arti pentingnya pariwisata yang dapat dikelola menjadi sumber mata pencaharian.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat fokus membangun kesadaran masyarakat dalam peningkatan kesejahteraan melalui pembangunan swadaya masyarakat, untuk mendukung pengembangan pembangunan sektor jasa utamanya sektor pariwisata serta mengenalkan potensi pariwisata Kabupaten Manggarai Barat.

Baca Juga: Awasi WNA di Manggarai, Imigrasi Labuan Bajo Bangun Sinergitas Antar Instasi

Ia meminta meminta para pelaku pariwisata untuk bersiap. Salah satunya dengan memastikan penerapan protokol kesehatan (prokes) dilakukan dengan ketat.

Upaya meyakinkan masyarakat dalam berwisata dengan aman, di antaranya melalui penerapan aplikasi PeduliLindungi yang telah berjalan dengan baik.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Dermaga di Kawasan TNK Perlu Diperhatikan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:19 WIB

Wisatawan Mulai Ramai Kunjungi Labuan Bajo

Sabtu, 25 Juni 2022 | 12:58 WIB

10 Destinasi Wisata Yang Menarik di Labuan Bajo

Kamis, 2 Juni 2022 | 08:08 WIB

Obyek Wisata Cunca Rami Masih Sepi

Jumat, 20 Mei 2022 | 14:40 WIB

Investor Diingatkan Jangan Tutup Akes Publik

Senin, 2 Mei 2022 | 00:46 WIB

Sektor Pariwisata Manggarai Barat Perlu Ditata

Sabtu, 23 April 2022 | 12:37 WIB

Manggarai Barat Jadi Wisata Bahari Internasional

Jumat, 22 April 2022 | 13:36 WIB
X