Pemkab Manggarai Barat Diminta Perbaiki Jalan Rusak Berat

- Jumat, 30 September 2022 | 07:54 WIB
Ruas jalan Jalur utara kecamatan Macang Pacar Kabupaten Manggarai Barat. (victorynews.id/SATRIA)
Ruas jalan Jalur utara kecamatan Macang Pacar Kabupaten Manggarai Barat. (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat,NTT diminta untuk serius memperhatikan infrastruktur jalan disejumlah desa di wilayah itu. Pasalnya hingga saat ini sejumlah jalur jalan belum diaspal. Bahkan sejumlah jalan yang baru dikerjakan tidak bertahan lama.

Warga Kecamatan Pacar, Doroteus Janu, Jumat (30/9/2022) mengatakan, ruas jalan kabupaten di Kecamatan Pacar hampir tidak diperhatikan oleh Pemkab Manggarai Barat. Hal itu dibuktikan dengan jumlah pengerjaan proyek peningkatan jalan di Kecamatan Kuwus yang bersumber APBD II sangat minim.

Padahal infrastruktur jalan yang bagus dan berkualitas merupakan satu-satunya kebutuhan masyarakat pada belasan desa di Kecamatan Pacar.

Baca Juga: Jalan Poros Utara Terancam Putus

Ia mengaku infrastruktur jalan yang sangat bagus menuju desa tentu akan membantu meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.Dimana, hasil komoditi pertanian dapat dijual pada pusat kota, seperti Labuan Bajo.

Selain itu, masyarakat desa akan mengembangkan tanaman holtikultura. Hal tersebut tentu harus didukung oleh infrastruktur jalan yang bagus dan berkualitas menuju obyek wisata.

Doroteus berharap, ada keseriusan Pemkab  Manggarai Barat untuk memperbaiki jalan menuju antardesa untuk mendukung sektor pertanian. Apalagi sektor pertanian juga sebagai leading sektor pembangunan di Manggarai Barat.

Baca Juga: Masyarakat Ndoso Keluhkan Masalah Pertanian

Kerusakan jalan yang ada di Kecamatan Pacar mengakibatkan tarif transportasi ojek naik. Serta biaya transportasi kendaraan angkutan umum menuju Ruteng, Kabupaten Manggarai juga cukup tinggi hampir Rp 120.000.

Sementara, Pelaku pariwisata di Kabupaten  Manggarai Barat, Stanislau Stan juga mendorong Pemkab  Manggarai Barat untuk serius dan fokus menata pariwisata dan pertanian di Manggarai Barat. Dua sektor itu sangat mendukung untuk mengsejaterahkan masyarakat Mabar. Selama ini jalan menuju obyek wsiata sangat buruk.

Sehingga pelaku pariwisata di Manggarai Barat kurang mengahantar wisatawan ke lokasi obyek wisiata tersebut. Hal itu dipengaruhi oleh tidak tertata dengan baiknya  dan jalan yang buruk menuju obyek wisata yang ada di Manggarai Barat.

Baca Juga: Warga Keluhkan Kondisi Ruas Jalan Tiwu Riwung

"Alangkah  baiknya Pemkab Manggarai Barat segera memberi prioritas pada pembangunan infrastruktur menuju obyek wisata yang ada di desa. Hal itu bertujuan agar pelaku pariwisata akan menghantar wisatawan kelokasi obyek wisata desa,” ujar Stanis Stan.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Edi Endi: Pers Komponen Penting Memajukan Daerah 

Kamis, 9 Februari 2023 | 16:10 WIB

Lelang Puluhan Mobil Dinas, 17 Unit Tak Laku

Selasa, 7 Februari 2023 | 18:49 WIB

PKD Kecamatan Komodo Diminta Jaga Profesionalitas 

Senin, 6 Februari 2023 | 20:02 WIB

20 PKD Diminta Jaga Integritas

Senin, 6 Februari 2023 | 17:55 WIB
X