Musim Hujan Tiba, warga diminta Waspada Penyakit Manular

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 17:12 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat, Paulus Mami
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat, Paulus Mami

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Manggarai Barat mengingatkan masyarakat wajib mewaspadai berbagai macam penyakit menular yang datang saat musim hujan.

“Pada saat musim penghujan, diingatkan warga masyarakat waspada penyakit menular. Tetap menjaga kebersihan dan menerapkan protokol kesehatan. Jika mengalami gejala dan sakit yang tak kunjung sembuh segera berobat ke pusat pelayanan kesehatan terdekat,” kata Paulus Mami, Kepala Dinkes Kabupaten Manggarai Barat, Minggu (2/10/2022) sore.

Menurutnya, di daerah yang sering dilanda banjir ada penyakit yang ditularkan lewat binatang dan ada juga yang diakibatkan oleh kebersihan lingkungan yang kurang.

Penyakit diare, penyakit kulit berupa infeksi, alergi, dan penyakit yang mengganggu saluran pencernaan seperti tifoid berkaitan erat dengan kebersihan lingkungan.

Baca Juga: Warga Keluhkan Jalan di Desa Wae Sano Dipenuhi Kubangan

“Saat banjir, ketersediaan air bersih biasanya terbatas, baik untuk kebutuhan minum maupun sanitasi, dan kebersihan makanan yang kurang terkontrol menjadi faktor potensial terkena penyakit-penyakit tersebut,” jelas Paulus Mami.

Sedangkan Demam Berdarah Denque, Leptospirosis, dan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) merupakan penyakit yang dibawa dan ditularkan melalui binatang.

“Demam berdarah merupakan momok yang patut diwaspadai setiap saat musim hujan, karena akan terdapat genangan air dan memicu berkembang biaknya nyamuk Aedes Aegypti,” tegasnya.

Paulus Mami menjelaskan, untuk Leptospirosis disebabkan oleh bakteri leptospira dan ditularkan melalui tikus lewat air kencing. Selanjutnya penyakit ISPA disebabkan oleh bakteri, virus dan berbagai mikroba lainnya.

Baca Juga: Tidak Ada Pungutan Liar Kepada Pengunjung di Bandara Udara Komodo

“Untuk mencegah berbagai macam penyakit saat musim hujan, masyarakat diharapkan senantiasa menjaga perilaku hidup bersih dan sehat, makan yang baik dan bersih, istirahat yang cukup dan melakukan cuci tangan dengan sabun setelah melakukan aktivitas, serta senantiasa menjaga kenbersihan lingkungan,” jelasnya.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Masyarakat Manggarai Barat Diminta Kawal Dana Desa

Selasa, 6 Desember 2022 | 20:05 WIB

Kolo Ted'du  Alat Masak Tradisional Dari Bambu

Selasa, 6 Desember 2022 | 19:52 WIB

Delapan Prioritas Pembangunan Manggarai Barat 2023

Selasa, 6 Desember 2022 | 19:12 WIB

Desa Wisata Butuh Koneksi Internet

Minggu, 4 Desember 2022 | 18:28 WIB

Pemkab Manggarai Timur Bersih- Bersih THL

Jumat, 2 Desember 2022 | 07:21 WIB

‎Edi Endi: Kepala Desa Baru Jangan Korupsi

Rabu, 30 November 2022 | 18:09 WIB

Ruas Jalan Labuan Bajo-Ruteng Rawan Longsor

Selasa, 29 November 2022 | 17:43 WIB

Warga Desa Nampar Macing Butuh Air Bersih

Selasa, 29 November 2022 | 17:22 WIB

692 Orang Melamar jadi PPK di Kabupaten Manggarai

Selasa, 29 November 2022 | 09:59 WIB
X