Dukung Tilang Elektronik, Pelat Nomor Kendaraan Diganti Warna Putih

- Minggu, 30 Januari 2022 | 20:40 WIB
 Pelat Kendaraan Perseorangan Diganti Warna Putih.  (Dok.PikiranRakyat.com)
Pelat Kendaraan Perseorangan Diganti Warna Putih. (Dok.PikiranRakyat.com)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT-Guna mendukung pelaksanaan tilang elektronik, maka Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau pelat nomor kendaraan akan diganti berwarna putih.

Dengan demikian, pelat kendaraan yang dulunya berwarna hitam akan diganti dengan warna dasar putih.

Hal ini dilakukan sesui dengan Peraturan Polri (Perpol) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi (Regident) Kendaraan Bermotor.

Hal ini dibenarkan Direktur Registrasi dan Identifikasi (Regident) Korps Lalu Lintas (Korlantas Polri), Brigjen Pol Yusri Yunus, seperti dikutip dari suaramerdeka.com, dengan judul 'Pelat kendaraan perseorangan akan diganti warna putih. Ini alasannya.

Baca Juga: Jelang Pemilu 2024, KPU NTT Siap Verifikasi Parpol

Penggantian menjadi pelat nomor kendaraan warna putih, menurut Yusri Yunus, salah satunya untuk memudahkan dan mendukung sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) hingga parkir elektronik. Dimana hal ini akan mulai diberlakukan pada tahun 2022.

Namun masyarakat tidak bisa datang dan meminta secara langsung untuk mengganti pelat nomornya, tetapi ketentuan akan ditetapkan setelah masa TNKB habis dan berlaku bagi mereka yang membeli kendaraan baru.

Yusri Yunus mengatakan peralihan dari warna hitam ke putih akan disertakan pemasangan chip atau Radio Frequency Identification (RFID).

Baca Juga: TKk Angkasa, Gapura dan Plaza Lanud El Tari Kupang Diresmikan

Pemasangan chip ini digunakan agar kepolisian dapat mengetahui dan mengecek data penindakan dan bukti pelanggaran dari tiap pelat nomor kendaraan.

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Terkini

Dorong Kebangkitan Ekonomi,Kemenparekraf Gandeng IMI

Senin, 31 Januari 2022 | 08:01 WIB

Salah Pilih BBM Bikin Mesin Kendaraan Macet

Sabtu, 29 Januari 2022 | 18:10 WIB

Mini Klasik Bermigrasi Jadi Mobil Listrik

Jumat, 28 Januari 2022 | 16:35 WIB
X