VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- KPU Kabupaten Manggarai Barat, NTT siap merekrut sebanyak 60 badan ad hoc Panitia Pemilihan kecamatan (PPK) dan 507 Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada Pemilu 2024.
Komisioner KPU Kabupaten Manggarai Barat, Krispianus Bheda, Sabtu (12/11/2022) mengatakan, kebutuhan badan ad hoc PPK dan PPS akan bertugas di 12 kecamatan dan 169 desa/kelurahan di wilayah Manggarai Barat.
"PPK dan PPS akan kita rekrut untuk menjadi penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan dan desa/kelurahan," katanya.
Ia menyatakan, pendaftaran dan tahapan seleksi badan ad hoc PPK dan PPS diperkirakan akan dimulai pada pekan ketiga bulan November 2022.
Kris Bheda menerangkan, kebutuhan PPK dan PPS di kabupaten Manggarai Barat tersebar di 12 kecamatan dan 169 desa/kelurahan.
"Lima orang per kecamatan di kalikan 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Manggarai Barat, kemudian jumlah PPS yang akan bertugas di desa/kelurahan untuk 169 desa/kelurahan sebanyak 507 orang nanti akan kita rekrut," jelasnya.
Ia menyampaikan, pendaftaran badan ad hoc kali ini tidak lagi offline atau ke Kantor KPU Manggarai Barat, namun secara daring lewat aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA).
Baca Juga: UPN Veteran Yogyakarta Dorong Transformasi Digital UMKM di Labuan Bajo
Untuk itu, KPU Manggarai Barat mengimbau, agar mereka yang berminat menjadi penyelenggara ad hoc baik PPK maupun PPS menyiapkan akun surel sebagai satu-satunya akses untuk masuk ke aplikasi SIAKBA.
Ia menambahkan, terkait aplikasi SIAKBA setiap pendaftar diminta menyiapkan berkas dan administrasi yang dibutuhkan untuk diunggah di situs tersebut, seperti KTP, Ijazah pendidikan terakhir, dan pas foto, termasuk mengisi riwayat hidup, surat pernyataan, surat pendaftaran, dan kelengkapan administrasi lainnya.***
Untuk itu, KPU Manggarai Barat mengimbau, agar mereka yang berminat menjadi penyelenggara ad hoc baik PPK maupun PPS menyiapkan akun surel sebagai satu-satunya akses untuk masuk ke aplikasi SIAKBA.
Ia menambahkan, terkait aplikasi SIAKBA setiap pendaftar diminta menyiapkan berkas dan administrasi yang dibutuhkan untuk diunggah di situs tersebut, seperti KTP, Ijazah pendidikan terakhir, dan pas foto, termasuk mengisi riwayat hidup, surat pernyataan, surat pendaftaran, dan kelengkapan administrasi lainnya.***