Homestay Dukung Pengembangan Desa Wisata Liang Ndara

- Senin, 21 Februari 2022 | 15:58 WIB
Masyarakat Desa Liang Ndara saat pertunjukan atraksi budaya tarian Caci di Lapangan Sepak Bola Kampung Cecer, Desa Liang Ndara (victorynews.id/SATRIA)
Masyarakat Desa Liang Ndara saat pertunjukan atraksi budaya tarian Caci di Lapangan Sepak Bola Kampung Cecer, Desa Liang Ndara (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Homestay dan Desa Wisata Liang Ndara, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), NTT memiliki daya tarik tersendiri untuk memikat wisatawan. Tidak hanya dapat menikmati keindahan alam di Desa Liang Ndara. Wisatawan juga dapat berbaur dengan masyarakat desa.

Untuk terus mengembangkan pariwisata di Desa Wisata Liang Ndara, homestay menjadi salah satu aspek penunjang yang dimiliki masyarakat desa. Keberadaan homestay memiliki peran penting dalam memberikan pengalaman otentik kepada wisatawan yang berkunjung di Desa Wisata Liang Ndara.

Baca Juga: Pemkab Mabar Diminta Perhatikan Hak Buruh

Desa wisata Liang Ndara memiliki potensi daya tarik wisata yang dapat menarik pengunjung, berupa objek wisata Air Terjun, keindahan alam dan atraksi budaya manggarai.

Kepala Desa Liang Ndara, Karolus Vitalis Ikun, Senin (21/2/2022) mengatakan masyarakat Desa Liang Ndara kini memiliki homestay. Wisatawan yang berkunjung menonton atraksi tarian caci dapat menginap di homestay milik masyarakat Desa Liang Ndara.

Baca Juga: Puncak El Tari Puarlolo Tidak Terawat, Anggaran Ratusan Juta Rupiah Mubazir

Ia mengatakan, saat menginap di homestay, wisatawan akan diajak berbaur dengan masyarakat.
Di homestay itu,wisatawan juga dapat ikut dalam aktivitas kehidupan masyarakat Desa Liang Ndara. Misalnya, ikut menyiapkan hidangan untuk disantap bersama.

Melalui kegiatan itu, wisatawan dapat belajar soal kuliner setempat, mulai dari komposisi bumbu, lama memasak, alat apa saja yang digunakan, hingga menikmatinya," jelas Karolus.

Baca Juga: Air Terjun Wae Galang Jadi Obyek Wisata Andalan di Lembor

Karolus mengatakan, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat lewat homestay dan desa wisata terpenuhi. Keseriusan masyarakat Liang Ndara mengelola homestay desa wisata ini memang terbukti.

Masyarakat Desa Liang Ndara kompak dalam menjaga kelestarian lingkungan dan budaya asli.
Desa Wisata Liang Ndara merupakan desa yang kental akan adat dan budayanya. Wisatawan datang berkunjung ke Desa Liang Ndara ingin berinteraksi langsung dan mengenal atraksi budaya manggarai melalui tarian caci,"jelas Karolus.

Baca Juga: Menikmati Alam Desa Wisata Wae Lolos, Bisa Trekking dan Santai di Puncak Air Terjun

Menurutnya, kelompok sadar wisata akan melengkapi komponen penunjang wisata saat wisatawan menginap di homestay milik masyarakat Desa Liang Ndara. Mereka dapat menjadi penutur cerita dan pemandu wisata.

Jadi, homestay menjadi titik akomodasi dan tamu datang bukan sekadar menginap.

"Tamu bisa menemukan potensi asli daerah. Bisa sambil treking menuju obyek wisata Air terjun dan menyicipi makanan lokal karya masyarakat lokal Liang Ndara" tuturnya.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Dermaga di Kawasan TNK Perlu Diperhatikan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:19 WIB

Wisatawan Mulai Ramai Kunjungi Labuan Bajo

Sabtu, 25 Juni 2022 | 12:58 WIB

10 Destinasi Wisata Yang Menarik di Labuan Bajo

Kamis, 2 Juni 2022 | 08:08 WIB

Obyek Wisata Cunca Rami Masih Sepi

Jumat, 20 Mei 2022 | 14:40 WIB

Investor Diingatkan Jangan Tutup Akes Publik

Senin, 2 Mei 2022 | 00:46 WIB

Sektor Pariwisata Manggarai Barat Perlu Ditata

Sabtu, 23 April 2022 | 12:37 WIB

Manggarai Barat Jadi Wisata Bahari Internasional

Jumat, 22 April 2022 | 13:36 WIB
X