Wakil Bupati Manggarai Janji Perhatikan Infrastruktur Jalan ke Liang Bua

- Kamis, 1 Desember 2022 | 18:05 WIB
Wakil Bupati Manggarai, Heribertus Ngabut
Wakil Bupati Manggarai, Heribertus Ngabut

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Wakil Bupati Manggarai, Heribertus Ngabut, Kamis (1/12/2022) berjanji akan memperhatikan infrastruktur jalan menuju destinasi wisata Liang Bua di Desa Beo Kina, Kecamatan Rahong Utara. Pasalnya, salah satu destinasi wisata unggulan itu belum terlalu diperhatikan penanganannya jalan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai selama ini.

Ia menjelaskan, destinasi wisata Liang Bua masuk kategori juara Satu sebagai situs sejarah terpopuler dalam acara malam Anugerah Pesona Indah (API) Award yang diadakan di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat tahun 2021 lalu. Namun yang menjadi kendala selama ini adalah akses jalan menuju obyek wisata Liang Bua sangat memperihatinkan, sehingga berdampak pada tingkat kunjungan wisatawan ke destinasi wisata Liang Bua.

Ia berjanji,  bersama Bupati Manggarai, Heri Nabit berkomitmen untuk menata seluruh destinasi wisata yang ada di Kabupaten Manggarai, termasuk infrastruktur jalan menuju obyek wisata Liang Bua. Anggaran untuk membangun jalan ke obyek wisata Liang Bua akan dianggarkan pada Tahun 2023 mendatang.

Baca Juga: Cari Atlet Berbakat, Kempo Manggarai Barat Buka Dojo di Politeknik eLBajo Commodus

Heri Ngabut mengaku, salah satu gua yang menjadi andalan pariwisata Ruteng yaitu Gua Liang Bua yang ada di Dusun Rampasasa.Liang Bua merupakan situs peninggalan dari zaman prasejarah dan telah banyak dikunjungi serta dijadikan tempat penelitian oleh peneliti dalam maupun luar negeri.

Ia meminta, Dinas Pekerjaan Umum untuk merancang secara teknis terkait biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan jalan menuju destinasi wisata Liang Bua. Mengurus jalan ke Liang Bua tidak bisa ditunda lagi. Akses jalan yang lebih baik dan layak untuk destinasi wisata dunia itu menjadi pekerjaan rumah besar untuk Pemkab  Manggarai hari-hari ke depan ini.

Heri Ngabut mengaku, infrastruktur jalan menuju destinasi wisata menjadi perhatian yang serius.
Harus akui bahwa infrastruktur pendukung pariwisata di Manggarai masih buruk, disamping aspek kesehatan dan higienitas, dukungan infrastruktur jalan dan listrik  serta masalah kelestarian lingkungan.

Baca Juga: ‎Edi Endi: Kepala Desa Baru Jangan Korupsi

"Pengembangan wisata Liang Bua harus didukung dengan akses jalan yang memadai. Dipastikan jalan menuju destinasi wisata Liang Bua dibangun tahun 2023 mendatang. Pembangunan jalan diharapkan mendukung sektor pariwisata manggarai," harapnya.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Kapolres Manggarai Barat dan Anak Buahnya Berdamai

Sabtu, 28 Januari 2023 | 16:32 WIB

Anggota PPS Harus Netral dan Objektif

Rabu, 25 Januari 2023 | 14:03 WIB

507 PPS Dilantik, Diminta Langsung Tancap Gas

Selasa, 24 Januari 2023 | 10:24 WIB

Kapal Wisata Tenggelam di Labuan Bajo

Sabtu, 21 Januari 2023 | 18:46 WIB

Masyarakat Diminta Siaga Potensi Bencana

Sabtu, 21 Januari 2023 | 12:18 WIB
X