Gubernur Viktor Laiskodat Dorong Desa Warloka Pesisir Jadi Percontohan Kampung Nelayan

- Sabtu, 5 Februari 2022 | 20:01 WIB
Gubernur NTT,Viktor Bungtilu Laiskodat sedang memberikan sambutan ketika bertemu masyarakat Desa Warloka Pesisir (victorynews.id/SATRIA)
Gubernur NTT,Viktor Bungtilu Laiskodat sedang memberikan sambutan ketika bertemu masyarakat Desa Warloka Pesisir (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) mendorong Desa Warloka Pesisir di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) menjadi percontohan untuk Kampung Nelayan.

Hal itu bisa terjadi karena letak Desa Warloka Pesisir merupakan wilayah yang memiliki potensi sektor perikanan dan kelautan yang sangat besar. Serta didukung oleh potensi sektor pariwisata.

Baca Juga: Viktor Laiskodat Dorong Role Model Mengurus Sektor Perikanan

"Desa Warloka Pesisir ini daerah yang sangat indah. Namun keindahanya belum dikerjakan dengan baik, sehingga tidak menarik untuk dilihat,"tegas Viktor Bungtilu Laiskodat dalam acara Model Kampung Nelayan Binaan Nahdlatul Ulama (NU) di Desa Warloka Pesisir,Sabtu (5/2/2022) sore.

Viktor Laiskodat mengatakan, Desa Warloka Pesisir akan di desain dengan baik, infrastruktur jalan,listrik dan dermaga akan ditata. Hal itu bertujuan agar Desa Warloka Pesisir menjadi desa pencontohan bagi Kampung nelayan di Indonesia.

Baca Juga: Harlah NU ke 96, Muda- Mudi Katolik di Labuan Bajo Nyanyi Lagu Syubbanul Wathon

Ia menginginkan, Desa Warloka Pesisir menjadi contoh desa yang beradapan maju. Desa Warloka Pesisir di desain agar wisatawan yang mengunjungi Desa Warloka Pesisir merasa kagum dengan desain Desa Warloka Pesisir.

"Desa ini, jika dibangun dengan baik,akan menjadi desa terbaik di Indonesia. Di Desa Warloka Pesisir nantinya akan ada pariwisata,akan ada restorant terbaik dan sistem perdagangan ikan yang baik. Itu semua akan dibangun dalam ekosistem,"ujar Viktor Laiskodat.

Baca Juga: Warga Boleng Masih Kesulitan Sinyal

Viktor Laiskodat mengatakan, saat ini dirinya sedang fokus membangun sebuah beradapan Maritim. Untuk mendesain Desa Warloka Pesisir, perlu kolaborasi dengan Pemerintah Pusat (Pempus), Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mabar.

Kekayaan laut yang sangat luar biasa dimiliki di Perairan Labuan Bajo tidak boleh ditambal. Perlu memiliki desain yang bagus untuk kembali menata wilayah pesisir di Labuan Bajo.

Baca Juga: PBNU Dorong Pemerintah Perhatikan Kesejahteraan Nelayan

"Semua tempat di Desa Warloka Pesisir harus di desain lagi. Warga harus rela rumahnya dibongkar untuk kemudian di desain dengan bentuk baru,"tegas Viktor Laiskodat.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya,Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Haeru Rahayu berjanji akan berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah NTT untuk mendesain kampung nelayan Desa Warloka Pesisir. Dirinya berjanji akan berkoordinasi dengan sejumlah kementerian untuk membangun fasilitas kesehatan, pendidikan dan penerangan listrik.

Ia mengaku, Desa Warloka Pesisir perlu ditata denga serius. Masih banyak fasilitas umum di Desa Warloka Pesisir yang harus segera dipenuhi, seperti dermaga, listrik dan air bersih harus dipenuhi.

Baca Juga: Nelayan di Kecamatan Komodo Keluhkan Sulitnya Dapat BBM

Haeru mengatakan, KKP telah melakukan kerjasama dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) untuk program Kampung Nelayan. Program Kampung nelayan itu nantinya bertujuan untuk peningkatan ekonimi masyarakat di Desa Warloka Pesisir.

"Ini menjadi program yang tak terpisahkan, agar orientasi untuk meningkatkan ekonomi dari sektor kelautan dan perikanan juga dilandasi dengan kesadaran pentingnya pengelolaan ekologi dan kesehatan laut," jelas Haeru.***


Editor: Gerasimos Satria

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menteri Nadiem Makarim Beri Beasiswa untuk Nono

Sabtu, 28 Januari 2023 | 14:14 WIB

Pemkab Diajak Cegah Bahaya Penyakit Rabies

Kamis, 9 Juni 2022 | 17:26 WIB

Potensi Perikanan NTT Capai 491.000 Ton Pertahun

Senin, 25 April 2022 | 19:25 WIB

DPD Demokrat NTT Minta Masukan dan Doa Dari Ulama

Kamis, 17 Februari 2022 | 22:29 WIB

Hironimus Taolin Tiga Kali Mangkir Dipanggil Jaksa

Selasa, 8 Februari 2022 | 19:25 WIB

Jelang Pemilu 2024, KPU NTT Siap Verifikasi Parpol

Minggu, 30 Januari 2022 | 20:23 WIB
X