Pendaftaran Panwascam di Manggarai Barat Resmi Dibuka, Diharap Ada Keterwakilan Perempuan

- Rabu, 21 September 2022 | 08:46 WIB
Komisioner Bawaslu Manggarai Barat,Eduardus Dundu
Komisioner Bawaslu Manggarai Barat,Eduardus Dundu

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Manggarai Barat mulai hari ini, Rabu (21/9/2022) membuka pendaftaran dan penerimaan berkas Calon Anggota Panitia Pengawas Pemilu tingkat Kecamatan (Panwascam).

Calon anggota Panwascam kali ini, harapannya ada keterwakilan kaum perempuan.

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi Bawaslu Manggarai Barat, Eduardus Ndundu, Rabu (21/9/2022) mengatakan, pendaftaran dan penerimaan berkas pendaftaran calon peserta Panwascam telah resmi dibuka hingga 27 September 2022 mendatang. Pada Pemilu 2024 kali ini, berharap ada banyak keterwakilan dari kaum perempuan.

Baca Juga: Bawaslu Manggarai Barat rekrut Panwascam Pemilu serentak 2024

Ia menjelaskan, dalam pelaksanaan rekrutmen akan memperhatikan keterwakilan perempuan, karena ini merupakan affirmative action dalam penyelenggaraan Pemilu.

Artinya, keterwakilan perempuan untuk calon harus ada dan apabila kurang, maka seleksi akan diperpanjang selama tujuh hari sesuai kalender.

"Kita memperhatikan keterwakilan perempuan, kalau sesuai undang-undang seyogyanya 30 persen. Jadi apabila sampai tanggal 27 September tidak ada perempuan yang mendaftar, maka kita akan perpanjang 7 hari kerja,”ujarnya.

Untuk persyaratan calon anggota Panwaslu Kecamatan di antaranya Warga Negara Indonesia, pada saat pendaftaran berusia paling rendah 25 tahun. Kemudian setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.

Baca Juga: Ruas Jalan Menuju Obyek Wisata Buruk

Selain itu, mempunyai integritas, berkepribadian yang kuat, jujur, dan adil. Tidak pernah menjadi anggota Partai Politik atau telah mengundurkan diri dari keanggotaan partai politik, sekurang-kurangnya 5 tahun pada saat pendaftaran. Kemudian berdomisili di wilayah Kabupaten Manggarai Barat yang bersangkutan dengan bukti Kartu tanda Penduduk (KTP) Elektronik.

Edu Ndundu mengatakan, untuk syarat lain seperti kesehatan bisa terlampir surat keterangan sehat jasmani yang dikeluarkan oleh Puskesmas atau RSUD.

Selain itu, calon peserta harus memiliki kemampuan dan keahlian yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu, ketatanegaraan, kepartaian, dan pengawasan pemilihan, serta sejumlah persyaratan lainnya.

Untuk seleksinya, lanjut Eduardus, dari 12 kecamatan di Kabupaten Manggarai Barat akan terpilih 36 calon atau 3 orang di tiap kecamatan, dengan pendaftar calon Panwascam harapannya minimal sebanyak 6 peserta setiap kecamatan.

Baca Juga: Bawaslu Manggarai Barat Temukan Ribuan Anggota Parpol Ganda

Ia menambahkan, pengiriman dokumen pendaftaran secara langsung ke Sekretariat Bawaslu Kabupaten Manggarai Barat di Labuan Bajo.

"Saya berharap anggota Panwaslu Kecamatan yang terpilih nantinya merupakan orang yang mempunyai dedikasi tinggi, profesional dan berintegritas dalam melaksanakan tugas pengawasan semua tahapan Pemilu 2024 nantinya," kata Edu Ndundu.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Warga Pantar Resah Tambang di Sungai

Selasa, 4 Oktober 2022 | 13:18 WIB

Upaya Cegah Stunting, Beri Perhatian Khusus Ibu Hamil

Minggu, 2 Oktober 2022 | 18:47 WIB

Dana Desa Bisa Dimanfaatkan untuk Tangani Stunting

Minggu, 2 Oktober 2022 | 18:16 WIB

Petani Keluhkan Kelangkaan Pupuk Bersubsidi

Minggu, 2 Oktober 2022 | 11:26 WIB

Tim Satgas DBD Fokus Fogging

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 17:56 WIB

Laut di Kawasan TNK Dipenuhi Sampah

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 16:55 WIB

Produksi Padi di Persawahan Lembor Terancam Menurun

Jumat, 30 September 2022 | 17:06 WIB
X