Masyarakat Manggarai Barat Diminta Kawal Dana Desa

- Selasa, 6 Desember 2022 | 20:05 WIB
Ketua DPRD Manggarai Barat, Marthen Mitar saat bertemu masyarakat Desa Compang Longgo (victorynews.id/SATRIA)
Ketua DPRD Manggarai Barat, Marthen Mitar saat bertemu masyarakat Desa Compang Longgo (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat mendorong masyarakat di seluruh desa di wilayah itu untuk mengawal penggunaan dana desa setiap tahun. Hal itu bertujuan agar dana desa bermanfaat bagi pembangunan infrastruktur pada masing-masing desa. Selain itu,agar kepala desa tidak melakukan penyelewengan dana desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) Kabupaten Manggarai Barat, Malikael Nurdin, Selasa (6/12/2022) mengatakan Pemerintah Pusat menggelontorkan ratusan juta dana desa bertujuan untuk pembangunan infrastruktur dan pengembangan ekonomi masyarakat pada di desa. Sehingga pembangunan infrastruktur tidak boleh dikerjakan oleh pihak ketika.

Pengerjaan infrastruktur dengan sumber dana desa harus dikerjakan oleh masyarakat yang ada di desa. Material bangunan proyek dana desa juga harus bersumber dari masyarakat yang ada di desa.

Baca Juga: Kolo Ted'du  Alat Masak Tradisional Dari Bambu

Ia mengatakan, material proyek dana desa didatangkan dari luar desa,jika masyarakat desa tersebut tidak memiliki material bangunan. Dalam pengerjaan proyek infrastruktur pada masing-masing desa seluruh masyarakat harus aktif terlibat. Dengan terlibatnya masyarakat dalam pengerjaan proyek infrastruktur di desa maka dapat dipastikan proyek yang bersumber dari dana desa itu berkualitas baik dan sangat bermutu.

Dirinya mendorong, masyarakat di desa agar aktif memberitahukan kepada Pemkab Mabar jika menemukan terjadi kejanggalan pengelolahan dana desa.Masyarakat juga harus aktif mengikuti rapat tentang pengelolahan dama desa setiap tahun. Proyek yang dibangun harus benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat pada desa tersebut. Sehingga para kepala desa harus terbuka kepada masyarakat tentang pengelolahan dana desa.

"Masyarakat harus kawal realisasi dana desa yang terus meningkat setiap tahun.Masyarakat tidak boleh menjadi penonton saja,harus terlibat dalam pengerjaan pembangunan proyek dana desa itu," ujar Melkior Nurdin.

Baca Juga: Delapan Prioritas Pembangunan Manggarai Barat 2023

Sementara, Ketua DPRD Manggarai Barat, Marthen Mitar mengatakan, salah satu pengawasan yang bisa dilakukan masyarakat adalah berpartisipasi aktif dalam musyawarah di tingkat desa. Setiap masyarakat mempunyai hak untuk ikut serta menentukan penganggaran dan alokasi dana desa

Selain mengikuti musyawarah desa, masyarakat juga bisa melaporkan langsung tindakan penyalahggunaan dana desa yang terjadi. Laporan penyalagunaan dana desa dapat dilaporkan ke aparat penegak hukum dan Pemkab Manggarai Barat.Laporan masyarakat tentang penyalagunaan dana desa nantinya akan direspon secepatnya.

Halaman:

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Kapolres Manggarai Barat dan Anak Buahnya Berdamai

Sabtu, 28 Januari 2023 | 16:32 WIB

Anggota PPS Harus Netral dan Objektif

Rabu, 25 Januari 2023 | 14:03 WIB

507 PPS Dilantik, Diminta Langsung Tancap Gas

Selasa, 24 Januari 2023 | 10:24 WIB

Kapal Wisata Tenggelam di Labuan Bajo

Sabtu, 21 Januari 2023 | 18:46 WIB

Masyarakat Diminta Siaga Potensi Bencana

Sabtu, 21 Januari 2023 | 12:18 WIB
X