Sektor Pariwisata Jadi Andalan Kecamatan Kuwus di Masa Depan

- Selasa, 1 Maret 2022 | 17:03 WIB
Pengunjung Spot wisata Porong Tedeng di Desa Coal, Kecamatan Kuwus saat menikmati pemandangan alam di wilayah itu. (victorynews.id/SATRIA)
Pengunjung Spot wisata Porong Tedeng di Desa Coal, Kecamatan Kuwus saat menikmati pemandangan alam di wilayah itu. (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Sejumlah obyek wisata yang berada di Kecamatan kuwus, Kabupaten Manggarai Barat, NTT akan menjadi andalan masyarakat di wilayah itu untuk peningkatan ekonomi.

Sektor pariwisata di Kecamatan Kuwus dipastikan akan menjadi andalan diwilayah itu pada masa mendatang.

Camat Kuwus, Gabriel Bagung, Selasa (1/3/2022) mengatakan, bentang alam Gunung Poso Kuwuh di Kecamatan Kuwus dan Kecamatan Kuwus Barat, menyimpan potensi wisata air terjun yang belum dikenal luas oleh pelaku pariwisata di Pulau Flores, khususnya Kabupaten Manggarai Barat.

Baca Juga: Masyarakat Harus Dilibatkan dalam Pengembangan Pariwisata

Gunung Poso Kuwuh merupakan gunung tertinggi di Kabupaten Manggarai Barat yang berada di Kecamatan Kuwus dan Kuwus Barat. Destinasi ini dapat membuka jalur treking.

Selain itu, Desa Wisata Coal Kecamatan Kuwus, wisatawan dapat menikmati keindahan alam, budaya, maupun karya kerajinan tangan, kuliner lokal hingga spot wisata buatan serta agrowisata kopi.

Ia mengaku, sangat optimis sektor pariwisata akan menjadi sektor andalan masyarakat Kuwus di masa depan, di samping sektor pertanian dan perkebunan.

Hal itu didukung oleh sejumlah obyek wisata di Kecamatan Kuwus dan kerajinan tangan produksi ibu rumah tangga di wilayah itu.

Gabriel Bagung merincikan, potensi wisata yang dikembangkan, yakni, wisata alam Porong Tedeng di Desa Coal, Gua alam di Dwsa Lewur, Obyek wisata Watu Pengang di Desa Compang Suka dan air terjun Cunca Durang di Kelurahan Nantal.

Keempat potensi itu yang menjadi sasaran pengembangan wisata di Kecamatan Kuwus.

Baca Juga: Bupati Mabar Dorong Industri Pariwisata Patuhi CHSE

Salah satu daya tarik di Desa Coal adalah Bukit Porong. Area ini memiliki spot foto dengan konsep kekinian yang tengaj mengetren di kalangan anak muda.

Di Bukit Porong, wisatawan dapat melihat pemandangan air terjun,sungai dan perkampungan warga yang berhiaskan area perbukitan dan hamparan sawah.

Baca Juga: Pelajar Terpapar COVID-19 di Kuwus Terus Bertambah, Sekolah Diminta Libur

Gabriel Bagung mengatakan, kekayaan objek wisata di Kecamatan Kuwus ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan mancanegara dan wisatawan domestik serta menjadi andalan di sektor pariwisata bagi masa depan masyarakat di wilayah itu.

Untuk itu yang perlu dilakukan adalah penataan objek-objek wisata, pembangunan dan peningkatan infrastruktur jalan menuju lokasi wisata, serta peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat setempat.

Baca Juga: Puluhan Pelajar di Kecamatan Kuwus Positif Covid-19

Halaman:

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Dermaga di Kawasan TNK Perlu Diperhatikan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:19 WIB

Wisatawan Mulai Ramai Kunjungi Labuan Bajo

Sabtu, 25 Juni 2022 | 12:58 WIB

10 Destinasi Wisata Yang Menarik di Labuan Bajo

Kamis, 2 Juni 2022 | 08:08 WIB

Obyek Wisata Cunca Rami Masih Sepi

Jumat, 20 Mei 2022 | 14:40 WIB

Investor Diingatkan Jangan Tutup Akes Publik

Senin, 2 Mei 2022 | 00:46 WIB

Sektor Pariwisata Manggarai Barat Perlu Ditata

Sabtu, 23 April 2022 | 12:37 WIB

Manggarai Barat Jadi Wisata Bahari Internasional

Jumat, 22 April 2022 | 13:36 WIB
X