Wapres Ma'ruf Amin Dorong Perserta AIWW Serius Atasi Masalah Ketersedian Air Bersih

- Senin, 14 Maret 2022 | 16:44 WIB
Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'aruf Amin saat memberi sambutan pada Asia Internasional Water Week (AIWW) di Labuan Bajo-NTT (victorynews.id/SATRIA)
Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'aruf Amin saat memberi sambutan pada Asia Internasional Water Week (AIWW) di Labuan Bajo-NTT (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, Ma'ruf Amin mendorong peserta rapat The 2nd Asia Internasional Water Week (AIWW) untuk serius membahas masalah ketersedian air bersih.

Salah satu isu yang mengemuka dan membutuhkan perhatian di tingkat internasional adalah ketersedian air bersih.

Indonesia merupakan salah negara yang mengalami masalah air yang kompleks. MIliaran orang di dunia masih belum memiliki akses berkelanjutan air bersih.

Baca Juga: Kapolda NTT Jamin Keamanan Side Event G20 di Labuan Bajo

" Dari sekian banyak pembahasan tentang air, pada kesempatan kali ini saya akan mengaris bawahi salah satu isu yang mengemuka dan membutuhkan perhatian yang serius adalah ketersedian air bersih," ujar Ma'ruf Amin dalam sambutanya pada rapat AIWW di Labuan Bajo,Kabupaten Manggarai Barat,Senin (14/3/2022).

Ma'ruf Amin meminta para peserta AIWW untuk fokus pada isu seputar permasalahan air yang merupakan kebutuhan vital dalam kehidupan manusia saat ini.

Menurut dia, pertumbuhan penduduk yang terus meningkat setiap tahunnya berdampak pada kebutuhan air yang terus bertambah untuk menunjang kehidupan.

Kebutuhan air dengan pertumbuhan penduduk yang terus naik, akan berdampak pada kebutuhan air lebih dari dua kali lipat dengan periode sebelumnya.

Baca Juga: Atasi Kemiskinan Ekstrem, Menko Airlangga Bantu 4.000 PKL dan Nelayan di Manggarai Barat

Sementara, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, Pemerintah turut menyelesaikan persoalan air di Asia melalui AIWW yang dilaksanakan di Labuan Bajo 14-16 Maret 2022 mendatang.

Dalam acara AIWW, pemangku kepentingan dan pakar terkait yang merupakan anggota dan calon anggota the Asia Water Council (AWC) berkumpul berbagi wawasan serta pengalaman untuk mengembangkan rancangan kegiatan yang akan berkontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan di Asia.

Ia berharap acara ini dapat menjadi jalan positof untuk mengembangkan tongkat kerjasama yang lebih kuat di antara anggota AWC dalam masalah yang berhubungan dengan air.

Baca Juga: 18 Paket Proyek Dana Pinjaman Mulai Dilelang

Selain itu, dengan berbagai masalah air yang diprioritaskan masing-masing negara, anggota AWC dapat mengembangkan rencana aksi nyata untuk mencapai komitmen the Asia Water Ministries Meeting.

"Saya optimis bahwa Pekan Air Internasional Asia ke-2 akan menghasilkan rekomendasi kebijakan berkualitas tinggi dan rencana aksi yang dapat diterapkan dengan garis waktu yang jelas yang akan berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan di Asia,"turup Airlangga.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

X