3 Pasien Masih Dirawat, Kasus DBD di Manggarai Barat Mulai Menurun

- Selasa, 18 Oktober 2022 | 16:06 WIB

VICTORYNEWS MANGGARAI BARAT-Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Manggarai Barat sudah mulai menurun. Bahkan hingga memasuki minggu ketiga Oktober 2022, tersisa 5 pasien DBD yang masih dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Komodo.

"Padahal pada bulan September jumlah penderita DBD di Kabupaten Manggarai Barat mencapai 42 kasus, kemudian menurun menjadi 35 kasus pada bulan Oktober." ujar Adrianus Ojo, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat, Selasa (18/10/2022) siang.

Baca Juga: DPD NasDem Manggarai Barat Siapkan Tobias Wanus Maju di Pileg 2024

“Jumlah kasus DBD sejak bulan Januari sampai dengan 18 Oktober 2022 sebanyak 425 kasus, total jumlah warga yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 419 orang” ujarnya.

Ia mengatakan, untuk pencegahan DBD, Dinas Kesehatan melakukan surveilans ketat dan Penyelidikan epidemiologi jika ada kasus guna segera menemukan penderita lain dan meminimalisir faktor resiko yang dapat menyebabkan terjadinya DBD, dari Puskesmas juga melakukan pemantauan jentik secara berkala ke rumah-rumah warga, sehingga progres angka Bebas Jentik Kabupaten Manggarai Barat sudah meningkat secara signifikan. Dan memberikan edukasi atau penyuluhan tentang bahaya penyakit DBD dan cara mencegahnya.

Baca Juga: Pemkab Manggarai Barat Komit Turun Prevalensi Stunting

Adrianus Ojo mengaku, upaya pencegahan lainnya, memberikan edukasi tentang cara melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) terintegrasi dengan gerakan 3M Plus.

Menurunnya kasus DBD, dengan berbagai langkah antisipasi dan pencegahan yang dilakukan Pemkab Manggarai Barat melalui Dinas Kesehatan. Dirinya menghimbau kepada masyarakat untuk hidup sehat yang salah satunya melakukan gotong royong massal membersihkan lingkungan.

Baca Juga: KPU Manggarai Barat Verifikasi Faktual Kepengurusan 8 Parpol

"Kita bersyukur kasus DBD ini dapat ditekan. Fogging pada lokasi-lokasi kasus memang fokus kita lakukan," kata Adrianus Ojo.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Edi Endi: Pers Komponen Penting Memajukan Daerah 

Kamis, 9 Februari 2023 | 16:10 WIB

Lelang Puluhan Mobil Dinas, 17 Unit Tak Laku

Selasa, 7 Februari 2023 | 18:49 WIB

PKD Kecamatan Komodo Diminta Jaga Profesionalitas 

Senin, 6 Februari 2023 | 20:02 WIB

20 PKD Diminta Jaga Integritas

Senin, 6 Februari 2023 | 17:55 WIB

Terpopuler

X