Perumda Air Minum Wae Mbeliling Pastikan Kebutuhan Air Aman

- Jumat, 16 September 2022 | 11:10 WIB
Direktur Perumda Air Minum Wae Mbeliling, Aurelius Endo (victorynews.id/SATRIA)
Direktur Perumda Air Minum Wae Mbeliling, Aurelius Endo (victorynews.id/SATRIA)

VICTORY NEWS MANGGARAI BARAT- Perusahan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Wae Mbeliling memastikan ketersedian air untuk masyarakat dan hotel berbintang di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat selama beberapa bulan kedepan aman.

Direktur Perumda Air Minum Wae Mbeliling, Aurelius Endo mengatakan, kondisi kebutuhan air yang terjadi di Labuan Bajo tidak mengalami masalah dan semua sistem berjalan dengan baik yang mana produksi air untuk Kota Labuan Bajo mencapai 745 liter perdetik. sedangkan untuk kecamatan lainnya, pihaknya masih mengupayakan perbaikan yang mana 100 liter perdetik tersebut belum bisa dioptimalkan kembali pasca musim kemarau.

Ia mengatakan, sedikitnya 11 hotel besar di Labuan Bajo selama ini menjadi pelanggan PDAM Wae Mbeliling. Rata-rata setiap bulannya hotel tersebut membutuhkan 744 meter kubik air. Selama ini, Perumda Air Minum Wae Mbeliling selalu memenuhi kebutuhan air bersih pada belasan hotel tersebut di Labuan Bajo.

Baca Juga: Pembangunan Jalan Dan Jembatan Jadi Prioritas

Ia mengaku, PDAM Wae Mbeliling akan memenuhi kebutuhan air bersih bagi ribuan tamu IMF-Bank Dunia yang akan berkunjung ke Labuan Bajo. Pihaknya juga telah menyaipakan volume air pada resevoar yang tersedia di Labuan Bajo untuk pemenuhan kebutuhan air bersih.Selain itu,sejumlah mobil tangki juga telah disiapkan untuk menyalur air ke sejumlah tempat penginapan,jika hotel tersebut membutuhkan air bersih.

Selain untuk kebutuhan hotel,Perumda Air Minum Wae Mbeliling juga siap memenuhi kebutuhan air bagi pelangan di Labuan Bajo. Saat ini Perumda Air Minum Wae Mbeliling serius membenah jaringan air yang lama sehingga pasokan air ke pelanggan di Labuan Bajo berjalan lancar.

Bagi masyarakat Labuan Bajo yang tidak masuk dalam pelanggan Perumda Air Minum Wae Mbeliling,pihaknya juga menyiapkan air curah bagi kendaraan penjual yang membutuhkan air,'' jelas Aurelius Endo

Baca Juga: Warga Minta Bangun Terminal Dalam Kota Labuan Bajo

Aurelius Endo mengatakan, ada 6 mobil Pic up milik Perumda Air Minum Wae Mbeliling dengan antara 1.100 liter – 1.500 liter yang dioperasikan Perumda Air Minum Wae Mbeliling untuk jualan air bagi yang bukan pelanggan dan pelanggan yang berkebutuhan di atas standar kebutuhan dasar.Akan tetapi, pelayanan terhadap para pelanggan yang terdaftar tetap menjadi tugas utama Perumda Air Minum Wae Mbeliling juga termasuk pelayanan bersifat sosial namun dengan mematuhi semua syarat dan ketentuan yang berlaku.

Karena yang diutamakan adalah kebutuhan dasar air bersih masyarakat yakni 60 liter per orang per hari. Sementara kebutuhan ekstra seperti siram tanaman akan bisa dipenuhi namun harus diatur melewati mekanisme pendaftaran, bukan main serobot.

Kepala Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat, Pius Baut
mengaku, wisatawan menginap diseluruh hotel yang ada di Labuan Bajo. Sehingga sangat penting agar kebutuhan air bersih terpenuhi pada setiap hotel. Dirinya juga mengapresiasi kepada Perumda Air Minum Wae Mbeling yang selalu intens membenah air bersih diseluruh jaringan air di Labuan Bajo dengan tujuan agar kebutuhan air bersih terpenuhi di Labuan Bajo.

Baca Juga: Keberadaan Perjalanan Wisata Ilegal Rusak Pasar Wisata

Ia mengatakan, aktifitas wisatawan nantinya lebih banyak berada di obyek wisata yang ada di Labuan Bajo. Sehingga pihaknya sejak Tiga bulan lalu telah mulai membenah sejumlah obyek wisata yang akan dikunjungi wisatawan di Labuan Bajo.

Ketua DPRD Manggarai Barat, Marthen Mitar menyampaikan, selain air bersih,masalah sampah di Labuan Bajo juga harus dibenah. Pasalnya masih banyak sampah yang ada disejumlah titik di kota Labuan Bajo. Padahal seharusnya kota pariwisata harus bebas dari masalah sampah.

"Jika air sudah aman dan siap penuhi kebutuhan bagi wisatawan.Harapannya juga pelanggan air yang lainnya tidak mengeluh tentang air bersih.Kita berharap agar sampah juga tidak berserahkan di sejumlah lokasi umum. Arus kendaraan mesti diperhatikan agar tidak macet,'' katanya.***

Editor: Gerasimos Satria

Tags

Terkini

Warga Pantar Resah Tambang di Sungai

Selasa, 4 Oktober 2022 | 13:18 WIB

Upaya Cegah Stunting, Beri Perhatian Khusus Ibu Hamil

Minggu, 2 Oktober 2022 | 18:47 WIB

Dana Desa Bisa Dimanfaatkan untuk Tangani Stunting

Minggu, 2 Oktober 2022 | 18:16 WIB

Petani Keluhkan Kelangkaan Pupuk Bersubsidi

Minggu, 2 Oktober 2022 | 11:26 WIB

Tim Satgas DBD Fokus Fogging

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 17:56 WIB

Laut di Kawasan TNK Dipenuhi Sampah

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 16:55 WIB

Produksi Padi di Persawahan Lembor Terancam Menurun

Jumat, 30 September 2022 | 17:06 WIB
X