Delapan Prioritas Pembangunan Manggarai Barat 2023

- Selasa, 6 Desember 2022 | 19:12 WIB
Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi (victorynews.id/SATRIA)
Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi (victorynews.id/SATRIA)
VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat menetapkan 8 agenda prioritas pembangunan  serta 7 arah dan kebijakan pembangunan setempat Tahun 2023. Semua ini tetap siiring dengan program Pemerintah Pusat (Pempus) dan Pemerintah Provinsi NTT, karena pembangunan dari pusat hingga daerah mesti sinergis.
 
Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi, Selasa (6/12/2022) menyampaikan, kedepan prioritas tersebut, pertama, peningkatan kualitas dan kinerja akuntabilitas tenaga kependidikan, tenaga kesehatan, dan sumber daya manusia (SDM) aparatur untuk peningkatan pelayanan publik.
 
Kedua, peningkatan aksesibilitas pelayanan pendidikan dan kesehatan melalu penyediaan sarana dan prasarana yang adil dan proposional di setiap wilayah.Ketiga, perluasanan layanan kesehatan melalu penyediaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) tipe A dan kepesertaan jaminan kesehatan.
 
 
Keempat, perluasan kesempatan kerja yang reponsif gender melalu peningkatan kemitraan dengan semua komponen atau stakeholder.
 
Kelima, pengembangan ekonomi masyarakat melalu peningkatan produktivitas pertanian yang berorientasi pasar, peningkatan investasi, pengembangan usaha koperasi, industri rumahan dan usaha kecil menengah (UKM) berbasis potensi local dalam rangka mewujudkan ketahanan dan keamanan pangan.
 
Keenam, pengembangan pariwisata berbasis masyarakat melalu penataan kawasan dan amenitas pariwisata. Ketujuh, pengembangan dan peningkatan infrastruktur wilayah melalu penyediaan aksesibilitas kota kabupaten ke kecamatan, antar kecamatan, fasilitas publik (fasilitas kesehatan/faskes, pendidikan, dan destinasi pariwisata) dan penataan kota Labuan Bajo.
 
Kedelapan, peningkatan perlibatan masyarakat dan pembangunan, kepedulian social, kerukunan umat beragama, ketaatan dalam hukum dan kearifan lokal.
 
 
Sedangkan arah dan kebijakan pembangunan daerah Manggarai Barat 2023 ada tujuh. Pertama, pendidikan diarahkan pada perluasan dan pemerataan akes pendidikan, seperti PAUD, pendidikan dasar dan menengah. Serta, peningkatan mutu yang berdaya saing, budaya baca, pembinaan olahraga dan pemuda yang berkompetensi mendapat kesempatan kerja. 
 
Kedua, kesehatan diarahkan pada budaya hidup sehat, pemenuhan akses pelayanan kesehatan dasar dan rujukan yang berkualitas, penurunan AKI, AKB, AKABA, peningkatan kesehatan ibu dan anak, remaja dan lansia, pemerataan dan kualitas farmasi, alat kesehatan dan peningkatan sarana dan prasarana RSUD Komodo. 
 
Ketiga, kesejahteraan diarahkan dengan meningkatkan kesempatan kerja, meningkatkan peran perempuan, perlindungan perempuan, anak, dan kelompok marginal serta penurunan angka kemiskinan.
 
 
Keempat, pembangunan ekonomi diarahkan untuk peningkatan daya saing berbasis agriwisata dan agribisnis, memanfaatkan sumber daya , yang tersedia, penerapan IPTEK bidang pertanian, hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan, kehutanan, peningkatan ketahanan dan keamanan pangan, kemandirian kelembagaan petani, peningkatan peran koperasi, usaha mikoro, kecil dan menengah, penguatan investasi, pengelolaan usaha pariwisata daerah dan peningkatan PAD.
 
Kelima, infrastruktur daerah diarahkan pada pengeloloaan sumber daya (SDM dan SDA), penataan ruang terpadu, infrastruktur dasar, pemukiman dan perumahan, sanitasi, aksesibilitas dan kualitas prasarana jalan/jembatan pada sentra produksi pertanian/ perkebunan, dari kabupaten ke kecamatan, antar kecamatan, pemenuhan kebutuhan elektrifikasi dan pembinaan pertambangan, perluasan infrastruktur menuju fasilitas publik sekolah, rumah sakit, obyek wisata dan infrastruktur perkotaan Labuan Bajo
 
Keenam, kapasitas kelembagaan dan ASN, pelayanan publik berbasis teknologi dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan yang ramah diarahkan pada peningkatan kompetensi ASN, pelayanan publik yang responsive, tepat waktu, tepat sasaran. 
 
 
Ketujuh, kesadaran hukum, politik, budaya dan partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan diarahkan pada sosilisasi UU, Perda, Perbup, peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. 
 
Prioritas dan arah pembangunan Manggarai Barat 2023 ini, lanjut Edi Endi, tetap berjalan sinergis dengan 9 agenda prioritas nawa cita, stategis pembangunan nasional dan prioritas pembangunan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Kapolres Manggarai Barat dan Anak Buahnya Berdamai

Sabtu, 28 Januari 2023 | 16:32 WIB

Anggota PPS Harus Netral dan Objektif

Rabu, 25 Januari 2023 | 14:03 WIB

507 PPS Dilantik, Diminta Langsung Tancap Gas

Selasa, 24 Januari 2023 | 10:24 WIB

Kapal Wisata Tenggelam di Labuan Bajo

Sabtu, 21 Januari 2023 | 18:46 WIB

Masyarakat Diminta Siaga Potensi Bencana

Sabtu, 21 Januari 2023 | 12:18 WIB
X