Desa Wisata Butuh Koneksi Internet

- Minggu, 4 Desember 2022 | 18:28 WIB
Ketua DPRD Manggarai Barat, Marthen Mitar saat melaksanakan reses di salah Kampung Daleng Desa Persiapan Watu Wohe, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat (victorynews.id/SATRIA)
Ketua DPRD Manggarai Barat, Marthen Mitar saat melaksanakan reses di salah Kampung Daleng Desa Persiapan Watu Wohe, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Ketua DPRD Manggarai Barat, Marthen Mitar mendorong pemerintah pusat untuk penuhi kebutuhan akses internet dan teknogi digital bagi seluruh masyarakat desa wisata.

Ciri pembangunan desa wisata maju saat ini di antaranya akses internet dan teknologi digital bagi masyarakat desa.Desa-desa wisata dapat memanfaatkan jaringan internet untuk mempromosikan potensi desanya.

"Saat ini pembangunan desa dan kawasan perdesaan tidak bisa terlepas dari teknologi. Sarana dan prasarana internet merupakan satu cara untuk menguatkan bisnis secara online di kawasan perdesaan," kata Marthen Mitar, Minggu (4/12/2022) sore.

Baca Juga: Warga Desa Tondong Belang Kini Menikmati Akses Internet

Ia mengatakan, pentingnya peran infrastruktur telematika di desa wisata. Sebab, menurut dia, sekarang eranya pembangunan harus menjadikan masyarakat desa itu sendiri sebagai pelaku dan penggerak utama dari pertumbuhan kawasan perdesaan.

Marthen Mitar mengingatkan, agar desa-desa bisa menjadi desa digital dan desa wisata. Tentunya pemasangan akses internet desa diharap mendukung desa wisata menjadi desa digital maupun desa wisata.

Ia berharap, keberadaan akses internet desa menunjang perangkat desa menggunakan layanan urusan pemerintah desa. Sebab sebagian layanan urusan pemerintahan desa sudah berbasis aplikasi dan harus terhubung jaringan internet.

Baca Juga: Tingkatkan Ekonomi Petani Desa Inerie, LPPM ITB Hibahkan Lemari Pengering Buah

Selain itu, desa juga dapat memanfaatkan mempromosikan potensi desa yang dapat dijual. Sebagai contoh produk unggulan BUMDes maupun potensi wisata yang akan dijual bisa dipromosikan melalui website resmi desa maupun jejaring sosial.

"Dengan dukungan Dinas Komunikasi dan Informasi, desa-desa wisata bisa meningkat statusnya menjadi berkembang. Dan tentunya meningkat ekonomi dan kesejahteraan masyarakatnya,"harap Marthen Mitar.***

Halaman:

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Kapolres Manggarai Barat dan Anak Buahnya Berdamai

Sabtu, 28 Januari 2023 | 16:32 WIB

Anggota PPS Harus Netral dan Objektif

Rabu, 25 Januari 2023 | 14:03 WIB

507 PPS Dilantik, Diminta Langsung Tancap Gas

Selasa, 24 Januari 2023 | 10:24 WIB

Kapal Wisata Tenggelam di Labuan Bajo

Sabtu, 21 Januari 2023 | 18:46 WIB

Masyarakat Diminta Siaga Potensi Bencana

Sabtu, 21 Januari 2023 | 12:18 WIB
X