Sampah Masih Menjadi Masalah di Kawasan Taman Nasional Komodo

- Selasa, 8 Februari 2022 | 16:07 WIB
Anggota komunitas Platform Limbah Indonesia saat memungut sampah di Pulau Papagarang,Kawasan Taman Nasional Komodo (victorynews.id/SATRIA)
Anggota komunitas Platform Limbah Indonesia saat memungut sampah di Pulau Papagarang,Kawasan Taman Nasional Komodo (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Sampah di kawasan Taman Nasional Komodo (TNK), Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), NTT menjadi masalah yang selalu menjadi pekerjaan rumah untuk diselesaikan.

Partisipasi masyarakat yang bermukim dalam kawasan TNK untuk mengurus  sampah sangat rendah.

"Kontribusi sampah di laut dalam kawasan TNK berasal dari sampah rumah tangga dan sampah dari aktivitas wisata," kata Marta Muslin Tulis, Koordinator Platform Limbah Indonesia, Selasa, (8/2/2022) siang.

Baca Juga: Labuan Bajo Sudah Siap Sukseskan Side Event G20

Marta Tulis mengatakan, lembaganya telah menampung 20 ton sampah dari dalam kawasan TNK sejak pertengahan 2021 lalu. Sampah menjadi ancaman terbesar sektor pawisata di Labuan Bajo.

Sampah-sampah yang ada di kawasan TNK ini meliputi sampah botol air mineral, pakian dan sampah plastik. Sebagian ditemukan mengapung di laut dan sepajang pantai  dalam kawasan TNK.

Pegiat lingkungan itu mengatakan, kelestarian pariwisata Labuan Bajo harus terus dijaga sehingga tetap memiliki daya tarik bagi wisatawan dalam dan luar negeri.

Baca Juga: Camat Mbeliling Ingin Seluruh Desa jadi Desa Wisata

Upaya mengurangi sampah, terutama sampah plastik, harus segera dilakukan agar tidak mengancam berbagai potensi pariwisata tersebut.

Marta Tulis menuturkan, jumlah sampah di perairan Kawasan TNK akan bertambah banyak saat musim angin barat. Sampah-sampah dikeluhkan wisatawan ketika sedang diving.

Halaman:

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Dermaga di Kawasan TNK Perlu Diperhatikan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:19 WIB

Wisatawan Mulai Ramai Kunjungi Labuan Bajo

Sabtu, 25 Juni 2022 | 12:58 WIB

10 Destinasi Wisata Yang Menarik di Labuan Bajo

Kamis, 2 Juni 2022 | 08:08 WIB

Obyek Wisata Cunca Rami Masih Sepi

Jumat, 20 Mei 2022 | 14:40 WIB

Investor Diingatkan Jangan Tutup Akes Publik

Senin, 2 Mei 2022 | 00:46 WIB

Sektor Pariwisata Manggarai Barat Perlu Ditata

Sabtu, 23 April 2022 | 12:37 WIB

Manggarai Barat Jadi Wisata Bahari Internasional

Jumat, 22 April 2022 | 13:36 WIB
X