Pokdarwis Desa Wisata Wae Lolos Didorong Buat Paket Menarik

- Senin, 14 Maret 2022 | 11:07 WIB
Anggota Pokdarwis Desa Wisata Wae Lolos sedang mendiskusikan pemgembangan wisata di wilayah itu (victorynews.id/SATRIA)
Anggota Pokdarwis Desa Wisata Wae Lolos sedang mendiskusikan pemgembangan wisata di wilayah itu (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Politeknik eLBajo Commodus mendorong Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Wae Lolos, Kecamatan Sano Nggoang,Kabupaten Manggarai Barat, NTT membuat paket wisata.

Paket wisata itu agar menarik makin banyak wisatawan untuk datang mengunjungi Desa Wae Lolos yang memiliki banyak destinasi wisata.

"Kami mendorong Pokdarwis Desa Wae Lolos untuk membuat paket wisata yang menarik. Sehingga nantinya akan berdampak pada tingkat kunjungan wisatawan ke Desa Wisata Wae Lolos," tutur Fitri Ciptosari, Dosen Politeknik eLBajo Commodus, Senin (14/3/2022).

Baca Juga: Atasi Kemiskinan Ekstrem, Menko Airlangga Bantu 4.000 PKL dan Nelayan di Manggarai Barat

Fitri Ciptosari mengatakan, Kampus Politeknik elBajo Commodus melakukan kegiatab pengabdian masyarakat di Desa Wae Lolos.

Kegiatan pengabdian itu bertujuan untuk peningkatan kapasitas Pokdarwis Desa Wisata Wae Lolos dalam mengemas potensi menjadi produk wisata siap jual.

Pengembangan desa wisata dengan penyiapan paket wisata yang menarik siap jual untuk menciptakan efek kunjungan wisata ke Desa Wae Lolos," jelasnya.

Baca Juga: 18 Paket Proyek Dana Pinjaman Mulai Dilelang

Ia mengatakan, untuk mengoptimalkan potensi pariwisata, Pokdarwis Desa Wae Lolos diberi pelatihan pemetaan potensi dan pengembangan homestay.Pada pertemuan selanjutnya akan mendiskusikan tema, produk dan paket wisata, serta strategi pemasarannya.

Fitri Ciptosari menjelaskan, dalam pengembangan desa wisata, Pokdarwis atau masyarakat adalah pihak yang paling mengetahui potensi desa yang dimiliki.

Selain itu, masyarakat desa merupakan aktor utama dari pengembangan desa wisata. Pihak akademisi adalah mitra strategis sebagai teman diskusi dan penyumbang ide dari upaya perencanaan tersebut.

Baca Juga: Edi Endi Ajak Semua Pegiat Pariwisata Bersinergi dan Berkolaborasi

Fitri Ciptosari mengatakan, yang menarik Paket wisata adalah memiliki potensi sektor pariwisata yang cukup besar yang tidak dimiliki oleh desa lainnya. Sehingga akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Wae Lolos.

Ia mendorong Pemerintah Desa Wae Lolos dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat untuk membimbing Pokdarwis agar mampu memajukan pariwisata.

Baca Juga: Kasasi Ditolak MA, Andi Rizky Tetap di Vonis 4 Tahun Penjara

Pokdarwis Wae Lolos juga diharapkan, dapat berperan memanfaatkan perkembangan wisata. Dengan adanya Pokdarwis dapat memberikan nilai positif perkembangan pariwisata di Desa Wae Lolos.

"Karena yang terpenting peran serta aktif seluruh masyarakat untuk menjaga dan memajukan pariwisata di Desa Wae Lolos,"kata Fitri Ciptosari.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Dermaga di Kawasan TNK Perlu Diperhatikan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:19 WIB

Wisatawan Mulai Ramai Kunjungi Labuan Bajo

Sabtu, 25 Juni 2022 | 12:58 WIB

10 Destinasi Wisata Yang Menarik di Labuan Bajo

Kamis, 2 Juni 2022 | 08:08 WIB

Obyek Wisata Cunca Rami Masih Sepi

Jumat, 20 Mei 2022 | 14:40 WIB

Investor Diingatkan Jangan Tutup Akes Publik

Senin, 2 Mei 2022 | 00:46 WIB

Sektor Pariwisata Manggarai Barat Perlu Ditata

Sabtu, 23 April 2022 | 12:37 WIB

Manggarai Barat Jadi Wisata Bahari Internasional

Jumat, 22 April 2022 | 13:36 WIB
X