Warga Desa Nampar Macing Butuh Air Bersih

- Selasa, 29 November 2022 | 17:22 WIB
Warga Desa Nampar Macing dan Golo Leleng saat menimba air di Sungai Wae Longge (victorynews.id/SATRIA)
Warga Desa Nampar Macing dan Golo Leleng saat menimba air di Sungai Wae Longge (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Warga Desa Nampar Macing, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat membutuhkan sarana air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Kami sangat membutuhkan bantuan dari pemerintah, utamanya sarana air bersih," kata Ambros Gabus, Warga Desa Nampar Macing, Selasa (29/11/2022).
 
Menurut Ambros, Warga Desa Nampar Macing, untuk memenuhi kebutuhan air minum pada musim kemarau harus mengambil air sungai yang jaraknya hampir 2 kilometer. Disaat musim hujan, sungai Wae Mese sudah tercemar, warga terpaksa mengunakan air hujan.
 
Ia menjelaskan, sejumlah warga pernah mencoba membuat jaringangan air secara swadaya dari sungai. Namun, tidak bertahan lama karena volume air di musim kemarau berkurang.
 
 
"Sudah bertahun-tahun kami mengidamkan air bersih, saat ini memang ada tapi sangat jauh dan hanya ada satu sumber air," kata Ambros.
 
Warga lainnya, Hendrikus Janu mengaku, 
beberapa proyek air bersih yang sudah terlaksana, di wilayah Desa Nampar Macing dari pemerintah daerah juga belum  
mampu untuk mengkover seluruh kebutuhan masyarakat di Desa Nampar Macing.
 
Beberapa solusi yang ditawarkan oleh pemerintah daerah Manggarai Barat, juga tidak dapat menyelesaikan permasalahan air bersih di Desa Nampar Macing.
 
Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, warga terpaksa membeli air kemasan. Sementara untuk mandi dan mencuci, mereka harus pergi ke sungai yang jaraknya cukup jauh dari rumah mereka.
 
 
"Makanya kami sangat berharap agar distribusi air bersih terus dilakukan pemerintah selama musim kemarau. Ini penting dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Karena selama ini kami hanya mengandalkan air sungai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, bahkan untuk mandi kami terpaksa ke sungai yang cukup jauh,” tutur Hendrikus.***
 

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Kapolres Manggarai Barat dan Anak Buahnya Berdamai

Sabtu, 28 Januari 2023 | 16:32 WIB

Anggota PPS Harus Netral dan Objektif

Rabu, 25 Januari 2023 | 14:03 WIB

507 PPS Dilantik, Diminta Langsung Tancap Gas

Selasa, 24 Januari 2023 | 10:24 WIB

Kapal Wisata Tenggelam di Labuan Bajo

Sabtu, 21 Januari 2023 | 18:46 WIB

Masyarakat Diminta Siaga Potensi Bencana

Sabtu, 21 Januari 2023 | 12:18 WIB
X