Ruas Jalan Labuan Bajo-Ruteng Rawan Longsor

- Selasa, 29 November 2022 | 17:43 WIB
Kepala Dinas Bina Marga,Bina Konstruksi dan Perhubungan Kabupaten Manggarai Barat,Yosep Suhandi (victorynews.id/SATRIA)
Kepala Dinas Bina Marga,Bina Konstruksi dan Perhubungan Kabupaten Manggarai Barat,Yosep Suhandi (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Memasuki musim hujan, ruas jalan negara Labuan Bajo-Ruteng di Kabupaten Manggarai Barat sering terjadi longsor. Hal itu disebabkan struktur tanah yang kurang bagus dan ulah masyarakat yang sering mengambil material pasir dan batu dipingir jalan pada jalur itu.

Kepala Dinas Bina Marga Bina Konstruksi dan Perhubungan Kabupaten Manggarai Barat, Yosep Sehandi, Selasa (29/11/2022) menyampaikan, setiap tahunnya ada Tiga titik ruas jalan yang menjadi langganan longsor disaat musim hujan. Tiga titik ruas yang longsor itu yakni di Kampung Nter Kecamatan Satar Mese Barat perbatasan Kabupaten Manggarai dan  Manggarai  Barat, ruas jalan di Bambor Kecamatan Sano Nggoang dan ruas jalan di Melo Kecamatan Mbeliling.

Ia menyampaikan, untuk mengatasi masalah kemacetan akibat tanah longsor pada jalan transflores itu,pemerintah daerah bersama PPK Jalan Negara Labuan Bajo-Ruteng telah menyiapkan alat berat dan tenaga untuk membersihkan material.Apalagi  jumlah kendaraan pada jalan Labuan Bajo-Ruteng pada musim akhir tahun ini semakin meningkat.

Baca Juga: Warga Desa Nampar Macing Butuh Air Bersih

"Kita perhatikan secara khusus tiga ruas itu.Sejumlah titik lainnya yang rawan longsor  sudah diperbaik dan dibangun tembok pengaman.Kita mengharapkan dimusim hujan tahun ini tidak ada longsor,"ujar Yos Sehandi.

Yos Sehandi menghimbau, para pengguna jalan nasional yang melintas di arah Labuan Bajo - Ruteng atau sebaliknya, harus berhati-hati dengan longsoran yang terjadi di beberapa titik.Apalagi disaat musim hujan seperti bulan Desember dan Januari 2023 mendatang.

Curah hujan yang intensitasnya cendrung meningkat saat ini,Kemungkinan bisa menyebabkan bertambahnya titik longsoran pada ruas jalan Labuan Bajo-Ruteng.

Ia juga meminta, masyarakat Nter di Kecamatan Satar Mese Barat agar tidak lagi mengambil material batu dipingir jalan pada jalur Nter.Pasalnya, seringnya longsor pada jalur itu disebabkan oleh s warga setempat mengali tebing untuk mengambil material batu. Sehingga,saat musim hujan tiba,jalur itu mudah runtuh.

Baca Juga: Warga Teong Toda Perbaiki Jalan yang Rusak Parah

Wakil Bupati Manggarai Barat,Yulianus Weng menghimbau, masyarakat agar berhati-hati disaat musim hujan. Pasalnya saat ini rawan terjadinya bencana alam.Baik angin puting beliung maupun longsor. Dirinya mengimbau warga yang melintasi jalan nasional transflores untuk mengantisipasi kemungkinan longsor akibat hujan deras.

Halaman:

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Kapolres Manggarai Barat dan Anak Buahnya Berdamai

Sabtu, 28 Januari 2023 | 16:32 WIB

Anggota PPS Harus Netral dan Objektif

Rabu, 25 Januari 2023 | 14:03 WIB

507 PPS Dilantik, Diminta Langsung Tancap Gas

Selasa, 24 Januari 2023 | 10:24 WIB

Kapal Wisata Tenggelam di Labuan Bajo

Sabtu, 21 Januari 2023 | 18:46 WIB

Masyarakat Diminta Siaga Potensi Bencana

Sabtu, 21 Januari 2023 | 12:18 WIB
X