Bawaslu Manggarai Barat rekrut Panwascam Pemilu serentak 2024

- Senin, 19 September 2022 | 10:14 WIB
Komisioner Bawaslu Manggarai Barat,Eduardus Dundu
Komisioner Bawaslu Manggarai Barat,Eduardus Dundu

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Manggarai Barat,NTT merekrut 36 anggota Panwas Kecamatan untuk Pemilu serentak pada 2024.

Komisioner Bawaslu Manggarai Barat, Eduardus Ndundu, Senin (19/9/2022) mengatakan, ke 36 orang anggota Panwas Kecamatan untuk 12 kecamatan. 

"Setiap kecamatan memiliki tiga orang anggota Panwascam," katanya. 

Ia mengatakan, rekrutmen Panwaslu Kecamatan mengacu pada Keputusan Bawaslu Republik Indonesia Nomor 314/HK.01.00/09/2022 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Dalam Pemilu Serentak 2024.

Baca Juga: Bawaslu Manggarai Barat Temukan Ribuan Anggota Parpol Ganda

Ini terbuka kesempatan bagi warga Manggarai Barat yang memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri sebagai calon anggota Panwaslu Kecamatan.
 
"Masyarakat dapat mengakses informasi pengumuman pendaftaran calon anggota Panwascam melalui pengumuman pendaftaran di laman Bawaslu Manggarai Barat, media sosial, Sekretariat Bawaslu Manggarai Barat di Labuan Bajo, dan tempat yang strategis setiap kantor kecamatan se-Manggarai Barat," kata Edu Ndundu.

Edu Ndundu menambahkan, pengumuman pendaftaran memuat tentang persyaratan dan kelengkapan syarat pendaftaran, waktu, tempat, serta saluran komunikasi yang dapat dihubungi.

Bagi masyarakat yang ber KTP Manggarai Barat dan ingin bergabung sebagai Panwaslu Kecamatan Pemilu 2024, serta memenuhi persyaratan sesuai ketentuan Undang-undang, bisa mempersiapkan diri ketika nanti sudah dibuka pendaftaran mulai pada 21 sampai 27 September 2022 mendatang.

Baca Juga: ASN Diminta Netral Pada Pilkades

Terkait dengan penerimaan berkas pendaftaran calon anggota Panwaslu Kecamatan, dapat diantarkan langsung ke sekertariat Bawaslu Manggarai Barat di Labuan Bajo.Seluruh hardcopy dokumen pendaftaran dan paling lambat diterima oleh pokja pada hari terakhir pendaftaran yang dikirimkan ke alamat Sekretariat Bawaslu Manggarai Barat.

"Saya mengimbau agar lebih dini mempersiapkan diri dan pengetahuan untuk menghadapi tahapan seleksi tes tertulis dan tes wawancara nantinya. Tes tertulis rekrutmen Panwaslu Kecamatan untuk Pemilu 2024 ini akan dilaksanakan dengan sistem online," kata Edu Ndundu. 

Ia menjelaskan, dalam pelaksanaan rekrutmen akan memperhatikan keterwakilan perempuan, karena ini merupakan affirmative action dalam penyelenggaraan Pemilu. 

Artinya, keterwakilan perempuan untuk calon harus ada dan apabila kurang, maka seleksi akan diperpanjang selama tujuh hari sesuai kalender. 

Baca Juga: Nelayan Keluhkan Kenaikan BBM

Setelah itu, pendaftar harus dua kali kebutuhan atau minimal enam orang setiap kecamatan dan apabila kurang, seleksi diperpanjang. 

"Saya berharap anggota Panwaslu Kecamatan yang terpilih nantinya merupakan orang yang mempunyai dedikasi tinggi, profesional dan berintegritas dalam melaksanakan tugas pengawasan semua tahapan Pemilu 2024 nantinya," kata Edu Ndundu.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Warga Pantar Resah Tambang di Sungai

Selasa, 4 Oktober 2022 | 13:18 WIB

Upaya Cegah Stunting, Beri Perhatian Khusus Ibu Hamil

Minggu, 2 Oktober 2022 | 18:47 WIB

Dana Desa Bisa Dimanfaatkan untuk Tangani Stunting

Minggu, 2 Oktober 2022 | 18:16 WIB

Petani Keluhkan Kelangkaan Pupuk Bersubsidi

Minggu, 2 Oktober 2022 | 11:26 WIB

Tim Satgas DBD Fokus Fogging

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 17:56 WIB

Laut di Kawasan TNK Dipenuhi Sampah

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 16:55 WIB

Produksi Padi di Persawahan Lembor Terancam Menurun

Jumat, 30 September 2022 | 17:06 WIB
X