Pemprov NTT Dorong Peningkatan Ekonomi Pemandu Wisata Lokal

- Sabtu, 29 Januari 2022 | 16:11 WIB
Ket Foto, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT,Zeth Sony Libing (Dok.Victorynews.id)
Ket Foto, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT,Zeth Sony Libing (Dok.Victorynews.id)

VICTORY NEWS, MANGGARAI BARAT-Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Setda NTT mendorong peningkatan pendapatan Pemandu wisata lokal di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar). 

Sebagai bentuk dukungan keberadaan pemandu wisata lokal di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Pemprov NTT berencana mengeluarkan kebijakan pembatasan keterlibatan pemandu wisata luar daerah NTT untuk beraktifivitas di wilayah NTT,lebih khususnya Labuan Bajo, Manggarai Barat

Pemprov NTT mewajibkan wisatawan untuk mengunakan jasa pemandu lokal di Labuan Bajo ketika berkunjung ke destinasi wisata yang ada di wilayah Kabupaten Mabar dan sekitarnya.

Hal itu bertujuan untuk meningkatkan pendapatan ekonomi pemandu wisata lokal yang berada di Labuan Bajo. 

Baca Juga: Menparekraf Ajak UMKM Lokal di Labuan Bajo Jadi Lokomotif Kolaboratif

Dikutip dari victorynews.id dengan judul Wisatawan wajib pakai pemandu wisata-lokal, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT, Zeth Sony Libing mengatakan, dalam waktu dekat, Pemprov NTT berencana akan menerapkan peraturan dan kebijakan yang mengatur pemakaian jasa pemandu wisata lokal ketika mengunjungi destinasi wisata yang berada di wilayah Kabupaten Manggarai Barat dan daerah lainnya di wilayah NTT. Semua kapal wisata yang beroperasi di perairan Labuan Bajo wajib melibatkan pemandu wisata lokal bersertifikat.

Apabila wisatawan yang berkunjung di destinasi wisata di Kabupaten Manggarai Barat tidak menggunakan pemandu wisata lokal maka pemerintah daerah tidak mengizinkan wisatawan tersebut masuk ke destinasi wisata.

Baca Juga: Jaringan 5G Layani Lokasi Acara G20

Sony Libing menegaskan travel agent luar yang masuk ke Labuan Bajo harus bekerjasama dengan travel agent lokal resmi di Kabupaten Manggarai Barat.Selain itu,kantor agen perjalanan wisata luar Kabupaten Manggarai Barat harus menggunakan pemandu lokal selama berjalannya tour wisata.

Pemandu wisata lokal yang ada di Labuan Bajo kata Sony Libing memiliki sertifikat resmi sebagai pemandu wisata.Selain itu,pemandu wisata lokal yang ada di Kabupaten Manggarai Barat mengetahui secara detail tentang destinasi wisata di Manggarai Barat,baik kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) maupun destinasi wisata yang berada di luar kawasan TNK.

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Obyek Wisata Cunca Rami Masih Sepi

Jumat, 20 Mei 2022 | 14:40 WIB

Investor Diingatkan Jangan Tutup Akes Publik

Senin, 2 Mei 2022 | 00:46 WIB

Sektor Pariwisata Manggarai Barat Perlu Ditata

Sabtu, 23 April 2022 | 12:37 WIB

Manggarai Barat Jadi Wisata Bahari Internasional

Jumat, 22 April 2022 | 13:36 WIB

Kecamatan Kuwus Gali Potensi Wisata

Selasa, 22 Februari 2022 | 17:08 WIB

Homestay Dukung Pengembangan Desa Wisata Liang Ndara

Senin, 21 Februari 2022 | 15:58 WIB
X